Latihan Speaking English dengan Metode Efektif

23 Januari 2023 / laskarseo

Lancar berbicara bahasa Inggris adalah impian semua orang. Kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris sangat diperlukan saat ini, karena English merupakan bahasa Internasional. Maka banyak orang rela meluangkan waktu dan uangnya untuk latihan speaking English agar semakin lancar berkomunikasi. 

Aspek berbicara dalam bahasa Inggris menjadi penting. Pasalnya bahasa Asing ini lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di berbagai instansi untuk kebutuhan komunikasi. Lalu, apa pentingnya berlatih speaking English bagi seseorang? Berikut adalah 3 manfaat latihan berbicara bahasa Inggris buat kamu. 

3 Manfaat Latihan Speaking English 

Latihan speaking English juga memiliki manfaat lebih untuk pengembangan diri loh. Tiga manfaat di bawah ini akan kamu dapatkan apabila mau belajar dan berlatih berbicara bahasa Inggris.

  • Menambah Wawasan Pengetahuan

Manfaat pertama yang akan kamu dapat adalah meningkatnya wawasan terhadap bahasa Asing, khususnya English. Saat ini, hampir seluruh media menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar seperti buku, internet, dsb.

Apabila kamu sudah memahami dasar berbahasa Inggris, akan mudah bagi kamu untuk mengakses pengetahuan yang lebih luas. Begitu pula ketika kamu fasih berbicara bahasa Inggris, relasi dan koneksi kamu akan semakin luas. Semakin luas relasi dengan orang asing dapat memungkinkan kamu berdiskusi lebih banyak. 

  • Mempermudah Komunikasi

Sejak bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa Internasional, kamu tidak perlu khawatir lagi saat bepergian ke negara lain. Kamu dapat berbicara dalam bahasa Inggris dan orang di negara tersebut sedikitnya atau banyak akan memahami apa yang hendak kamu sampaikan.

 Latihan Speaking English 

Misalnya, saat kamu berkunjung ke negara Jepang, kamu tidak harus bisa berbahasa Jepang saat itu. Dengan menggunakan bahasa Inggris saat disana juga bisa sedikit membantu kamu untuk mendapatkan petunjuk dari orang-orang atau informasi sekitar tempat yang ingin kamu tuju. Hal ini karena bahasa Inggris sudah menjadi bahasa Internasional tadi.

  • Meningkatkan Kemampuan Akademis 

Berlatih speaking English yang baik akan memudahkan kamu dalam mengerjakan bagian speaking dalam tes TOEFL atau IELTS. Kamu dapat mempraktikkan kemampuan berbicara bahasa Inggris dalam tes-tes wajib sebagai syarat kelulusan suatu instansi. 

Penilaian kemampuan berbicara ini sangat penting untuk menunjukkan bahwa kamu tidak hanya paham secara teori, tetapi juga secara praktik. Dengan demikian, diperlukan latihan intensif agar fasih berbahasa Inggris. 

Masih banyak manfaat lainnya dari berlatih speaking English. Kamu perlu melatihnya secara terus-menerus agar lebih fasih dan lancar dalam berbicara bahasa Inggris. Ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan ketika berlatih speaking English supaya efektif. 

5 Cara Efektif Latihan Speaking English

Pada dasarnya, berbicara bahasa Inggris memiliki konsep umum yang dapat diterapkan oleh semua orang. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan berbicara bahasa Inggris. 

Kamu perlu mempelajari cara latihan speaking English dengan efektif agar dapat dilakukan dalam jangka waktu lama. Simak penjelasan di bawah ini untuk lebih lengkapnya.  

Dengarkan dan Ulangi

Kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar lagu atau menonton film berbahasa Inggris. Ketika kamu mendengar kosakata Inggris, cobalah untuk memahami makna kata tersebut dan mengulanginya secara lisan. 

Ketika kamu ingin berbicara bahasa Inggris dengan lancar, kamu tentu memerlukan kosakata yang banyak dan lafal dalam pengucapannya. Kamu dapat mengulangi kata yang sama berulang kali agar mudah dan lancar dalam mengutarakan kata tersebut.

Cara ini terbilang efektif untuk latihan berbicara, karena seseorang umumnya lebih sering mendengarkan dibandingkan membaca tulisan. Cara ini bisa diterapkan untuk orang yang visual dan audio. 

Triknya yaitu dengan baca kata atau kalimat dalam bahasa Inggris, pahami maknanya, dan ulangi pengucapannya. 

Abaikan Struktur Kalimat (Grammar)

Cara kedua adalah fokus pada pesan yang ingin kamu sampaikan. Kamu tidak perlu terlalu terpaku pada grammar yang digunakan. Dalam berbicara bahasa Inggris non-formal, grammar tidak terlalu diperhatikan selama informasi yang disampaikan jelas dan bisa dipahami pendengar.

Ketika kamu mengabaikan grammar bahasa Inggris, kamu akan lebih percaya diri dalam latihan speaking English. Kendati demikian, tidak dipungkiri bahwa peran grammar juga penting dalam berbicara. Namun, kamu tidak perlu terlalu pusing memikirkan struktur kalimat yang digunakan agar lebih nyaman. 

Berpikir dengan Bahasa Inggris

Permasalahan utama yang sering dijumpai dalam latihan speaking English adalah kesulitan mencari kosakata yang akan diucapkan. Hal ini terjadi karena seseorang tersebut jarang menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi dan jarang berpikir dengan bahasa Inggris.

Apabila kamu sudah terbiasa berpikir dalam bahasa Inggris, perbendaharaan kata yang kamu miliki akan terus meningkat dan memudahkan kamu untuk berbicara. Kamu akan kesulitan ketika harus menerjemahkan dahulu bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. 

Mulailah berpikir dari hal-hal kecil, seperti mengatur kegiatan yang akan dilakukan selama satu hari, memikirkan makanan yang akan dimakan, dan sebagainya. 

Menirukan Penutur Asli Bahasa Inggris

Apabila kamu gemar menonton film atau mendengarkan podcast bahasa Inggris, media tersebut cukup efektif untuk latihan speaking English. Kamu dapat mengikuti cara berbicara para penutur asli (native speaker) bahasa Inggris tersebut dan menirukannya secara langsung.

Kamu bisa menirukan ujaran yang dituturkan oleh seorang native speaker tersebut dan mengulanginya secara berkala. Cara ini dapat membiasakan diri kamu untuk berbicara bahasa Inggris walau masih mengikuti teks yang ada. 

Jika kamu sudah terbiasa, mulailah untuk mengganti kalimatnya dengan informasi yang akan kamu sampaikan. Semakin sering kamu menirukannya, semakin lancar pula kemampuan berbicara bahasa Inggris kamu.

Ajak Teman Berbicara Bahasa Inggris

Kemampuan berbicara bahasa Inggris kamu akan semakin lancar apabila sering dilatih dan diperbaiki. Kamu dapat mengajak temanmu untuk berlatih berbicara dan memberikan tanggapan dalam bahasa Inggris juga. 

Kamu juga bisa meminta saran kepada temanmu apabila ada yang harus diperbaiki dalam penyampaian atau kosakata yang digunakan. Dengan demikian, kemampuan berbicara kamu akan terus meningkat dan semakin fasih bicara bahasa Inggris.

Lima cara di atas dapat kamu terapkan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari. Cari dan gunakan metode yang efektif dan tepat menurutmu agar kemampuan berbicara kamu semakin baik. 

Selain cara di atas, kamu juga dapat mengikuti kursus bahasa Inggris untuk melatih kemampuanmu. Fun English Course hadir untuk membantu kamu latihan speaking English hingga lancar. Kami menggunakan program bahasa Inggris sesuai dengan best practice method.

Metode ini menggunakan standar Internasional yang bersifat interaktif dan menarik. Komposisi praktik lebih banyak dibandingkan teori agar siswa dapat memahami secara mendalam dan menerapkannya secara langsung. Kamu juga akan praktik langsung dengan sesama siswa kursus untuk berbicara bahasa Inggris.

Semakin sering kamu berinteraksi dengan bahasa Inggris, semakin lancar pula kemampuan berbicara bahasa Inggris kamu. Para pengajar kami pun akan mengajar dalam bahasa Inggris agar para peserta kursus lebih terbiasa. 

Daftarkan dirimu segera di Fun English Course untuk latihan speaking English. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. 

contact

 

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?