Manfaat Pendidikan Bilingual Bagi Anak

27 Desember 2023 / laskarseo

Tentunya sebagai orang tua akan mengharapkan yang terbaik kepada anaknya agar memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas melalui mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut dimaksudkan agar anak dapat dengan mudah menemukan bakat dan minat yang positif dimilikinya sejak dini. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah dengan memperkenalkan dan mengajarkan pendidikan bilingual pada anak. Manfaat pendidikan bilingual bagi anak ini cukup berpengaruh pada bakat dan minat yang dimiliki anak nantinya. Apalagi jika diperkenalkan sejak dini pada anak. 

Apa Saja Manfaat Pendidikan Bilingual Bagi Anak?

Bilingual adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan menggunakan dua bahasa. Pendidikan bilingual merupakan salah satu kemampuan yang cukup bermanfaat Pendidikan Bilingual bagi anak. Pendidikan ini dapat meningkatkan kemampuan multitasking, kinerja memori, hingga meningkatkan kinerja akademik anak. 

Bahkan dalam jangka panjang, pendidikan bilingual dapat meningkatkan peluang karir anak di masa depan, terutama jika terjun dalam pasar global. Bagaimana tidak, dalam pasar global bilingual merupakan salah satu hal yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan ketika mencari calon pekerja.  

Oleh karena itulah, mengapa pentingnya orang tua dalam memperkenalkan pendidikan bilingual ini sejak dini pada anak. Lalu apa sebenarnya manfaat pendidikan bilingual pada anak? Terdapat beberapa manfaat yang bisa dinikmati Anda jika memiliki kemampuan bilingual ini. Ini dia manfaatnya: 

  • Meningkatkan Keterampilan Kognitif

Manfaat pendidikan bilingual pada anak yang pertama adalah mampu meningkatkan keterampilan kognitif anak. Yang dimaksud dengan keterampilan kognitif ini adalah dapat melatih otak ketika Anda menggunakan dua bahasa sekaligus ketika melakukan suatu percakapan. 

Melalui kemampuan yang dimiliki tersebut membuat Anda menjadi lebih kritis dalam memproses suatu informasi dan kondisi sekitar. Contoh, Anda dapat memfilter berbagai gangguan yang bisa mengganggu konsentrasi, dan terbiasa memproses banyak informasi dengan dua bahasa. 

  • Meningkatkan Kemampuan Fungsi Otak

Ternyata, membiasakan anak mendapatkan pendidikan bilingual terutama sejak dini dapat meningkatkan perkembangan fungsi otaknya. Anda akan lebih mudah dalam memecahkan suatu masalah, memiliki kelebihan multitasking, hingga menjadi lebih fokus dalam menyelesaikan suatu hal. 

Tidak hanya itu saja, bilingual juga dapat melatih kemampuan otak lebih optimal. Kemampuan bilingual ini dapat meningkatkan kepadatan materi otak atau disebut juga dengan grey matter. Hal tersebut akan berpengaruh pada area prefrontal korteks serebral otak yang menjadi lebih aktif. 

  • Kemampuan Problem Solving yang Tinggi

Anda yang sudah terbiasa dengan pendidikan bilingual sejak dini, akan mulai terbiasa dalam menerjemahkan suatu konsep yang abstrak dari dua bahasa sekaligus yang digunakan. Hal ini akan berpengaruh pada kemampuan problem solving yang dimiliki Anda menjadi lebih baik. 

Oleh karena itu perihal problem solving ini, Anda akan lebih unggul daripada anak yang hanya menguasai satu bahasa saja. Sehingga ketika Anda menemui suatu permasalahan, dapat mengatasinya dengan mudah dan cepat dengan hasil yang tepat serta optimal.   

  • Anak Menjadi Cepat Tanggap

Dengan memberikan pendidikan bilingual kepada anak, dapat membuatnya menjadi lebih cepat tanggap terutama ketika menghadapi masalah. Bagaimana bisa? Ketika menggunakan dua bahasa yang berbeda, Anda akan mulai terbiasa untuk switch bahasa dalam waktu singkat. 

Hal tersebut akan melatih otak untuk cepat dalam beralih penggunaan bahasa yang berbeda. Sehingga otak menjadi multitasking dalam menggunakan dua bahasa dalam satu waktu. Hal tersebut juga akan berdampak pada kemampuan Anda dalam cepat pengambilan keputusan. 

  • Memiliki Kemampuan Mendengar yang Baik

Dengan mendapatkan pendidikan bilingual pada anak, Anda akan mempelajari cara pengucapan kata yang tidak familiar di telinga Anda. Hal ini akan berdampak pada kemampuan mendengar Anda menjadi lebih baik. Sehingga kemampuan listening Anda juga akan semakin meningkat. 

  • Memiliki Rasa Empati dan Sosial yang Tinggi

Anak yang sudah terbiasa dengan pendidikan bilingual sejak dini akan memiliki rasa empati dan sosial yang lebih tinggi daripada anak yang hanya menguasai satu bahasa saja. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan memiliki kemampuan berpikir perspektif yang lebih luas. 

Hal ini dikarenakan Anda telah terbiasa dalam menggunakan berbagai kata, ungkapan, ekspresi, hingga nada bicara dari dua bahasa sekaligus. Hal tersebut akan berpengaruh pada kemampuan Anda dalam memahami perspektif, keinginan, dan pikiran seseorang hanya dengan mengamatinya. 

  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri 

Ketika Anda sudah terbiasa berkomunikasi dengan menggunakan dua bahasa, dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Terutama ketika menggunakan dua bahasa tersebut ketika berkomunikasi di depan umum, Anda bisa melakukannya dengan lancar dan fasih tanpa merasa malu.

Selain itu, kemampuan bilingual juga akan membuat Anda menjadi lebih tenang dan emosi terkontrol dengan baik ketika berkomunikasi. Hal tersebut karena Anda mampu berpikir positif sehingga ketika berkomunikasi menjadi lebih mudah, lancar, dan emosi yang tenang. 

Pendidikan Bilingual Bagi Anak

  • Memudahkan Mengakses Informasi

Informasi yang tersedia di internet maupun buku, tidak semuanya menggunakan bahasa Indonesia. Jika Anda menguasai kemampuan bilingual akan memudahkan dalam mengakses informasi tersebut meskipun informasi yang tersedia tidak menggunakan bahasa Indonesia. 

Hal tersebut akan berdampak pada mudahnya Anda dalam memahami informasi yang disajikan. Sehingga pemahaman akan konsep dan materi pembelajaran baru dari informasi yang disajikan tersebut dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan hingga akademik Anda. 

  • Unggul Dalam Pendidikan Akademik

Anak dengan kemampuan bilingual, cenderung lebih unggul perihal pendidikan akademik. Hal tersebut karena anak menjadi lebih cepat belajar dalam memahami materi yang diberikan. Manfaat Pendidikan Bilingual akan sangat menguntungkan ketika Anda mulai terjun ke dunia karir di masa depan. 

  • Memiliki Banyak Pilihan Jenjang Pendidikan Lanjutan

Anak yang memiliki kemampuan bilingual sejak dini, tidak akan kesulitan dalam memilih jenjang pendidikan lanjutan yang lebih tinggi di kemudian hari. Misalnya, Anda bisa memilih untuk belajar di sekolah nasional maupun internasional. 

Ketika memilih di sekolah internasional, itu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Karena Anda sudah terbiasa dengan menggunakan dua bahasa terutama bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Jadi bukanlah hal yang sulit bagi Anda untuk memilih pendidikan lanjutan ini. 

Itulah manfaat pendidikan bilingual pada anak. Yaitu meningkatkan kemampuan kognitif, fungsi otak, problem solving, lebih percaya diri, menjadi cepat tanggap, pendengar yang baik, memiliki rasa empati dan sosial yang tinggi, memudahkan mengakses informasi, akademik unggul, dan banyak pilihan jenjang pendidikan. 

Manfaat Pendidikan Bilingual Bagi Anak Bersama Fun English Course

Jika Anda tertarik untuk memberikan pendidikan bilingual yang terbaik pada anak terutama bahasa Inggris, bisa mempercayakannya kepada kami Fun English Course. Kami adalah tempat kursus bahasa Inggris terbaik dan berkualitas dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan. 

Pilihan program belajar yang kami sediakan sangat beragam. Program belajar ini tersedia untuk semua tingkatan usia, pendidikan, hingga level bahasa Inggris yang dikuasai Anda. Bahkan kami juga menyediakan program untuk membantu Anda jika sedang mempersiapkan tes bahasa Inggris seperti TOEFL, IElTS. 

Yang menguntungkan dengan memilih kami adalah Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat yang menguntungkan. Seperti mendapatkan kurikulum bahasa Inggris standar internasional, materi belajar yang menyenangkan, metode pembelajaran terbaik, hingga tenaga pengajar profesional dan berpengalaman. 

Tertarik belajar bersama kami? Untuk mendaftar program belajar manfaat pendidikan bilingual kami, bisa mendaftarnya melalui nomor kontak kami di 0812 8888 3063. Daftarkan diri Anda dan nikmati program belajar dari kami untuk mendapatkan pendidikan bilingual yang berkualitas bersama kami dengan menyenangkan.

5/5 - (1 vote)
Chat kami
Yuk, segera daftar!