Level-level Bahasa Inggris Berdasarkan Standar CEFR

22 Februari 2022 / Team Fun English Course

Sudah tahu di mana level bahasa Inggrismu? Atau selama ini kamu hanya terus berlatih dan belajar tanpa tahu sudah sejauh mana kemampuanmu? Mulai sekarang, yuk cari tahu ada di mana level bahasa Inggris kamu sekarang.

Penentuan level bahasa Inggris ini bisa dilakukan dengan berbagai sistem. Tes-tes yang digunakan pun beragam. Namun, standar level yang diakui oleh dunia berdasarkan standar CEFR.

Bagaimana level bahasa Inggris menurut standar CEFR dapat kamu peroleh melalui penjelasan berikut.

Level-Level Bahasa Inggris Berdasarkan Standar CEFR

Tingkatan Level Bahasa Inggris

CEFR merupakan standar internasional yang banyak digunakan orang Eropa untuk mengetahui level bahasa Inggris seseorang. Sebenarnya bukan hanya bahasa Inggris saja, standar ini juga bisa kamu gunakan untuk mengukur level bahasa yang lain.

Pengukuran level bahasa Inggris melalui CEFR ada 6 tingkatan, yaitu C2 Proficient, C1 Advanced, B2 Upper Intermediate, B1 Intermediate, A2 Elementary, dan A1 Beginner.

1. C2 Proficient

Tingkatan ini merupakan tingkatan yang paling tinggi. Seseorang yang berada di level ini memiliki kemampuan bahasa Inggris setara dengan native speaker. Mereka bisa menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai situasi dan kondisi.

2. C1 Advanced

Level di bawah C2 Proficient yaitu C1 Advanced. Di level bahasa Inggris C1, kamu sudah bisa menerapkan bahasa Inggris untuk kepentingan profesional dan juga akademis. 

Kamu juga sudah bisa untuk mengemukakan gagasan secara spontan dan fasih terkait berbagai topik yang berbeda.

3. B2 Upper Intermediate

Level di bawahnya lagi ada level menengah ke atas/B2 Upper Intermediate. Saat berada di level bahasa Inggris B2 ini, kamu sudah bisa menguasai dengan baik bahasa Inggris dalam berbagai kondisi. 

Salah satu contohnya adalah bisa membuat teks panjang dengan mengangkat topik sosial dan memiliki penjelasan yang detail.

4. B1 Intermediate

Level bahasa Inggris B1 yaitu level di bawah B2 Upper Intermediate. Di level ini, kamu sudah bisa berbahasa Inggris secara aktif maupun pasif dalam kondisi formal (masih terbatas) maupun informal.

Topik-topiknya tetap variatif, meski lebih terbatas dari level sebelumnya. Contohnya, kamu sudah bisa bercerita mengenai gaya hidup dan cita-cita, atau mengikuti interview dengan bahasa Inggris.

5. A2 Elementary

Di level bawahnya lagi, yaitu level bahasa Inggris A2, kamu masih memiliki kemampuan interaksi yang terbatas. 

Pembahasannya umumnya hanya mencakup beberapa hal yang kamu kuasai saja. Sebagai contoh, menceritakan isi lagu yang kamu dengar atau memahami cerita pendek yang kamu dengarkan.

6. A1 Beginner

Ini menjadi level bahasa Inggris basic yang paling rendah. Seseorang yang berada di level ini memiliki pemahaman yang masih sangat dasar. Penggunaan dan kemampuan berbahasa Inggrisnya juga masih seputar kosa kata yang umum dengan kalimat sederhana.

Konversi Skor Tes Level Bahasa Inggris Menurut CEFR

Konversi Skor Tes Bahasa Inggris

Setiap orang pastinya memiliki level kemampuan berbahasa yang berbeda-beda. Kamu bisa mengetahui level bahasa Inggrismu melalui skor IELTS, TOEIC, TOEFL, yang kemudian dikonversi menggunakan standar CEFR.

Berikut adalah hasil konversi skor IELTS, TOEIC, TOEFL iBT, dan EF SET berdasarkan standar CEFR.

Standar CEFR

IELTS Score

TOEIC Score

TOEFL iBT Score

EF SET Score

C2 Proficient

8.0-9.0

N/A

N/A

71-100

C1 Advanced

6.5-7.5

945-990

95-120

61-70

B2 Upper Intermediate

5.5-6.0

785-940

72-94

51-60

B1 Intermediate

4.0-5.0

550-780

42-71

41-50

A2 Elementary

N/A

225-545

N/A

31-40

A1 Beginner

N/A

120-220

N/A

11-30

<A1

N/A

N/A

N/A

1-10

Sekarang, sudah tahu level bahasa Inggris kamu ada di mana? 

Yuk tingkatkan lagi kemampuan bahasa Inggris kamu dengan mengikuti course dari Fun English Course. Fun English Course menjadi cara meningkatkan level bahasa Inggris dan pilihan yang tepat untuk fasih berbahasa Inggris dengan menyenangkan.

Dengan kurikulum berstandar internasional, kami menawarkan berbagai program, yaitu:

    • English for Children untuk level basic/elementary
    • Untuk level intermediate ada program English for Teens
    • English Conversations untuk level intermediate to advanced

Buat kamu yang ingin meningkatkan lagi level bahasa Inggris, tak perlu menunggu lagi! Yuk, daftar Fun English Course sekarang juga dan nikmati kursus bahasa Inggris dengan menyenangkan.

Rate this post