Apakah Masuk SMK Harus Bisa Bahasa Inggris?

26 Januari 2023 / laskarseo

Mungkin beberapa di antara kalian yang tertarik untuk melanjutkan sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK pernah bertanya-tanya, apakah masuk SMK harus bisa bahasa Inggris?

Memang, mata pelajaran bahasa asing seperti bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah nyatanya tidak banyak digemari oleh siswa. Tidak sedikit siswa yang menganggap bahasa Inggris susah dipelajari dan dipahami, padahal bahasa asing yang satu ini sangat penting dan berguna apalagi untuk kamu calon siswa SMK!

Apakah Masuk SMK Harus Bisa Bahasa Inggris? Apa Untungnya?

Untuk masuk SMK, memang kamu tidak diwajibkan untuk bisa atau mahir berbahasa Inggris. Namun, jangan sampai kamu sama sekali tidak tahu bahasa Inggris, apalagi dari dasar-dasarnya. Bahasa Inggris ini sangat penting, loh, apalagi untuk siswa SMK yang akan langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus.

Dengan perkembangan zaman yang sangat pesat, kini setiap negara dapat terhubung dengan negara-negara lain. Salah satu cara yang digunakan agar dapat terhubung antar negara adalah berkomunikasi dengan bahasa Internasional, yakni bahasa Inggris.

Apakah masuk SMK harus bisa bahasa Inggris

Perkembangan dunia kerja pun tidak kalah pesat. Saat ini, banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja yang mahir berbahasa Inggris. Mengapa begitu? Alasannya tentu agar mereka dapat mengembangkan bisnis dan koneksi mereka lebih luas, tidak hanya di dalam negeri saja, namun juga di luar negeri.

Karena itu, kemampuan tenaga kerja dalam penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris, sangat diutamakan. Siswa-siswi SMK yang dididik agar dapat terjun langsung ke dunia kerja sudah pasti akan mendapatkan pembelajaraan bahasa Inggris yang memiliki banyak keuntungan, seperti berikut ini.

  • Mampu Bersaing

Persaingan dalam dunia kerja dikenal ketat dan kompetitif. Setiap tenaga kerja dituntut untuk selalu dapat meningkatkan kemampuan dan memiliki kinerja yang baik. Salah satu kemampuan yang dilirik adalah penguasaan bahasa Inggris.

Tidak hanya dalam negeri, kalau kamu memiliki penguasaan bahasa Inggris yang bagus, kamu bisa bersaing dengan tenaga kerja luar negeri. Apalagi untuk kamu yang ingin mengembangkan karier pada lingkup yang lebih luas atau ingin bekerja di luar negeri.

Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu tidak akan kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berasal dari negara yang berbeda-beda. Kalau sudah menguasai bahasa Inggris, perekrut tenaga kerja akan langsung melihat skill dan potensi kamu.

  • Mampu Mengikuti Perkembangan

Selain mampu bersaing dengan tenaga kerja luar negeri, kamu juga bisa mendapatkan update terbaru dari segala perkembangan yang ada di dunia. Pasti kamu juga tahu, bahwa dunia ini selalu bergerak dan berkembang setiap detiknya.

Kalau menguasai bahasa Inggris, kamu bisa mendapatkan informasi dari sumber yang lebih luas. Bukan hanya antar kota, pulau, atau dalam satu negara saja, tapi kamu bisa mendapatkan segala informasi yang kamu butuhkan dari negara manapun yang kamu inginkan.

  • Meningkatkan Nilai Jual

Kalau kamu coba memperhatikan lowongan kerja yang bertebaran di media sosial, pasti kamu juga akan notice, kalau sebagian besar informasi lowongan tersebut ditulis dalam bahasa Inggris.

Tidak hanya penulisan informasi dalam bahasa Inggris, namun perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan tersebut juga membubuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik sebagai syarat melamar.

Karena itu, jika kamu sudah mengantongi kemampuan tersebut, artinya kamu sudah memenuhi satu syarat untuk melamar lowongan dan meningkatkan nilai jual kamu.

Meski sudah memiliki skill desain grafis, programming, atau bahkan digital marketing, kalau kemampuan bahasa Inggris kamu masih kurang, bisa-bisa kamu akan mendapatkan kesulitan nantinya selama bekerja.

Latih Bahasa Inggrismu di Fun English Course

Yuk, belajar dan berlatih menggunakan bahasa Inggris untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja bersama tempat kursus bahasa Inggris terfavorit, Fun English Course! Kami memiliki kurikulum dengan standar Internasional yang sudah kami siapkan hanya untuk kamu.

Kami juga menyediakan kelas bahasa Inggris untuk kebutuhan bisnis dan pekerjaan yang bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari bahasa Inggris yang digunakan di dunia kerja.

Nah, untuk kamu yang bertanya-tanya, apakah masuk SMK harus bisa bahasa Inggris? Sebelum lanjut ke SMK, yuk, persiapkan bahasa Inggris kamu melalui kelas-kelas yang kami sediakan untuk siswa-siswi SMP!

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kelas-kelas di Fun English Course, kunjungi kami di sini, ya!

contact

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?