Membesarkan Anak Polyglot

29 Desember 2023 / laskarseo

Pernah mendengar tentang anak polyglot? Penyebutan kata polyglot ditujukan untuk anak yang memiliki kemampuan dalam lima bahasa atau lebih. Tahukah kamu untuk membesarkan anak polyglot membutuhkan usaha yang cukup besar. 

Lantas usaha apa saja yang bisa dilakukan untuk membesarkan anak supaya bisa menguasai lima bahasa atau lebih? Agar semakin paham, simak dalam penjelasan di bawah ini! 

Apa itu Polyglot? 

Polyglot merupakan suatu kemampuan yang dimiliki manusia dalam segi bicara, menulis, bahkan membaca dalam lima bahasa atau lebih. Meski demikian, masing-masing polyglot mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam penguasaan bahasa. 

Mayoritas polyglot mendedikasikan banyak waktu untuk belajar mendalami bahasa asing. Oleh karena itu, siapa pun bisa menjadi polyglot asalnya memiliki kemauan yang kuat dalam belajar berbagai bahasa. 

Keuntungan Menjadi Anak Polyglot

Anak yang menjadi polyglot tentu mempunyai kemampuan secara fisik dan mental lebih bagus daripada anak yang hanya menguasai satu bahasa. Anak polyglot cenderung mempunyai pemikiran yang kritis dan kemampuan kognitif yang baik. 

Bukan hanya itu, menjadi anak polyglot ternyata mempunyai berbagai keuntungan, yaitu : 

1. Meningkatkan Konsentrasi Anak 

Anak yang menguasai lebih dari dua bahasa cenderung mempunyai konsentrasi yang bagus, karena untuk memahami dua bahasa atau lebih mereka membutuhkan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi. 

2. Mempunyai Ingatan Lebih Baik

Anak-anak polyglot cenderung mempunyai daya ingat serta kemampuan belajar yang lebih baik. Hal ini karena mereka sudah terlatih berbagai kosakata sejak dini. 

Anak Polyglot

3. Wawasan Anak Semakin Luas 

Anak yang menguasai polyglot bisa membaca berbagai buku dalam berbagai bahasa. Jadi, mereka bisa menambah dan menyaring berbagai informasi dengan mudah.  

4. Anak Bisa Bepergian dengan Mudah 

Menjadi anak polyglot tentu lebih mudah berkomunikasi dan menjalin relasi dengan orang-orang dari negara lain. Adanya relasi yang sudah terjalin sejak dini membuat mereka tidak takut bepergian ke negara lain. 

5. Memperoleh Beasiswa

Seorang anak polyglot mempunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkan beasiswa berprestasi. Hal ini sebagai bentuk apresiasi atas kemampuan murid/mahasiswa dalam proses belajar.  

Cara Membesarkan Anak Menjadi Polyglot

Bagi kamu yang ingin membesarkan anak menjadi polyglot, maka proses belajar harus dilakukan dengan teratur, rutin, dan sesuai dengan porsinya. Sebab jika anak dipaksa belajar tanpa henti, anak akan stres, sakit, bahkan depresi. 

Lantas bagaimana cara membesarkan anak menjadi polyglot yang benar? Ini dia cara terbaik yang bisa kamu ikuti, yaitu : 

1. Jangan Bicara Menggunakan Bahasa Bayi 

Bayi memang belum dapat berbicara satu patah kata pun, namun saat bayi berceloteh ada baiknya kamu jawab celotehan bayi dengan kata-kata atau kalimat sesungguhnya. 

Bayi pada masa ini belum dapat memahami arti kata yang kamu ucapkan, namun dalam otak bayi sudah ada bagian pengatur kemampuan bahasa  sehingga anak akan terstimulasi dengan bahasa asing tersebut. 

2. Memperkenalkan Bahasa Sedini Mungkin

Anak-anak sejak lahir sampai berusia kurang dari 10 tahun adalah masa yang paling tepat untuk belajar bahasa asing. Maka dari itu, ajari mereka berbahasa asing baik lewat permainan, televisi, kartun, atau bisa dimasukkan tempat kursus bahasa Inggris yang menyenangkan. 

3. Menggunakan Berbagai Bahasa Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Gunakan bahasa asing tersebut sesering mungkin ketika mengajari anak menjadi polyglot. Misalnya, pada hari Senin menggunakan bahasa Inggris, besoknya menggunakan bahasa Mandarin, dan sebagainya. 

Demikianlah penjelasan tentang membesarkan anak polyglot yang perlu diketahui. Bagi yang ingin meningkatkan kemampuan anak dalam menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris bisa bekerja sama dengan kami di Fun English Course. 

Kami menyediakan berbagai program yang fun dan anak akan merasa nyaman selama proses belajar. Selain itu, kami juga menggunakan kurikulum internasional dan staff pengajar kami telah profesional di bidangnya. Tunggu apalagi, segera cek website resmi Fun English Course dan semoga membantu! 

5/5 - (1 vote)
Chat kami
Yuk, segera daftar!