Apa Itu IELTS dan Tips agar Bisa Sukses IELTS

20 Februari 2022 / Team Fun English Course

Mau studi ke luar negeri? Sudah punya IELTS belum? Bisa jadi, sertifikat IELTS adalah salah satu persyaratannya, lho. Sebenarnya, apa itu IELTS?

Informasi mengenai apa itu IELTS, lama waktu pelaksanaan, sistem penilaian, dan tips sukses IELTS  bisa kamu dapatkan dalam ulasan berikut ini. 

Mengenal Apa Itu IELTS

Mengenal apa itu IELTS

IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System. Sesuai namanya, IELTS merupakan salah satu tes wajib untuk studi ke luar negeri. 

Bahkan, kegunaan IELTS yang lainnya adalah sebagai syarat pendaftaran bagi imigran. Salah satu contoh negara yang menerapkan kebijakan IELTS sebagai persyaratan adalah Australia.

IELTS terdiri dari dua jenis, yaitu General Training dan Academic. General Training merupakan tes untuk pelatihan kerja, sedangkan jenis IELTS Academic untuk keperluan studi di luar negeri. 

Lamanya Pelaksanaan & Sistem Penilaian Tes IELTS

Pelaksanaan IELTS

Dalam mengerjakan tes IELTS, ada berbagai jenis soal yang harus kamu kerjakan. Uraiannya bisa kamu simak dalam rincian berikut:

  1. Listening >> 30 menit
  2. Reading >> 60 menit
  3. Writing >> 60 menit
  4. Speaking >> 15 menit

Secara keseluruhan, waktu pelaksanaan tes IELTS adalah 2 jam 45 menit. Pelaksanaan setiap tes tidak bisa kamu lakukan secara bersamaan. 

Tes atau ujian listening, writing, dan reading bisa kamu lakukan pada hari yang sama, namun dipisah dengan jeda waktu istirahat. Sedangkan ujian speaking cenderung lebih fleksibel, tergantung kebijakan yang berlaku. 

Kamu bisa langsung melaksanakan ujian speaking setelah semua tes selesai. Kamu juga bisa melaksanakan ujian speaking dalam jangka waktu 7 hari sebelum atau sesudah ketiga jenis tes berlangsung. 

Karena sistem tes yang berlangsung terbagi menjadi empat bagian, maka sistem penilaiannya pun ikut terbagi menjadi empat. Sistem penilaian skor IELTS dimulai dari 1 sampai 9 menggunakan kelipatan 0,5. 

Nilai ini nantinya yang menjadi bahan pertimbangan untuk masuk ke universitas. Tentu saja kebijakan setiap kampus internasional berbeda-beda. 

Ada yang hanya meminta nilai rata-rata 6 atau 7. Biasanya, ini untuk universitas-universitas di Kanada. Akan tetapi, tidak sedikit pula universitas yang meminta batas nilai secara spesifik. 

Waktu Tepat untuk Ikut Tes IELTS

Tes IELTS

Sebenarnya jadwal tes IELTS berlangsung seminggu sekali yang umumnya pada hari Sabtu. Sementara hasil tes akan keluar 13 hari setelah ujian berlangsung. Namun, tentu saja sebaiknya kamu memilih waktu yang tepat untuk melaksanakannya. 

Perlu kamu ketahui, skor dan sertifikat IELTS akan berlaku selama dua tahun terhitung setelah kamu mengikuti tes. Jadi, setidaknya kamu bisa ikut tes satu tahun sebelum mendaftarkan diri ke universitas di luar negeri. 

Salah satu kelebihan mengikuti IELTS satu tahun sebelum pendaftaran adalah agar kamu memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan hal lainnya. Dengan begitu, pikiran bisa lebih enjoy dan kamu bisa mengerjakan soal IELTS dengan lebih tenang.

Selain itu, sekarang ini juga banyak universitas luar negeri yang justru minta hasil IELTS satu tahun terakhir.  

Tips Sukses Ikut Tes IELTS

Tips Sukses IELTS

Kamu bisa saja lho mengerjakan soal IELTS dengan lancar jika mengetahui apa saja trik dan tipsnya. Berikut adalah tips dan trik sukses ikut ujian IELTS.

1. Jangan Takut Gagal

Sekali ikut tes IELTS dan langsung lulus dengan skor terbaik sudah pasti sangat menggembirakan. Akan tetapi, kamu tidak perlu kecewa berlarut-larut jika nanti gagal pada tes pertama. 

Jadikan kegagalan di tes ini sebagai pengalaman dan belajar dengan lebih giat untuk tes berikutnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih siap di tes selanjutnya.

‘’Kegagalan adalah pengalaman dan pengalaman adalah guru terbaik untuk masa depan yang lebih baik.’’

2. Cari Teman Belajar & Terus Berlatih

Coba ajak teman yang memiliki kemampuan bahasa Inggris baik untuk mengajari kamu. Jangan lupa minta saran dan masukan dalam berlatih dan mengerjakan soal tesnya.

Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai media untuk belajar tes IELTS gratis. Bisa dari YouTube, belajar menambah kosa kata sendiri, atau belajar dari aplikasi ponsel.

Namun, untuk pelatihan lebih maksimal, kami merekomendasikan untuk ikut kursus. Selain lengkap, program belajar di kursus juga sudah pasti lebih up to date dan selalu menyesuaikan tipe soal aslinya.

Dalam hal ini, Fun English Course bisa jadi pilihan terbaik untuk persiapan IELTS kamu. Dengan kualitas yang mumpuni dan kredibel, kami menyediakan program Test Preparation sebagai bentuk persiapan mengikuti ujian IELTS dan TOEFL.

Fun English Course juga memiliki antarmuka yang friendly dan menyediakan berbagai  kelas persiapan IELTS berkualitas. 

Jadi, sudah paham apa itu IELTS? Pastinya kamu juga sudah memiliki gambaran dan rencana ke depannya, dong? Yuk, persiapkan Tes IELTS sebaik-baiknya untuk meraih universitas impian!

Rate this post