Cara Mengajar Nama-nama Musim dalam Bahasa Inggris

27 Februari 2022 / Team Fun English Course

Mengajarkan nama-nama musim dalam bahasa Inggris kepada anak maupun murid mungkin akan menjadi persoalan yang cukup menantang. Pasalnya, kamu juga perlu memberikan pemahaman mengenai konsep seperti perubahan musim. 

Tak hanya itu, anak-anak juga mungkin akan kebingungan saat mendengar musim-musim yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya. Tentu saja, ini menambah tingkat kesulitan tersendiri bagi para pendidik. 

Berikut ini adalah beberapa nama-nama musim dalam bahasa inggris lengkap dengan strategi dan cara mengajarnya. Kamu bisa menerapkan ini di rumah, di sekolah, atau dimana pun agar anak semakin memahami bahasa Inggris. 

7 Nama-nama Musim dalam Bahasa Inggris 

Sebelum mengajar, pastikan kamu sudah memiliki daftar nama-nama musim dan cuaca dalam bahasa Inggris. Tujuannya adalah supaya kamu bisa sekaligus menjelaskan konsep musim dan cuaca kepada mereka. 

Dengan pemahaman konsep, anak pun jadi lebih mudah mengingat nama-nama musim tersebut. 

 

Bahasa Inggris

Bahasa Indonesia

Cuaca/Weather 

Spring

Musim Semi 

Musim dimana salju mulai meleleh, umumnya angin kencang dan udara masih sangat dingin. 

Summer

Musim Panas

Udara terasa hangat dan matahari bersinar terang. 

Fall

Musim Gugur

Ditandai dengan perubahan warna daun-daun di pepohonan dan cuaca yang sering hujan. 

Winter

Musim Dingin 

Hujan salju dan cuaca menjadi sangat dingin.

Dry Season

Musim Kemarau 

Terjadi di Indonesia, cuaca panas dan terik, tanpa hujan. 

Wet Season

Musim Hujan

Hujan datang setiap hari, sering terjadi banjir dan badai petir. 

Transitional Season 

Musim Pancaroba

Perubahan antara musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya. Cuaca bisa menjadi ekstrim. 

Mengajarkan Nama-Nama Musim dengan Fun Activities 

Fun English Course punya cara belajar yang menyenangkan agar anak-anak mudah memahami konsep musim. Mau tahu apa saja itu? 

1. Season Sensory Bottle

Sensory Bottle

Kamu pasti sudah mengetahui cara membuat sensory botol/botol sensorik. Mudah sekali, kamu hanya perlu mengisi botol dengan air dan menambahkan benda-benda lain di dalamnya. 

Botol sensorik musim pun tidak berbeda dengan yang biasa. Namun, kamu hanya perlu menambahkan penjelasan kepada anak-anak bahwa benda yang akan kita tambahkan adalah segala hal yang berkaitan dengan musim. 

Setelah anak-anak berpikir kreatif dan mengisi botol mereka dengan benda-benda di sekitaran, kamu dapat meminta mereka untuk menuliskan nama musim di botolnya. 

Misalnya saja, bahasa Inggris musim semi adalah spring. Oleh karena itu, anak-anak harus menulis kata spring dengan spidol di botol mereka. 

2. Belajar Musim dengan Bernyanyi

Kamu juga bisa mengajak anak-anak bernyanyi untuk mempelajari musim. Terlebih lagi, aktivitas menyenangkan yang satu ini memang sangat efektif untuk membuat anak cepat menghafal nama-nama musim dan cuaca dalam bahasa Inggris. 

Berikut adalah lirik lagu yang bisa kamu nyanyikan:

Lagu Musim Bahasa Inggris

Selanjutnya, setelah bernyanyi kamu bisa membahas kosakata musim satu per satu. Misalnya, kamu bisa menjelaskan bahwa bahasa Inggris musim gugur adalah fall. 

Lebih dari pada itu, kamu juga bisa menerangkan bahwa saat musim gugur, “leaves fall down” seperti yang ada di lirik. 

3. Fun Sorting ala Fun English Course

Fun Sorting Activities

Menurut Montessori, menyortir dan mengelompokkan benda-benda adalah keterampilan kognitif yang penting. Terlebih lagi, aktivitas ini mengajarkan anak untuk memperhatikan persamaan dan perbedaan, belajar mengategorikan, dan mengembangkan keterampilan literasi, serta dasar berhitung.

Oleh karena itulah, Fun English Course menyarankan agar kamu menggunakan aktivitas ini saat belajar musim. Caranya: 

  • Pertama-tama, buat bagan berbeda untuk setiap musim. 
  • Selanjutnya, beri mereka potongan berbagai objek dan elemen yang dimiliki setiap musim. 
  • Minta anak untuk menyortir dan meletakkannya sesuai dengan musimnya. 
  • Objek-objek yang bisa kamu gunakan, antara lain: kacamata hitam, matahari, pelampung renang, es krim, hujan, petir, awan, dan lain sebagainya.

Pada tahap awal, kamu mungkin perlu fokus pada musim yang mereka kenali. Terlebih lagi, kita memang tinggal di negara dua musim. 

Ajarkan juga pada mereka bahwa bahasa Inggris musim pancaroba adalah transitional season. Ini adalah musim perubahan yang mungkin melibatkan cuaca ekstrim dan badai jadi kamu juga dapat mengingatkan agar mereka berhati-hati saat pancaroba. 

Akhir Kata 

Mengajarkan nama-nama musim dalam bahasa Inggris memang sangat menantang. Namun, kamu bisa menerapkan berbagai strategi dari Fun English Course untuk hasil yang maksimal. Selain itu, kamu juga dapat berkarir bersama kami untuk mencari tahu lebih banyak tips belajar menyenangkan.

Rate this post