4 Cara Bekerja di Luar Negeri Gratis Lewat Pemerintah/Swasta

1 Maret 2022 / Team Fun English Course

Apakah kamu tahu kalau ada empat jalur yang bisa dicoba untuk bisa kerja di luar negeri? Apa saja keempat jalurnya? Lihat artikel cara bekerja di luar negeri ini, yuk!

4 Cara Bekerja di Luar Negeri Gratis!

Cara Kerja di Luar Negeri Gratis

Kerja di luar negeri lulusan SMA bisa, nggak? Lewat salah satu jalur ini… bisa! Ada empat cara berangkat kerja di luar negeri yang efektif dengan berbagai kualifikasi yang berbeda dan bisa kamu coba tahun ini.

Apa saja? 

1. Jalur Pemerintah/Program G to G (Government to Government)

Setiap tahunnya, Pemerintah Indonesia selalu bekerja sama menyalurkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke negara-negara asing, seperti: Jepang, Korea Selatan, dan Jerman.

G to G adalah program kerja di luar negeri yang hadir setiap tahun. Peluangnya terbuka lebar asalkan kamu memenuhi syarat dan menjalankan setiap prosedur tertulis.

Karena setiap negara memerlukan kualifikasi pekerja yang berbeda-beda, akan ada serangkaian tes yang harus kamu jalankan sebelum bisa berangkat ke negara tujuan.

Info selengkapnya bisa kamu lihat di website Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

2. Jalur Swasta  – Melalui Perusahaan P3MI (Penempatan Pekerja Migran Indonesia)

Ada 329 perusahaan swasta tersebar di seluruh Indonesia yang bisa memberangkatkan kamu ke luar negeri. Daftar perusahaannya bisa kamu lihat (dan download) di sini.

Bagaimana cara untuk berangkat ke luar negeri lewat jalur swasta? Kamu bisa melakukan dua hal:

  • Cek daftar perusahaan yang sudah mendapat izin dari P3MI (lihat nama perusahaan di atas). Kemudian, lihat website-nya atau langsung datang ke kantornya untuk bertanya soal ada atau tidaknya lowongan pekerjaan
  • Kunjungi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Anda untuk meminta lowongan terkait kerja di luar negeri

Meskipun ini adalah jalur swasta, namun masih tetap ada keterlibatan pemerintah di sini untuk menjamin keamanan kamu sebagai pekerja migran.

3. Jalur UPKS (Untuk Kepentingan Perusahaan Sendiri)

Sebenarnya ada banyak perusahaan di Indonesia yang mengirim pekerja ke luar negeri, lo!

Dan kalau kamu mau menjadi karyawan dari perusahaan Indonesia yang kerjanya di luar negeri, salah satu caranya adalah via jalur UPKS.

Perusahaan plat merah (perusahaan milik keluarga pejabat) seperti PT Waskita Karya dan PT Wijaya Karya misalnya. Setiap tahunnya ada saja proyek pembangunan jalan tol di luar negeri yang mereka jalankan.

Bagaimana cara masuk kerja di perusahaan ini? Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendatangi Disnaker Kabupaten/Kota terdekat untuk bertanya soal lowongan kerja jalur UPKS.

Tentunya, setiap perusahaan meminta kualifikasi pekerja yang berbeda dan kamu harus lolos kualifikasi untuk bisa bekerja di luar negeri dengan status karyawan dari perusahaan plat merah tersebut.

4. Jalur Mandiri (Jalur Kerja di Luar Negeri Fresh Graduate)

Simpelnya, jalur mandiri adalah jalur yang memungkinkan kamu untuk bisa bekerja di luar negeri dengan cara melamar langsung ke perusahaan yang membuka lowongan.

Lowongan dari perusahaan-perusahaan luar negeri ini bisa kamu temukan langsung di job portal online seperti Jobstreet, Glints, Indeed, dan lainnya. Bahkan, kamu tidak perlu membuka situs lowongan kerja di luar negeri karena ada saja lowongan dari medsos seperti Twitter atau LinkedIn yang bisa jadi sumber pencarian bagus.

Kalau kamu seorang fresh graduate, jalur ini adalah yang paling cocok untuk kamu jalani. Karena memiliki kemampuan dan pendidikan yang mumpuni sebagai modal dasar, kamu memiliki peluang lebih besar daripada PMI yang bermodal ijazah SMA/SMK.

Sesuai dengan namanya, kamu harus “mandiri” saat mencari lowongan. Lowongan kerja di luar negeri ada di mana-mana, lo, kamu hanya perlu mandiri saat mencari.

Itu dia cara bekerja di luar negeri dengan empat jalur berbeda yang bisa kamu coba sekarang. Dan jangan lupa. Karena kamu bekerja di negara orang, belajar juga bahasa global yang bisa mendukung karier dan mempermudah komunikasi dengan orang sekitar di sana. Apalagi kalau bukan bahasa Inggris!

Belajar Bahasa Inggris agar Gampang Kerja di Luar Negeri

Bisa bahasa Inggris saja sudah pasti “melancarkan” karier walaupun kamu bekerja di Indonesia. Apalagi kalau kerja di luar negeri, pasti sangat membantu!

Mau belajar bahasa Inggris dengan efektif? Gabung program English Club Funenglishcourse.com, yuk! Di sini kamu bisa langsung merasakan English-speaking environment secara langsung.

Dengan begini, kamu juga enggak akan kaget saat harus menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Klik link ini untuk gabung sekarang (FREE MEMBERSHIP).

Rate this post