Latihan Bahasa Inggris Dasar yang Wajib Kamu Coba

24 Januari 2023 / laskarseo

Perlu diingat, bahwa segala sesuatu harus dimulai dari dasar. Termasuk dalam belajar memahami bahasa Inggris. Untuk mempelajari bahasa Inggris, kamu bisa mulai dengan  latihan bahasa Inggris dasar.

Cara ini akan lebih mudah untuk mempelajari bahasanya seperti contoh kecilnya mengetahui kosakata baru hingga bisa membentuk kalimat secara kompleks. Kamu bisa mulai dengan mempelajari grammar bahasa Inggris, atau cara melakukan percakapan dalam bahasa Inggris.

Materi dasar ini menjadi pondasi awal yang wajib dibentuk dengan kuat, terutama untuk belajar bahasa Inggris. Karena materi dasar juga akan mempengaruhi peningkatan kemampuan kamu dalam belajar. Lantas apa saja materi dasar dalam belajar bahasa Inggris?

Berikut dasar-dasar belajar bahasa Inggris yang harus kamu pahami. Terutama untuk membantu proses belajar bahasa Inggris secara otodidak atau di tempat les.

Latihan Bahasa Inggris Dasar untuk Pemula

Saat mempelajari bahasa Inggris dari 0, kita akan merasa kebingungan dalam menentukan materi dasar yang harus dipelajari. Selain minimnya wawasan untuk belajar dari sisi mana, kita juga akan merasa kewalahan dengan banyaknya materi bahasa Inggris yang ada. 

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya untuk mengetahui dasar-dasarnya lebih dulu. Apa itu dasar dasar belajar bahasa Inggris? 

Dasar-dasar belajar bahasa Inggris merupakan langkah atau materi awal yang harus dipelajari oleh pemula. Berbeda dengan bahasa Indonesia, untuk mempelajari bahasa Inggris perlu pemahaman dasar suatu bahasa. Misal seperti vocabulary atau pemakaian kosakata.

 Latihan bahasa Inggris dasar

Karena kosakata menjadi salah satu bagian penting dalam bahasa Inggris. Terutama untuk digunakan dalam berkomunikasi dengan orang lain. 

Kosakata juga menjadi bagian untuk memahami makna dari kata-kata yang digunakan. Lantas apa dasar lain yang menjadi syarat utama untuk bisa belajar bahasa Inggris. Simak pada terusan artikel berikut.

Latihan Bahasa Inggris Dasar dengan Mempelajari Poin-poin Berikut

Metode belajar memang memiliki peran penting dalam kegiatan belajar mengajar bahasa asing. Pemilihan metode belajar yang tepat tentu bisa membantu siswa mencapai prestasi terbaiknya. Begitu juga sebaliknya, siswa bisa saja merasa bosan apabila metode yang digunakan kurang efektif.

Sebenarnya sudah ada cukup banyak cara untuk mendukung latihan bahasa Inggris dasar untuk pemula. Metode ini sudah terbukti efektif, dan bahkan sudah banyak dipakai untuk tempat-tempat bimbingan belajar. Lantas bagaimana cara untuk mendukung latihan bahasa Inggris dasar?

Dan metode mana yang cocok digunakan untuk latihan belajar bahasa Inggris dasar bagi para pemula. Berikut merupakan 4 metodenya.

1. Pelajari Bentuk Kata atau Tenses

Tenses atau bentuk kata merupakan elemen paling mendasar untuk mempelajari bahasa Inggris. Tenses merupakan bentuk kerja yang berguna untuk menunjukan kondisi waktu atau kejadian peristiwa. Waktu yang ditujukan bisa masa lalu, masa sekarang atau masa kini, dan masa depan atau masa mendatang.

Dikarenakan mempelajari tenses merupakah hal paling mendasar dalam belajar, maka tidak aneh jika tenses ada dalam bab pertama. Menguasai dan memahami tenses yang ada dalam bahasa Inggris, sama halnya dengan menguasai bahasa Inggris sebanyak 60%. Adapun jumlah tenses yang wajib kamu pelajari adalah 16 tenses.

Jika kamu sudah memahami apa itu tenses, seluruh interaksi dalam bahasa Inggris yang kamu lakukan sudah bisa dikatakan benar. Entah itu sekedar menulis, berbicara, atau mengobrol sekalipun. Karena tenses merupakan gabungan dua komponen dasar yang tidak bisa dipisahkan. Yakni antara kejadian waktu dan peristiwa.

2. Mendengarkan atau Listening

Setelah memahami tenses, dasar latihan belajar bahasa Inggris dasar selanjutnya adalah mendengarkan atau listening. Listening merupakan skill atau kemampuan untuk mendengarkan dalam bahasa Inggris. Penerapan listening bisa dilakukan dengan cara mendengarkan setiap kosa kata dalam kalimat bahasa Inggris.

Karena dengan mendengarkan secara tidak langsung bisa membuat kamu semakin terbiasa dengan istilah-istilah dalam bahasa Inggris. kamu juga akan memahami dengan mudah dari setiap kata yang dikatakan orang lain, terutama saat berbicara menggunakan bahasa Inggris (Speak English).

  • Tips Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan (Listening)

Untuk menguasai setiap materi dalam bahasa Inggris sebenarnya tidaklah sulit. Karena untuk meningkatkan kemampuan listening, kamu hanya  perlu merubah pola dengan menerapkan tips berikut.

  1. Belajar sedikit demi sedikit : kamu tidak perlu terburu-buru ketika belajar bahasa Inggris. Setidaknya sisihkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit untuk melatih kemampuan listening di setiap harinya.
  2. Perbanyak konten hiburan dalam bahasa Inggris : mendengarkan konten-konten hiburan juga bisa menambah wawasan ketika belajar bahasa Inggris. Missal mendengarkan terjemahan lirik lagu, kemudian cari kosakata dalam podcast atau film.
  3. Mencari arti kosakata bahasa Inggris : Pelajari juga arti kosakata dalam bahasa Inggris sebagai konsep baru. Kamu hanya perlu mencari arti kosakata yang tidak diketahui dalam kamus besar bahasa Inggris.

3. Perbanyak Membaca (Reading)  

Setelah kemampuan listening sudah dikuasai, langkah belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah membaca atau reading

Kamu bisa membiasakan diri untuk membaca beberapa teks atau kalimat dalam berbahasa Inggris. Misalnya dalam membaca procedure text dan descriptive text, yang dapat membuat kamu lebih peka terhadap struktur bahasanya.

Selain dapat belajar banyak mengenai kosakata bahasa Inggris, terlebih kamu juga akan menemukan kosakata-kosakata baru hanya melalui membaca teks dalam bahasa Inggris. Perlahan kamu akan mendapatkan referensi dalam menulis ataupun mengoreksi setiap kalimat dalam bahasa Inggris. Cukup bermanfaat untuk mengembangkan skill bahasa Inggris bukan?

  • Tips Meningkatkan Kemampuan Membaca (Reading)

Untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam bahasa Inggris, adapun beberapa trik yang bisa kamu terapkan.

  1. Mulai dengan membaca buku cerita : buku cerita merupakan bekal terbaik untuk meningkatkan kemampuan membaca. Karena buku cerita mengandung banyak kosakata-kosakata sederhana.
  2. Bertanya pada diri kamu sendiri : budayakan untuk menanyakan isi dari bacaan kepada diri sendiri, lalu jawab pertanyaan tersebut. Jika perlu tuliskan pertanyaan dan jawaban dalam bahasa Inggris.
  3. Gunakan subtitle bahasa Inggris : Kamu bisa meningkatkan kemampuan reading dengan menonton film berbahasa Inggris. Tonton film dengan mengaktifkan subtitle bahasa Inggris. Temukan kosakata yang tidak diketahui, dan cari.

4. Menulis (Writing)

Setelah mahir dalam mendengarkan dan membaca, langkah latihan bahasa Inggris selanjutnya adalah writing

Writing adalah langkah menulis yang juga menjadi dasar dalam belajar bahasa Inggris. Pasalnya dengan menulis kamu bisa melihat sejauh mana kemahiran dalam berbahasa Inggris. Entah itu dari segi kemampuan, tata bahasa, atau kosakata.

Kamu bisa memanfaatkan teknik ini untuk memperbaiki kelemahan, dengan cara berlatih dan terus berlatih. Sampai kelemahan tersebut berhasil ditutupi. Misal menulis kalimat active voice dan passive voice yang merupakan hal paling mendasar dalam mempelajari sebuah bahasa Inggris.

Intinya adalah, menulis menjadi salah satu penerapan dari tiga skill sekaligus. Yakni mempelajari tenses dalam bahasa Inggris, mendengarkan kalimat-kalimat bahasa Inggris, serta membaca kalimat dalam bahasa Inggris. Dan kemudian lanjut dengan mempraktikkannya dalam tulisan.

Itulah latihan bahasa Inggris dasar yang wajib kamu coba. Selain bisa meningkatkan kemampuan dasar dalam berbahasa Inggris. kamu juga akan memahami setiap kalimat bahasa Inggris yang terdengar di telinga. Yuk mulai belajar dan kembangkan kemampuan bahasa kamu dari sekarang! 

Jika kamu ingin latihan bahasa Inggris dasar dengan FUN, kamu bisa gabung les di Fun English Course, tempat kursus bahasa Inggris yang menyediakan metode-metode menyenangkan dalam memberikan pengajarannya. Kamu bisa banget belajar dengan santai tapi efektif untuk meningkatkan bahasa Inggrisnya disini!

contact

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?