Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Anak SMP

26 Desember 2023 / laskarseo

Metode belajar bahasa Inggris untuk anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah berbeda. Anak SMP akan diberikan materi lanjutan dari dasar bahasa Inggris yang telah diajarkan ketika SD. Pendekatan belajar yang digunakan pun juga berbeda. Dengan menggunakan pendekatan belajar yang efektif dan tepat akan berdampak cukup besar bagi Anda dalam menyerap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, dalam proses belajar mengajar dibutuhkan penerapan metode pembelajaran bahasa Inggris anak SMP yang tepat. 

Jenis-jenis Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Anak SMP

Dalam penggunaan metode pembelajaran untuk anak SMP tidak boleh dipilih secara asal-asalan. Hal tersebut karena dapat membuat Anda cepat bosan dalam belajar. Bahkan bisa membuat Anda kesulitan dalam memahami materi. Sehingga proses belajar mengajar menjadi kurang efektif.  

Terdapat beberapa metode belajar yang cocok dan efektif diterapkan pada anak SMP yang bisa dipilih. Mulai dari direct method, hingga triple T approach. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, perhatikan informasi menarik berikut ini.

  • Direct Method

Direct method adalah guru atau tutor menggunakan bahasa Inggris secara langsung dalam proses belajar mengajarnya. Penggunaan bahasa Inggris ini merupakan satu-satunya bahasa yang digunakan dalam proses belajar tanpa diselingi bahasa Indonesia maupun bahasa lainnya.

Metode ini membantu Anda untuk melatih kemampuan listening dan speaking yang dimiliki. Dikarenakan Anda dituntut untuk memahami apa yang diucapkan oleh guru atau tutor. Ketika guru atau tutor bertanya kepada Anda, juga harus menjawabnya dengan bahasa Inggris. 

Meskipun begitu, ketika Anda salah mengucapkan atau mengartikan bahasa Inggris dari suatu objek dengan salah, tidak perlu khawatir. Karena guru atau tutor akan membantu Anda untuk mengoreksinya dan mencontohkannya penggunaan kata yang benar. 

  • Communicative Language Teaching atau CLT

Communicative language teaching adalah metode yang lebih mengedepankan Anda untuk berkomunikasi secara langsung dengan menggunakan bahasa Inggris. Sehingga jika menggunakan metode ini, akan melatih kemampuan speaking Anda lebih baik. 

Tujuan dari metode CLT adalah untuk meningkatkan kemampuan linguistik dan instrumentalnya, serta berkomunikasi secara efektif dalam menggunakan bahasa Inggris. Hal yang dipelajari seperti bagaimana cara untuk meminta tolong, menjelaskan suatu hal, dan masih banyak lagi. 

  • Community Language Learning atau CLL

Community language learning (CLL) adalah pembelajaran konseling bahasa Inggris. Pembelajaran ini mengedepankan hubungan psikologi berupa emosi dan perasaan antara guru atau tutor dengan peserta didik. Sehingga dengan menerapkan CLL dapat mempererat hubungan keduanya.  

  • Project Based

Project based adalah metode yang menggunakan tugas atau proyek untuk belajar bahasa Inggris. Fokus utama pembelajaran yang menggunakan project based adalah bagaimana cara Anda dalam menyelesaikan permasalahan dari tugas atau proyek yang diberikan dengan tepat. 

Manfaat penggunaan project based adalah dapat melatih kemandirian Anda dalam menyelesaikan tugas atau proyek yang diberikan. Selain itu juga dibutuhkan sikap kritis dan kreativitas dalam mengkaji dan menyelesaikan permasalahan tugas atau proyek yang sedang dikerjakan. 

  • Grammar Approach

Grammar approach lebih mengedepankan pada materi grammar. Guru atau tutor akan menjelaskan materi kepada Anda. Kemudian Anda akan diberikan latihan soal terkait materi tersebut. Metode ini sangat cocok dipilih jika Anda ingin meningkatkan kemampuan grammar yang dimiliki. 

  • Grammar Translation Method

Grammar translation method (GTM) ini hampir mirip dengan grammar approach karena sama-sama mempelajari tentang grammar. Hanya saja yang membedakan adalah GTM lebih menekankan pada translation atau penerjemahan grammar dan menghafalkan bentuk kata kerja. 

  • Audio Lingual Method

Audio lingual method adalah metode belajar yang mengedepankan pada kemampuan listening, speaking, writing, dan reading Anda. Metode ini tidak mengedepankan pada pemahaman kosakata, melainkan pada kompetensi komunikatif anak SMP. 

Anda akan mempraktekkan langsung penggunaan tata bahasa, bentuk bahasa, dan pola bahasa Inggris dengan tepat. Contohnya, Anda akan mempraktekan langsung dari suatu dialog pendek dimana Anda belum mengetahui arti terjemahan bahasa Inggris dari dialog tersebut. 

  • Silent Way

Silent way adalah metode belajar yang menuntut Anda untuk aktif dalam proses belajar bahasa Inggris. Guru atau tutor lebih banyak memberikan gerakan dan rancangan untuk mendorong Anda memberikan reaksi daripada banyak berbicara dalam menjelaskan materi. 

Metode silent way menerapkan rods yang berfungsi sebagai media dalam pembelajaran bahasa Inggris anak SMP, terutama pada materi tata bahasa dan speaking. Silent way melatih Anda dalam membangun sense untuk membantu memperbaiki kesalahan dalam penggunaan bahasa Inggris. 

Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Anak SMP

  • Total Physical Response

Total Physical Response atau TPR adalah suatu metode pembelajaran bahasa Inggris anak SMP yang lebih mengedepankan dengan menerapkan pendekatan reaksi. Metode ini dapat dibilang cukup efektif digunakan karena bersifat lebih mudah dalam penggunaan bahasa Inggris. 

TPR digunakan sebagai pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Artinya, Anda akan melakukan berbagai pekerjaan seperti berjalan, duduk, menulis, hingga memegang suatu objek. 

Dalam penerapannya, metode TPR disusun dengan beberapa unsur, yaitu command (perintah), speech (ucapan), dan action (gerak). Artinya, guru atau tutor memberikan perintah pada Anda. Kemudian Anda memberikan respon fisik atau gerak sebelum memberikan respon verbal atau ucapan. 

Dalam hal ini, peran Anda dalam metode TPR adalah sebagai pendengar, pemeran, atau pelaku utamanya. Sedangkan guru diibaratkan sebagai sutradara. Guru akan memberikan perintah kepada Anda untuk memberikan respon fisik yang sesuai. 

Yang menarik dari metode TPR adalah terdapat gerakan permainan di dalamnya. Sehingga tidak akan membuat Anda bosan dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, juga dapat menghilangkan stress ketika Anda belajar bahasa Inggris terutama saat menemui permasalahan dalam belajar. 

  • Triple T Approach

Metode  triple T Approach cocok dipilih jika Anda sedang mempersiapkan tes bahasa Inggris. Penerapan metode yang satu ini adalah berupa test, teach, dan test. Artinya guru atau tutor akan memberikan soal kepada Anda, kemudian membahasnya bersama-sama. 

  • Electric Method

Electric method artinya guru atau tutor mengkombinasikan beberapa atau semua dari metode belajar bahasa Inggris. Misalnya, menggunakan pendekatan humanistik (TPR) dan pendekatan komunikatif (direct method dan CLT) secara bersamaan. 

Itulah metode pembelajaran bahasa Inggris yang cocok untuk anak SMP. Mulai dari direct method, communicative language teaching, community language learning, project based, grammar approach, grammar translation method, audio lingual method, silent way, total physical response, dan triple T approach. 

Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Anak SMP Bersama Fun English Course

Jika Anda sedang mencari tempat kursus bahasa Inggris untuk anak SMP yang menggunakan metode pembelajaran terbaik dan berkualitas, belajar bersama kami Fun English Course adalah jawabannya. Program yang bisa Anda pilih adalah English for Teens.

Program English for Teens adalah program belajar bahasa Inggris yang dirancang khusus untuk siswa SMP kelas 7 – 9 dengan level intermediate. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda dalam hal listening, reading, speaking, dan writing

Tidak hanya itu saja, melalui program ini juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan vocabulary, grammar, dan pronunciation. Sehingga dengan mengikuti program English for Teens dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Jika Anda tertarik belajar bersama kami dengan menggunakan metode pembelajaran bahasa Inggris anak SMP yang terbaik, bisa mengunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Atau bisa langsung mendaftar diri Anda dengan menghubungi nomor kami di 0812 8888 3063.

5/5 - (1 vote)
Chat kami
Yuk, segera daftar!