5 Motivasi Belajar Bahasa Inggris Buat yang Sedang Capek

28 Februari 2022 / Team Fun English Course

Saat kamu belajar bahasa asing baru, bisa jadi ada momen di mana kamu stuck atau hilang kemauan untuk melanjutkan progres belajar yang sudah dimulai. Kalau kamu sedang ada di momen ini dan perlu motivasi belajar bahasa Inggris, baca ini, ya.

5 Motivasi Belajar Bahasa Inggris Kekinian

Belajar Bahasa Inggris

Dengan bahasa Inggris, kamu bisa dapat: karir baru, teman baru, bahkan motor baru! Juga, karena menguasai bahasa Inggris, kamu bisa mendapat atau melakukan hal-hal berikut ini.

1. Bekerja di Perusahaan Asing (Global)

Bekerja di Perusahaan Asing

Zaman dulu kalau kamu mau bekerja di perusahaan asing kamu harus punya “koneksi”. Zaman sekarang? Kamu wajib bisa bahasa asingnya dulu. 

Bahasa asing apa yang harus kamu kuasai buat bisa bekerja di perusahaan asing? Tentu bahasa Inggris.

Selain jadi official language di lebih dari 50 negara, alasan kamu harus belajar bahasa Inggris adalah bahasa ini adalah yang paling banyak dipakai oleh penduduk dunia. Kalau kamu menguasainya, peluang untuk kerja di perusahaan asing terbuka lebar, tentu juga dibarengi keterampilan yang dibutuhkan perusahaan asing.

Kurang percaya diri dengan kemampuan kamu untuk bisa kerja di perusahaan global? Worry less… kamu selalu bisa upgrade skill dengan cara baca buku, daftar courses, atau sesimpel nonton video YouTube berbahasa Inggris.

2. Belajar Hal Baru Akan Jadi Lebih Gampang

Belajar Hal Baru

Perlu alasan belajar bahasa inggris yang kuat? Coba pertimbangkan ini. Dengan bahasa Inggris, kamu bisa mengedukasi diri tanpa uang dan bisa menghasilkan uang.

Mulai dari belajar bahasa pemrograman, resep masakan ala restoran bintang 5, sampai cara nyari uang dari rumah, semuanya ada di YouTube. Gratis dan bisa kamu tonton kapan saja.

Masalahnya, kalau kamu hanya fasih berbahasa Indonesia, tontonan di YouTube akan terbatas. Tutorial yang menggunakan bahasa Indonesia memang ada dan banyak, tapi peluang mendapatkan informasi akan lebih luas kalau bisa menonton tayangan dari kreator dari luar negeri juga. 

Dengan menguasai dua bahasa sekaligus, belajar hal baru akan lebih gampang dan efisien. Kamu bisa browsing hal baru yang menarik tanpa harus menunggu konten kreator bahasa Indonesia membuat tutorialnya.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa belajar hal baru tanpa biaya sama sekali — cuma perlu koneksi internet!

3. Selalu Bisa Mengakses Informasi Ter-update (Bye-bye Hoaks)

Dapat Informasi Terupdate

Motivasi dalam belajar bahasa inggris sering naik-turun? Coba pikir. Sekarang hoaks tersebar di mana-mana dan mirisnya, bisa jadi orang yang ikut menyebarkannya belum tentu tahu kebenarannya. Mereka hanya ikut arus dan ikut menyebarkan tanpa memperhatikan validasi sumbernya lebih dulu.

Kalau ada informasi terbaru yang sangat penting untuk dunia, kira-kira ditulis dalam bahasa apa? Pasti bahasa Inggris!

Bisa bahasa Inggris akan membuat kamu tidak mudah termakan hoax karena pasti kamu bisa mengakses berbagai macam informasi yang lebih banyak, tanpa terkendala bahasa.

4. Bisa Kerja Sampingan dengan Potensi Bayaran 9 Digit!

Side Job

Pentingnya bahasa inggris di era globalisasi seharusnya bisa menjadi motivasi paling kuat untuk belajar bahasa Inggris. Walaupun menguasai bahasa Inggris bisa meninggikan karier korporat, kamu juga bisa nyambi kerja sampingan alias freelancing.

Yang paling to-the-point adalah menjadi translator Indonesian-English dan sebaliknya.

Mau tahu berapa potensi uang yang bisa kamu hasilkan dari kerja sampingan translator? Dari situs Ziprecruiter.com, kamu bisa mendapat bayaran berkisar $31k – $80k! (Rp 445.566.102 Rp 1.149.848.005!).

5. Gampang Mencari dan Dapat Teman Baru

Mudah Bergaul

Waktu masih SD, cari teman baru memang gampang. Setelah lulus kuliah dan kerja, kok susah, ya?

Kalau kamu mengerti bahasa Inggris (tidak harus jago), cari dan dapat teman baru bisa lebih gampang, lho. Dan enaknya, teman baru kamu bisa jadi dari Meksiko, Paraguay, atau Bandung!

Karena kamu menguasai bahasa yang yang digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia (dari 5 orang, 1 orang berbahasa Inggris), potensi dapat kenalan baru jadi lebih luas, kan?

Caranya?

Cara yang paling gampang, buka saja akun baru (second-account) di setiap medsos yang kamu mainkan. Twitter, Instagram, Facebook. Dan di second-account ini kamu bisa beraktivitas seperti biasa. Bedanya, di sini tidak pakai bahasa Indonesia, semuanya pakai bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Menyenangkan

Itu dia 5 alasan belajar bahasa inggris yang seharusnya membuat kamu tidak capek lagi untuk belajar. Semoga artikel ini jadi pengingat supaya kamu tetap semangat untuk belajar bahasa Inggris.

Terakhir, daripada cari motivasi belajar, bagaimana kalau cari teman belajar bahasa Inggris? Dengan adanya teman belajar, motivasi untuk belajar bahasa Inggris kamu pasti terjaga. Kamu bisa cek program English Club kami di sini.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code