Apa Saja Metode Pembelajaran Bahasa Inggris?

25 Januari 2023 / laskarseo

Apa saja metode pembelajaran bahasa Inggris? Tak bisa dipungkiri jika metode pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam belajar bahasa Inggris. Dengan metode yang tepat kamu akan lebih cepat menguasai bahasa tersebut. 

Selain itu akan lebih efektif lagi jika didukung oleh tutor bahasa Inggris yang profesional  atau lembaga yang tepat. Salah satu contohnya adalah FEC atau Fun English Course. 

Apa Saja Metode Pembelajaran bahasa Inggris?

Berbicara mengenai apa saja metode pembelajaran bahasa Inggris yang ada saat ini paling tidak ada sekitar lima metode yang harus kamu tahu. Metode tersebut diantaranya:

  • Audio Lingual Method

Metode yang pertama ada Audio lingual method yang merupakan salah satu metode dalam pengajaran bahasa asing yang mana lebih menekankan pada pemahaman mendengar, berbicara, membaca dan menulis. 

Apa Saja Metode Pembelajaran bahasa Inggris 

Metode yang satu ini adalah sebuah langkah besar dalam metodologi pengajaran bahasa yang ditujukan untuk kompetensi komunikatif dalam pembelajaran bahasa. Metode yang satu ini tidak hanya fokus pada pengajaran kosa kata saja namun lebih ke membangun kemampuan penggunaan tata bahasa secara spontan. 

  • Grammar Translation Method

Metode yang satu ini biasanya digunakan untuk mengajarkan grammar dengan karakteristik utamanya fokus pada penerjemahan dan menghafal bentuk-bentuk kata kerja. Jadi saat mengajar tutor akan menjelaskan materi menggunakan bahasa lokal.

Adapun Grammar translation method ini sendiri bukanlah metode yang baru. Sampai sekarang metode ini juga masih digunakan karena keefektifannya.

  • Silent Way

Silent Way bisa diartikan sebagai sebuah metode pembelajaran dimana kamu sebagai peserta didik dituntut untuk bisa lebih aktif dalam proses pembelajarannya. Jadi dalam metode ini tutor atau guru akan lebih banyak diam. 

Meski begitu tutor akan lebih aktif memakai gerakan gambar dan rancangan tertentu guna memancing dan membentuk reaksi tertentu. Selain itu guru juga akan menciptakan suasana lingkungan yang mampu mendorong setiap peserta didik agar mau mencoba lebih aktif. 

  • Total Physical Response

Total Physical Response adalah sebuah metode pembelajaran bahaya yang dirancang khusus pada koordinasi perintah, ucapan, gerak dan usaha dalam mengajar bahasa lewat kegiatan fisik. Metode yang satu ini termasuk sangat mudah dan ringan dari segi penggunaan bahasa.

Selain itu adanya unsur gerakan dalam metode TPR membuat para peserta didik akan lebih enjoy selama belajar bahasa Inggris. Bahkan metode ini juga mampu menciptakan suasana yang positif sehingga motivasi dan prestasi para peserta dalam belajar akan meningkat. 

Dalam metode ini tutor memiliki peran yang sangat aktif dan langsung dalam penerapannya. Tutor harus memutuskan mengenai apa saja yang akan dipelajari dan siapa yang akan memerankan atau menampilkan materi pelajaran. 

Adapun kamu sebagai peserta didik memiliki peran utama sebagai pendengar dan pelaku. Dalam metode ini kamu akan mendengar dengan penuh perhatian dan melakukan respon fisik pada apa yang diberikan oleh tutor. 

  • Communication Language Learning

Terakhir ada juga metode yang bernama communication language learning. Metode yang satu ini dikenal juga dengan nama pembelajaran konseling. Adapun alasannya karena proses pembelajarannya menggunakan teori pembelajaran konseling untuk mengajar bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya. 

Adapun istilah konseling ini sendiri mengacu pada hubungan antara konselor dan klien. Dalam metode ini tutor memiliki peran sebagai konselor dan kamu yang merupakan murid berperan sebagai klien. 

Dari pembahasan tersebut tentu kamu sudah menemukan jawaban dari pertanyaan Apa saja metode pembelajaran bahasa Inggris?. Selain mengetahui metode tersebut belajar bahasa Inggris tentunya akan lebih cepat dan efektif jika didukung dengan tutor dan lembaga yang tepat. 

Untuk itulah Fun English Course hadir sebagai solusi terbaik untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris maupun meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Kami sudah terbukti berpengalaman dan pastinya terbaik. 

Oleh karena itu kamu tak perlu ragu lagi dan segera saja hubungi kami untuk melakukan pendaftaran atau bisa juga mengunjungi laman website resmi Fun English Course untuk informasi lebih lengkapnya. 

contact

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?