Daftar Negara yang Menggunakan Bahasa Inggris di 5 Benua

24 Februari 2022 / Team Fun English Course

Mau sekolah atau kuliah di luar negeri? Yuk, cari tahu mana saja negara yang menggunakan bahasa Inggris menjadi bahasa resminya!

Dengan mengetahui negara mana saja yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi, maka kamu bisa lebih mempersiapkan diri. Nantinya, kamu tak perlu lagi kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sana.

Daftar Negara di Dunia yang Menggunakan Bahasa Inggris

Selain menjadi bahasa global, bahasa Inggris menjadi bahasa utama terbanyak di urutan nomor tiga setelah Cina Mandarin dan Spanyol. Sekitar 380 juta orang di dunia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya

Adapun jumlah negara yang menggunakan bahasa Inggris yaitu ada lebih dari 50 negara. Selain Inggris, berikut adalah negara-negara yang menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa utamanya.

Negara Bahasa Inggris di Eropa

Negara Bahasa Inggris di Eropa

Hampir 90% anak di Eropa mempelajari bahasa Inggris di sekolahnya. Meski begitu, tidak semua negara di Eropa menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka. 

Di benua Eropa, negara yang menggunakan bahasa Inggris adalah:

  1. Inggris 
  2. Irlandia Utara
  3. Irlandia
  4. Wales
  5. Skotlandia
  6. Jersey
  7. Matla
  8. Isle of Man
  9. Guernsey

Negara Bahasa Inggris di Amerika

Negara Bahasa Inggris di Amerika

Meski Amerika Serikat tidak benar-benar menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka, namun secara de facto bahasa Inggris adalah bahasa resminya. 

Sebagian besar populasi di benua Amerika ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Berikut negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris di benua Amerika yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka.

  1. Kanada
  2. Barbuda dan Antigua
  3. Anguila
  4. Belize
  5. Barbados
  6. Dominika
  7. Jamaika
  8. Kepulauan Cayman
  9. Grenada
  10. Puerto Riko
  11. Guyana
  12. Nevis dan Santa Kitts
  13. Tobago dan Trinidad
  14. Santa Lucia
  15. Kepulauan Virgin

Perlu kamu perhatikan, meski negara-negara tersebut menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, faktanya masih banyak yang tidak menggunakan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Mereka justru berkomunikasi dengan bahasa Prancis, Spanyol, Prancis Creole, dan lain-lain. 

Negara Bahasa Inggris di Asia

Negara Bahasa Inggris di Asia

Beberapa negara di Asia juga menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi baik secara de facto maupun de jure. Seperti misalnya:

  1. Brunei Darussalam
  2. Singapura
  3. Filipina
  4. Malaysia
  5. Bangladesh
  6. India
  7. Israel
  8. Pakistan
  9. Sri Lanka

Di Singapura, bahasa Inggris menjadi bahasa resmi dan bahasa sehari-hari. Sementara di Filipina, India, dan Pakistan, bahasa Inggris menjadi bahasa resmi dan banyak digunakan dalam bidang pendidikan dan pemerintahan.

Negara Bahasa Inggris di Afrika

Negara Bahasa Inggris di Afrika

Mayoritas negara-negara di Afrika menggunakan lebih dari satu bahasa resmi. Meski bahasa Inggris dipakai sebagai bahasa utama mereka, mungkin di antara mereka banyak yang tidak terlalu mahir.

Adapun nama negara yang menggunakan bahasa Inggris di Afrika, yaitu:

  1. Kenya
  2. Ghana
  3. Uganda
  4. Nigeria
  5. Lesotho
  6. Afrika Selatan
  7. Zimbabwe
  8. Rwanda

Sementara negara-negara yang menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa resmi, tetapi tidak digunakan sebagai bahasa utama, yaitu:

  1. Liberia
  2. Kamerun
  3. Sierra Leone
  4. Malawi
  5. Burundi
  6. Gambia
  7. Tanzania
  8. Seychelles
  9. Mauritius
  10. Zambia
  11. Swaziland
  12. Tanzania

Negara Bahasa Inggris di Australia

Negara Bahasa Inggris di Australia

Seperti halnya Amerika Serikat, Australia juga tidak menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka. Namun, secara de facto bahasa Inggris menjadi bahasa resmi mereka.

Meski bukan sebagai bahasa utama dalam kehidupan sehari-hari, berikut daftar negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi di Australia.

  1. Kiribati
  2. Fiji
  3. Nauru
  4. Kep. Mariana Utara
  5. Guam
  6. Kep. Marshall
  7. Mikronesia
  8. Pitcairn
  9. Kep. Solomon
  10. Nieue
  11. Palau
  12. Vanuatu
  13. Tonga
  14. Samoa
  15. Tuvalu
  16. Papua Nugini

Itulah tadi beberapa negara di dunia yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi atau bahasa sehari-hari.

Apakah kamu sudah siap untuk belajar di salah satu negara di atas? Yuk, mulai persiapkan dirimu mulai dari sekarang dengan mengikuti kursus bahasa Inggris di Fun English Course!

Jika bisa menguasai bahasa Inggris, maka kamu bisa berkomunikasi dengan mayoritas penduduk negara berbahasa Inggris di lima benua.

Kami menghadirkan program English Club, yaitu program yang dirancang untuk memberikan course English speaking. Dengan program ini diharapkan kamu memiliki keterampilan komunikasi yang baik saat berada di sana.

Kami juga menawarkan program Test Preparation untuk persiapan tes IELTS dan TOEFL. Biasanya, kedua tes ini menjadi salah satu syarat untuk mendaftar study di luar negeri.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gabung ke Fun English Course sekarang juga dan persiapkan diri untuk study di negara yang menggunakan bahasa Inggris.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code