6 Pilihan Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus agar Cepat Kerja

25 Februari 2022 / Team Fun English Course

Memangnya ada jurusan kuliah paling cepat lulus? Tentu saja ada. 

Beberapa jurusan seperti Sastra Inggris memiliki peluang lulus yang lebih cepat daripada jurusan yang lainnya. Selain itu, ada jurusan lain yang bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin lulus cepat, yaitu:

  1. Pariwisata.
  2. Pendidikan. 
  3. Sastra Inggris. 
  4. Komunikasi. 
  5. Ilmu Perpusatakaan.
  6. Administrasi Bisnis.

Penasaran kenapa jurusan di atas cepat lulusnya? Simak informasi berikut ya. 

1. Jurusan Pariwisata (2 Tahun)

Jurusan Pariwisata

Tidak semua orang tahu kalau ada kuliah jurusan Pariwisata dan mungkin saja kamu salah satunya. Kalau kamu kuliah di jurusan Pariwisata, kamu hanya perlu waktu sekitar 2 tahun untuk bisa lulus. 

Kamu akan menghabiskan waktu kuliah dengan praktek. Bahkan tak jarang, proses kuliah akan terasa sangat santai karena yang kamu lakukan adalah mengeksplorasi tempat wisata. 

Terlihat simple tapi faktanya, jurusan Pariwisata termasuk sebagai jurusan kuliah paling cepat dapat kerja. Bahkan, gaji yang akan kamu peroleh bisa mencapai Rp10 juta per bulan. 

Walaupun begitu, kamu tetap perlu mengasah kemampuan kamu seperti kemampuan berbahasa Inggris. Misalnya dengan mengikuti tes preparation dari Fun English Course

Lewat tes ini, kamu bisa mempersiapkan diri kamu sebelum tes misalnya TOEFL atau pun IELTS. Dengan begitu, kamu bisa menjalani tes dengan lancar dan kamu pun bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, seperti speaking

2. Jurusan Pendidikan (3-4 Tahun)

Jurusan Pendidikan

Jurusan Pendidikan termasuk sebagai salah satu jurusan kuliah paling diminati. Kenapa banyak peminatnya? Selain karena kamu bisa lulus lebih cepat, jurusan Pendidikan juga memiliki prospek kerja yang tinggi. 

Kamu bisa memilih konsentrasi atau jenis pendidikan apa yang ingin kamu tempuh. Misalnya PGSD agar kamu bisa menjadi guru SD. 

Lalu, butuh waktu berapa lama untuk lulus? Butuh waktu sekitar 3-4 tahun agar kamu bisa lulus dan kemudian bisa melamar dan mendapatkan pekerjaan. 

3. Jurusan Sastra Inggris (4 Tahun)

Jurusan Sastra Inggris

Jika kamu memilih jurusan Sastra Inggris, kamu butuh waktu sekitar 4 tahun untuk lulus. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kalau kamu akan lulus lebih cepat. 

Sayangnya, banyak yang enggan memilih Sastra Inggris karena dianggap susah. Padahal, walaupun kamu lulusan IPS tapi kamu bisa berbahasa Inggris pasif, kamu bisa masuk dan menjadi mahasiswa Sastra Inggris. 

Namun, kamu tetap harus upgrade kemampuan berbahasa Inggris kamu agar kamu bisa semakin cepat lulus. Bagaimana caranya cepat lulus di jurusan kuliah IPS seperti Sastra Inggris?

Kamu bisa belajar sendiri, meminta teman untuk mengajari kamu bahkan menggunakan program English Conversation. 

Di program Fun English Course, kamu bisa meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi. Bahkan kemampuan seperti penggunaan grammar, vocabulary dan pronunciation pun bisa meningkat. Dengan begitu, kemampuan kamu dalam menggunakan bahasa Inggris, bisa terus meningkat. 

4. Jurusan Komunikasi (3,5-6 Tahun)

Jurusan Komunikasi

Dalam kurun waktu 3,5-6 tahun, kamu bisa lulus dari jurusan Komunikasi. Jurusan ini bisa jadi jurusan tepat untuk kamu yang ingin cepat mencari kerja dan cepat lulus. 

Lalu, apa yang dipelajari? Sesuai namanya, kamu akan mempelajari mengenai komunikasi. Misalnya, bagaimana cara berkomunikasi yang efisien. 

Terlihat sederhana, tapi jurusan komunikasi termasuk sebagai jurusan kuliah yang banyak peluang kerja.

Setelah lulus, kamu bisa menjadi juru bicara instansi, public relationship, resource development, sales and marketing, bahkan pembawa acara. 

5. Jurusan Ilmu Perpustakaan (4 Tahun)

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Banyak yang tidak tahu kalau ada jurusan Ilmu Perpustakaan. Di jurusan ini, kamu akan mendapatkan ilmu dan keterampilan dalam mengorganisasi dan mengelola sumber informasi. 

Terlihat sederhana tapi tidak mudah. Pasalnya, di jurusan Ilmu Perpustakaan, kamu juga perlu tahu bagaimana cara mengatur, mengumpulkan buku sesuai klasifikasinya hingga meneliti dan membuat resensi. 

Sayangnya, untuk pekerjaan, ruang lingkup kamu terbatas jika kamu ingin bekerja sesuai dengan jurusan kamu. Walaupun begitu, kamu bisa memanfaatkan kemampuan kamu untuk bekerja di perpustakaan besar yang ada di Indonesia atau pun luar negeri. 

6. Jurusan Administrasi Bisnis (4 Tahun)

Jurusan Administrasi Bisnis

Ada Jurusan Administrasi Bisnis untuk kamu yang ingin berkecimpung di dunia perusahaan. Jurusan yang butuh waktu sekitar 4 tahun untuk lulus ini akan membantu kamu menjadi admin bisnis yang handal. 

Kenapa? Hal tersebut karena di jurusan Administrasi Bisnis, kamu akan belajar tentang berbagai kegiatan operasional dan bisnis perusahaan. Jadi, jangan kaget kalau kamu akan melakukan banyak praktek. 

Dari 6 jurusan kuliah paling cepat lulus di atas, mana yang jurusan yang ingin kamu ambil? Apapun pilihan kamu, kalau kamu ingin cepat lulus, jangan lupa untuk tekun dan tetap belajar ya. Good luck!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code