Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Di Usia Dini

28 Desember 2023 / laskarseo

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk komunikasi global. Bagi orang tua yang ingin mengajari anaknya berbahasa Inggris sebaiknya ajari saat anak masih kecil. Karena keuntungan belajar bahasa Inggris di usia dini lebih besar dibandingkan belajar saat usia remaja/dewasa. 

Mengajari anak bahasa Inggris bisa dengan berbagai cara, misalnya memasukkan anak ke tempat kursus bahasa Inggris. Adapun salah satu lokasi belajar bahasa Inggris terpercaya adalah Fun English Course. Selengkapnya pahami uraian di bawah ini! 

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Di Usia Dini

Perlu dipahami, menguasai bahasa Inggris tidak bisa dilakukan secara langsung. Ada step by step yang harus dilewati, mulai dari yang mudah sampai berbagai tata bahasa yang susah. 

Adapun kunci belajar bahasa adalah giat belajar dan selalu mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kemampuan bahasa semakin meningkat. Proses belajar sebaiknya berlangsung sejak dini, karena keuntungan belajar bahasa Inggris di usia dini sangat banyak, yaitu : 

1. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi 

Anak-anak yang sudah mulai belajar bahasa Inggris bisa mengembangkan keterampilan mendengar, berbicara, menulis, serta membaca menggunakan bahasa Inggris sejak dini. 

2. Meningkatkan Kognitif Anak 

Anak yang sudah mempelajari bahasa Inggris lebih mudah menstimulasi pemikirannya. Bukan hanya itu, mereka bisa memecahkan masalah yang dihadapi dan mereka bisa memahami struktur bahasa, kosakata baru sehingga membuat kemampuan kognitifnya akan bertambah. 

3. Membangun Rasa Curiosity dalam Belajar 

Anak mempunyai sifat curious (rasa penasaran akan hal-hal baru). Sifat ini banyak dimanfaatkan orang tua dalam mengajarkan anak belajar bahasa Inggris sejak usia dini. Otak anak yang masih kecil terus mengalami flexibility dan plasticity sehingga masa inilah masa terbaik dalam proses belajar. 

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris

4. Kemampuan Berpikir Kritis Semakin Meningkat 

Belajar bahasa Inggris pada usia dini bisa membantu anak mengakses banyak informasi lewat bahasa Inggris. Kondisi ini dapat membantu meningkatkan keterampilan anak dalam berpikir kritis untuk menilai suatu informasi yang mereka terima. 

5. Kemampuan Memecahkan Masalah Semakin Meningkat 

Belajar bahasa Inggris sejak dini bisa membentuk seorang anak lebih cepat dalam memecahkan masalah. Hal ini terjadi, karena anak-anak yang mempunyai kemampuan dwibahasa cenderung mudah konsentrasi, mudah membuat perencanaan sehingga kemampuan kognitif semakin bagus. 

Cara Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak

Mengajak anak belajar bahasa Inggris sejak usia dini tidak bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini terjadi, karena anak-anak sering merasakan bosan dan mereka kebanyakan tidak betah belajar dalam waktu yang lama. 

Namun orang tua tidak perlu khawatir, sebab saat ini ada berbagai cara belajar bahasa Inggris yang bisa diajarkan untuk anak-anak. Dengan menjalankan beberapa cara ini anak akan lebih senang belajar bahasa Inggris. Adapun caranya sebagai berikut : 

  1. Memperkenalkan bahasa Inggris sejak kecil, bisa dari perkataan, lewat lagu, kartun, dan sebagainya. 
  2. Menggunakan bahasa Inggris secara rutin, utamanya saat berbicara dengan anak.  
  3. Luangkan waktu belajar bahasa Inggris bareng anak dan lakukan beberapa kali sehari. 
  4. Menggunakan teknologi masa kini untuk belajar bahasa Inggris. 
  5. Mengikutsertakan anak kursus bahasa Inggris baik secara online maupun offline.

Kapan Waktu Terbaik Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak? 

Mengenalkan bahasa Inggris kenapa anak bisa dilakukan kapan saja. Dalam sejumlah penelitian menjelaskan bahwa anak memiliki kemampuan alami belajar bahasa sejak lahir. Jadi, semakin awal anak belajar bahasa Inggris, maka semakin baik juga kemampuan mereka dalam menyerap dan menguasainya. 

Sedangkan masa terbaik bagi anak untuk belajar bahasa Inggris adalah mulai lahir hingga berusia 10 tahun. Pada usia ini anak-anak dalam masa yang mudah menerima berbagai proses pembelajaran sehingga mudah membentuk karakter anak. 

Demikianlah penjelasan tentang keuntungan belajar Bahasa Inggris di usia dini. Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak, bisa bergabung bersama kami di Fun English Course. 

Kami menyediakan berbagai program yang fun dan asyik, sehingga anak-anak bisa belajar dengan baik. Bukan hanya itu saja, kami juga bekerja sama dengan tenaga pengajar profesional serta menggunakan kurikulum internasional. Tunggu apalagi segera cek website Kami! Semoga bermanfaat! 

5/5 - (1 vote)
Chat kami
Yuk, segera daftar!