Wajib Tahu, Ini Lho Perbedaan TOEFL dan IELTS

17 Maret 2022 / Team Fun English Course

Kalau kamu bukan native speaker, maka kamu harus mengikuti tes TOEFL atau IELTS untuk melamar universitas yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Tapi apa, sih, perbedaan TOEFL dan IELTS?

Di artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa hal penting terkait dua jenis tes bahasa Inggris di atas, terutama tentang perbedaannya. Mengetahui apa perbedaan dari TOEFL dan IELTS akan membuatmu lebih mantap memilih tes mana yang harus kamu ambil.

Apa Itu TOEFL dan IELTS?

Apa Itu TOEFL dan IELTS

Sebelum kamu mencari tahu tentang perbedaan keduanya, sebaiknya kamu juga cari tahu esensi dari kedua tes ini.

Mengenal IELTS

Pada dasarnya IELTS merupakan tes bahasa Inggris yang umum digunakan untuk kepentingan belajar, imigrasi, dan juga pekerjaan. Hingga saat ini setidaknya ada 140 negara di seluruh dunia yang menjadikan tes ini sebagai patokan.

Selain itu, IELTS merupakan tes bahasa internasional, yang berarti bahwa kamu bisa menggunakannya baik di Eropa maupun Amerika Serikat.

Apa itu TOEFL?

TOEFL adalah tes bahasa Inggris yang mengetes kemampuan kamu berkomunikasi dengan bahasa Inggris, terutama untuk lingkungan pendidikan. Saat ini ada 130 negara yang mengakui tes ini sebagai salah satu syarat admission. 

Jenis tes yang satu ini diselenggarakan oleh organisasi yang berbasis di Amerika Serikat, berbeda dengan IELTS yang penyelenggaranya adalah British Council, Australia, dan Cambridge. 

Oleh karena itu, hampir semua institusi yang berbasis Amerika lebih menyukai TOEFL.

Apa Saja Perbedaan TOEFL dan IELTS?

Apa Saja Perbedaan TOEFL dan IELTS

Sudah tahu kepanjangan TOEFL dan IELTS? TOEFL merupakan singkatan dari Test Of English as a Foreign Language, sedangkan IELTS memiliki kepanjangan International English Language Testing System.

Meskipun kedua tes tersebut diakui oleh berbagai universitas di seluruh dunia, ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu kamu ketahui.

1. Bahasa yang Digunakan

Kedua tes memang menggunakan bahasa Inggris. Perbedaannya, IELTS mengacu pada British English, sedangkan TOEFL menggunakan American English. Tentu saja, keduanya relatif sama namun kamu akan menemukan perbedaan pada ejaan, frasa, bahkan kosakata tertentu.

2. Tingkat Kesulitan

Lebih susah IELTS atau TOEFL? Sebenarnya hal ini sangat subyektif, mengingat tingkat kesulitannya relatif serupa.

Namun TOEFL akan menghadapkanmu dengan banyak soal pilihan ganda. Sedangkan IELTS mengharuskanmu untuk menulis jawaban dan berhadapan langsung dengan penguji untuk speaking section.

3. Skala Nilai

IELTS dan TOEFL memiliki skala nilai yang berbeda meskipun tingkat kesulitan tesnya terbilang sama saja. Setiap test section pada TOEFL, kamu bisa memperoleh nilai maksimal 30. Pada akhirnya, nilai tertinggi adalah 120.

Sedangkan IELTS memiliki skala skor 0-9 setiap bagiannya. Nantinya akumulasi nilai akan dibagi 4 untuk mendapatkan nilai akhir; masih dengan skala 0-9.

4. Biaya

Selain struktur jawaban soal dan nilai tes, IELTS dan TOEFL juga memiliki perbedaan perihal biaya yang harus kamu keluarkan. Untuk IELTS Academic kamu bisa menyiapkan sekitar Rp3.000.000 sedangkan TOEFL bertarif kurang lebih Rp3.400.000. Biasanya biaya ini tergantung dengan kurs dolar.

5. Durasi Tes

Banyak orang yang memilih untuk IELTS karena durasinya yang lebih cepat, yaitu tidak sampai 3 jam lamanya. Sedangkan TOEFL biasanya menghabiskan waktu hampir 4 jam.

6. Speaking Section

Untuk TOEFL, biasanya kamu harus menanggapi pertanyaan dan merekam semua jawabanmu dengan komputer. Namun kalau kamu mengambil IELTS, kamu harus berhadapan langsung dengan penguji. Kamu pun harus menanggapi kasus atau topik diskusi selama kurang lebih 15 menit.

7. Listening Section

Ketika mengikuti IELTS, kamu akan mendengarkan cuplikan audio singkat. Nantinya kamu harus menjawab pertanyaan langsung sambil mendengarkan audio.

Sedangkan untuk TOEFL, biasanya kamu harus mendengarkan audio dengan durasi 40 menit – sebaiknya kamu mencatat informasi penting di dalamnya. Setelah audio selesai, kamu baru bisa menjawab pertanyaan.

Belajar Persiapan TOEFL dan IELTS di Fun English Course

Belajar Bahasa Inggris Seru di Fun English Course

Nah, sebelum kamu mengikuti TOEFL ataupun IELTS, sebaiknya kamu belajar dan melakukan persiapan yang matang. Fun English Course menyediakan kelas khusus untuk IELTS preparation dan kelas TOEFL. 

Bersama dengan tutor yang komunikatif dan berpengalaman di bidangnya, kamu akan cepat terbiasa dengan jenis-jenis soal dalam tes bahasa Inggris. Selain untuk persiapan tes, kamu juga bisa mengikut kelas conversation dan English Club untuk memperlancar kemampuan komunikasi. 

Bersama Fun English Course, kamu tidak hanya memahami perbedaan TOEFL dan IELTS namun juga mempersiapkan diri untuk meraih skor terbaik. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kamu di Fun English Course.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code