5 Universitas Korea yang Menyediakan Beasiswa FULL S1/S2 2022

19 Februari 2022 / Team Fun English Course

Dari 202 universitas yang ada di Korea, mana saja universitas Korea yang menyediakan beasiswa full S2/S1 untuk mahasiswa/i internasional? Well, ini dia informasinya buat kamu. Baca yuk!

1. Seoul National University (SNU) – Seoul, Korea Selatan

Seoul National University

SNU adalah kampus terbesar yang juga merupakan universitas nasional pertama di Korea Selatan. Di sini kamu bisa memperdalam ilmu seputar bisnis, pertanian, hukum internasional, kedokteran, hingga administrasi publik.

Terhitung ada 16 fakultas di Seoul National University dengan jumlah 100 program S1, S2 dan S3 yang tersedia. Dan enaknya, setiap jurusan ada beasiswanya, lo!

Setiap tahunnya ada saja peluang untuk mendapatkan beasiswa Seoul National University dengan dukungan biaya hampir 100%. Salah satu peluang yang bisa kamu ambil adalah program KGSP (sekarang sebutannya GKS).

Info lengkap soal program beasiswa KGSP cek di akhir artikel, ya!

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) – Daejeon, Korea Selatan

Korea Advanced Institute of Science and Technology

Punya minat belajar teknik dan sains? Coba ambil beasiswa yang ada di KAIST! 

KAIST adalah universitas pertama di Korea Selatan yang fokus pada penelitian khususnya teknik dan sains. Berbeda dengan Seoul National University yang hanya menjalankan kelas tertentu menggunakan bahasa Inggris, di KAIST semua kelasnya menggunakan bahasa Inggris, lo.

Dengan peraturan ini, tentunya kamu bisa fokus menjalani studi tanpa harus mengejar kursus bahasa Korea ketika menerima beasiswa. 

Peluang mendapatkan beasiswa di kampus ini juga bisa kamu ambil lewat jalur yang disediakan program KGSP.

3. Korea University – Seoul, Korea Selatan

Korea University

Berdiri sejak 1905, Korea University terkenal sebagai kampus yang unggul dalam tiga jurusan: hukum, ekonomi dan jurnalisme.

Kalau kamu mencari kampus yang fasilitas penunjang super lengkap, memiliki kurikulum pendidikan kelas dunia dan lulusannya selalu disegani, Korea University jawabannya.

Kesempatan kuliah di Korea University dengan beasiswa penuh bisa kamu ambil (lagi-lagi) lewat program GKS.

4. Pohang University of Science and Technology (POSTECH) – Pohang-si, Korea Selatan

Pohang University of Science and Technology

381 km dari kota Seoul, ada universitas ternama yang terkenal akan ilmu sains dan teknologinya. Universitas itu tidak lain adalah Pohang University of Science and Technology (POSTECH).

Meskipun jauh dari tengah kota, POSTECH adalah salah satu destinasi belajar paling bergengsi di Korea. Apalagi untuk mereka yang ingin mendalami ilmu sains.

Memiliki 86 institut riset, POSTECH berkomitmen untuk menjadi “the leader of high-impact research in Asia.” 

Kalau kamu mau menjadi bagian dari POSTECH, kesempatan mendapatkan beasiswa terbuka lebar lewat program GKS, lo!

5. Sungkyunkwan University – Seoul, Korea Selatan

Sungkyunkwan University

Kebajikan, Kebenaran, Kepatutan, Kebijaksanaan dan Pengembangan Diri. (Benevolence, Righteousness, Propriety, Wisdom and Self-cultivation). Sungkyunkwan University adalah satu-satunya universitas di Korea yang secara terbuka menjunjung tinggi prinsip Confucian di dalam kehidupan kampusnya.

Tapi jangan salah, meskipun terkesan tradisional, universitas Sungkyunkwan tidak kalah saing dengan universitas nasional yang modern di Korea, bahkan dunia, lo.

Hal ini terlihat dari konsistensi kampus mempublikasikan hasil riset terbarunya. Bidang Mechanical Engineering, Advanced Materials Science, Bio-Mechatronic Engineering, Integrative Biotechnology. semua bidang yang membutuhkan pemikiran dan teknologi canggih, Sungkyunkwan punya!

Tertarik untuk mengenyam pendidikan di Sungkyunkwan University? Langsung daftar saja jalur beasiswa GKS dari pemerintah Korea Selatan.

Tentang Program Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS)

Program GKS (dulu namanya KGSP) adalah beasiswa penuh D3/S1/S2/S3 yang disediakan pemerintah Korea Selatan kepada mahasiswa/i internasional (buka setiap tahun).  Indonesia adalah salah satu negara yang mendapat undangannya.

Untuk mendaftar, kamu bisa langsung mengirimkan dokumen dan persyaratan lewat Kedutaan Embassy Korsel di Indonesia.

Enaknya ikut program GKS adalah kamu tidak harus bisa bahasa Korea karena nanti akan ada sekolah/kursus saat kamu jadi kandidat terpilih penerima beasiswa. Tapi kalau kamu bisa bahasa Inggris/Korea, karena itu akan menjadi nilai PLUS!

Jadi…

Belajar English Supaya saat Daftar Beasiswa Punya Nilai Plus!

Dengan terbukanya peluang beasiswa kuliah di Korea 2022, kamu bisa “nyolong” persiapan dengan cara belajar bahasa Inggris!

Kenapa bukan bahasa Korea?

Pertama, salah satu dokumen yang kamu butuh untuk daftar beasiswa Korea S1 adalah sertifikat TOEFL. Kedua, ada kemungkinan kamu akan menggunakan bahasa Inggris di kelas nanti. Ketiga, bahasa Inggris itu bahasa global — lambat laun (pasti) terpakai!

Mumpung masih di Indonesia, kamu bisa join di kelas English Club (free membership) kami. Atau kamu juga bisa ambil kelas persiapan supaya sertifikat TOEFL kamu nilainya sempurna. (Jadi nilai plus saat daftar beasiswa, lo!). Daftarnya di sini, ya.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code