Syarat Jadi Pilot, Salah Satunya Bisa Bahasa Inggris!

21 Februari 2022 / Team Fun English Course

Punya impian jadi pilot? Sudah tahu apa saja syarat jadi pilot? Jika belum, yuk kita ulas bersama apa saja syarat dan ketentuan pendaftaran pilot maskapai penerbangan!

Persyaratan untuk Jadi Pilot

Ada beberapa syarat menjadi seorang pilot, seperti usia, pendidikan, fisik, serta keahlian atau lisensi tertentu. Secara lebih lengkap, berikut ini beberapa syarat yang harus kamu penuhi untuk mendaftarkan diri menjadi pilot.

1. Persyaratan Usia dan Pendidikan Dasar

Syarat Usia jadi Pilot

Untuk join ke dunia maskapai penerbangan sebagai pilot, kamu tidak harus menempuh pendidikan formal yang tinggi. Sebab, beberapa maskapai menetapkan kebijakan minimal jenjang pendidikan untuk menjadi pilot adalah SMA/sederajat. 

Tentu saja jika riwayat pendidikan lebih tinggi, ini akan lebih baik. Apalagi jika kamu sebelumnya juga  mengikuti sekolah khusus penerbangan.

Untuk usia, umumnya maskapai penerbangan memberlakukan kebijakan batas minimum syarat jadi pilot pesawat adalah usia 17 tahun.

2. Syarat Fisik 

Syarat Fisik jadi Pilot

Kondisi fisik menjadi salah satu syarat yang krusial untuk menjadi seorang pilot. Syarat menjadi pilot pria adalah tinggi badan minimal harus 160 cm. Namun, kebijakan ini masih ada kemungkinan untuk berubah.

Selain minimum tinggi badan, kondisi kesehatan juga sangat dipertimbangkan. Kamu harus berada dalam kondisi prima dan sehat. Untuk hal ini, kamu harus melalui berbagai tahapan cek kesehatan, meliputi tes EKG, EEG, dan tes buta warna. 

Calon pendaftar juga tidak boleh memiliki riwayat penyakit. Misalnya seperti riwayat jantung dan epilepsi. Jika terindikasi, maka tingkat kesempatan untuk lulus jadi sangat kecil.

3. Memiliki Berbagai Lisensi Pendukung

Lisensi Pilot

Lisensi juga menjadi salah satu syarat di dunia penerbangan. Sulit untuk menerbangkan pesawat jika kamu tidak memiliki lisensi apapun. Hal ini karena lisensi adalah syarat mutlak dalam dunia penerbangan. 

Memangnya apa saja lisensi itu? Ada berbagai jenis lisensi, yaitu lisensi Private Pilot License (PPL) yang memberikan izin untuk menerbangkan pesawat mesin tunggal dan Commercial Pilot License (CPL) untuk menerbangkan pesawat komersial berpenumpang.

Selain itu juga ada lisensi Instrument Rating atau IR yang mengizinkan pilot terbang pada siang dan malam hari, termasuk cuaca mendung dan berkabut. Ada juga lisensi Multi Engine Rating atau MER sebagai perizinan pilot muntuk enerbangkan pesawat mesin ganda.

4. Menempuh Pendidikan Dasar Penerbangan

Pendidikan Dasar Penerbangan

Sebenarnya ini bukanlah syarat tertulis. Namun, ini berhubungan dengan poin sebelumnya, yaitu tentang lisensi yang menjadi salah satu cara menjadi pilot. Banyak sekolah penerbangan atau pilot yang memberikan lisensi penerbangan. 

Maka dari itu, tidak heran jika sekolah penerbangan menjadi salah satu hal yang sebaiknya kamu tempuh sebelum mendaftar jadi pilot. 

Berapa lama sekolah pilot?

Masa pendidikan sekolah penerbangan ini bervariasi. Ada yang satu tahun, ada juga yang dua tahun dengan target dan biaya tertentu.

5. Bisa Berbahasa Inggris

English Language

Salah satu kewajiban saat mendaftar menjadi pilot adalah memiliki nilai TOEFL yang baik. Seorang pilot dituntut untuk bisa menguasai bahasa Inggris. 

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mulai sungguh-sungguh belajar dan berlatih mengerjakan  soal TOEFL.

Sebenarnya ada banyak opsi yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi TOEFL. Namun, kursus menjadi salah satu opsi terbaik. Pasalnya, standar dan kurikulum dalam sebuah kursus selalu menyesuaikan dengan TOEFL sungguhan. 

‘’Perbanyak latihan TOEFL dengan kursus adalah salah satu pilihan terbaik untuk memperoleh nilai TOEFL tinggi.’’

Dalam kondisi ini, kursus di Fun English Course bisa menjadi pilihan yang tepat. Di Fun English Course, kami menawarkan program pelatihan dan belajar tes TOEFL khusus bernama Test Preparation

Test Intermediate to Advanced ini memiliki program pembekalan untuk kamu yang akan mengambil TOEFL dan IELTS. Program ini memfokuskan pada empat aspek, yaitu listening, reading, speaking, dan writing

Dengan begitu, kamu bisa lebih siap dalam menghadapi ujian dan meraih target IELTS terbaik.

Mempersiapkan diri menjadi pilot juga salah satu alasan kenapa kamu harus mengambil kursus di Fun English Course. Terlebih lagi, kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni bisa dibilang wajib dan harus dimiliki seorang pilot. 

Jadi, apakah kamu sudah benar-benar siap menjadi pilot? Berapa persen syarat jadi pilot yang sudah terpenuhi? Segera persiapkan mulai dari sekarang, ya!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code