Aturan Penggunaan S dan Es yang Wajib Kamu Ketahui

16 Maret 2022 / Team Fun English Course

Penggunaan s dan es dalam simple present tense dan bahasa Inggris secara umum rupanya masih membuat beberapa orang bingung. Terutama, bagi mereka yang baru mulai belajar.

Oleh karena itu, di artikel ini, kamu akan belajar tentang aturan penggunaan s dan es yang benar untuk kata kerja dan beberapa kata benda. Simak baik-baik dan jangan sampai tertukar, ya.

Aturan Dasar Penggunaan S dan ES

Aturan Dasar Penggunaan S dan ES

Penggunaan s dan es dalam simple present adalah yang paling umum. Pada dasarnya, fungsi dari imbuhan –s dan –es adalah untuk menjelaskan fungsi orang ketiga tunggal dan letaknya di belakang kata kerja.

Akhiran s dan es dalam Simple Present

Keberadaan akhiran –s dan –es dalam simple present tense sedikit banyak masih membuat beberapa orang bingung. Berikut ini adalah penggunaan s dalam verb dan contoh kalimatnya.

  • Run – runs – Gerard runs 5 miles everyday. (Gerard berlari 5 mil setiap hari.)
  • Type – types Genevieve types without even seeing her keyboard. (Genevieve mengetik bahkan tanpa melihat keyboard-nya.)
  • Drink – drinks – The stray cat drinks the dog’s bowl of milk every morning. (Kucing liar itu minum semangkuk susu milik anjing setiap pagi.)
  • Build – builds– As a contractor, my father builds a lot of bridges in this town. (Sebagai seorang kontraktor, ayahku membangun banyak jembatan di kota ini.)

Verb yang Mendapat Akhiran –es

Lalu kapan kamu bisa memberikan akhiran –es pada kata kerja? Bagaimana kamu tahu kalau kata kerja tersebut harus menggunakan akhiran –es?

Pada dasarnya, setiap kata kerja yang huruf akhirnya adalah ch, o, s, sh, x, dan z, maka akan diikuti oleh akhir –es. Berikut ini adalah beberapa contohnya agar kamu tidak bingung.

  • Push – pushes – She always pushes the door for me. (Dia selalu mendorong pintunya untukku.)
  • Watch – watches – Andreas watches the series every weekend. (Andreas menonton series tersebut setiap akhir pekan.)
  • Go – goes – Your cat goes to Sandra’s house every lunch time. (Kucingmu pergi ke rumah Sandra setiap jam makan siang.)

Verb dengan Akhiran “y” Menggunakan Akhir –es

Hal menarik lainnya tentang simple present tense penggunaan s dan es adalah untuk kata kerja yang berakhiran huruf “y”. Meskipun kamu bisa menambahkan –es di belakangnya, kamu harus mengubah “y” menjadi “i” lebih dulu.

  • Carry – carries – Richard carries a bag of rice from his grandmother. (Richard membawa sekarung beras dari neneknya.)
  • Try – tries – The cat tries to open the door everytime no one is home. (Kucing tersebut berusaha membuka pintu setiap kali tidak ada siapa-siapa di rumah.)
  • Study – studies – Risa studies until late when the exam week is coming. (Risa belajar sampai larut ketika pekan ujian datang.)

Imbuhan –s dan –es pada Kata Benda

Berbeda dari penggunaan s dalam simple present, akhiran –s untuk noun berfungsi untuk menunjukkan jumlah jamak dari suatu benda, sehingga kamu tidak perlu menerapkan aturan khusus seperti untuk kata kerja. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

  • Boy – boys – My father will go fishing with the boys tomorrow morning. (Ayahku akan pergi memancing dengan para anak lelaki besok pagi.)
  • Video – videos – Serena has a lot of videos from last semester’s retreat. (Serena punya banyak video dari retreat semester lalu.)

Namun jika noun tersebut berakhiran huruf “f” maupun “fe”, maka kamu harus mengubahnya menjadi “v” untuk bentuk jamaknya. Simak contoh di bawah ini.

  • Knife – knives – She collects various knives from every country she visited. (Dia mengoleksi berbagai pisau dari berbagai negara yang ia kunjungi.)

Kursus Bahasa Inggris Seru di Fun English Course

Belajar Bahasa Inggris Seru di Fun English Course

Ingin mahir berbahasa Inggris? Fun English Course adalah solusinya. Kami berkomitmen menyediakan lingkungan belajar yang mendukung, sehingga kamu akan lebih cepat menguasai bahasa asing.

Selain itu, kamu akan dibimbing oleh tutor berpengalaman, sesuai dengan kelas bahasa Inggris yang kamu pilih. Kamu pun bisa memilih kelas yang fokus untuk mengasah skill komunikasi kamu, seperti conversation class dan juga kelas test preparation.

Tidak cuma memahami penggunaan s dan es, di Fun English Course kamu akan belajar bahasa Inggris dari yang paling dasar jika perlu. Maka dari itu, segera hubungi kontak kami dan daftarkan diri kamu sekarang juga.

Rate this post