Kepikiran Latihan Berbahasa Inggris dengan Metode Ini? Dijamin Seru!

4 Januari 2023 / laskarseo

Cara latihan berbahasa Inggris dapat dilakukan dengan menanamkan rutinitas sejak dini dalam kehidupan sehari-hari seperti bermain games, bernyanyi, hingga mendengarkan lagu berbahasa Inggris.

Tidak sedikit orang tua yang sudah mulai menyadari pentingnya anak-anak menguasai bahasa Inggris. 

Namun, tidak sedikit pula orang tua yang merasa bingung kapan waktu yang tepat untuk memulai mengajarkan bahasa Inggris kepada anaknya.

Keuntungan Latihan Berbahasa Inggris Sejak Dini

Anak yang latihan berbahasa Inggris sejak usianya yang relatif sangat muda tidak akan takut untuk membuat kesalahan, sehingga menjadikan mereka sebagai fast learner

Hal tersebut sangat penting, selain itu melatih kemampuan berbahasa asing sejak usia dini juga memiliki berbagai keuntungan tersendiri untuk anak, seperti:

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif anak.
  2. Mengasah kemampuan, dalam hal memecahkan masalah atau problem solving, berpikir kritis, dan menjadi pendengar yang baik.
  3. Peningkatan memori, konsentrasi, dan kemampuan untuk multitasking pada beberapa hal.
  4. Melatih dan mempertajam kreativitas.
  5. Membantu aspek akademis.

Kelima poin ini mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan anak saat usia dini. Sehingga sedari kecil, kemampuan anak akan semakin meningkat.

Tips Latihan Berbahasa Inggris

Latihan berbahasa Inggris tidak harus dilakukan dengan memasukkan anak ke dalam kursus bahasa Inggris. Kamu juga bisa melatih kemampuan bahasa Inggris pada anak, sekalipun kamu merasa tidak begitu menguasai bahasa Inggris.

Satu hal paling penting yang harus kamu lakukan adalah menunjukkan semangat kepada anak agar mereka merasa termotivasi dalam untuk latihan berbahasa Inggris. 

Perlu diingat bahwa anak-anak tentunya membutuhkan waktu untuk menyerap bahasa tersebut, apalagi untuk menerapkan dan mengucapkannya secara fasih.

Berikut tips yang dapat kamu lakukan dalam latihan berbahasa Inggris:

Bermain Games

Latihan bahasa asing seperti bahasa Inggris untuk anak kecil perlu dilakukan dengan semenyenangkan mungkin agar dapat diserap dengan baik, salah satunya adalah dengan membuatnya bermain sambil belajar.

Latihan Berbahasa Inggris

Banyak games yang dapat kamu coba terapkan, seperti menggunakan flashcard untuk menambah dan memperbaiki kosakata bahasa Inggris pada anak. 

Flashcard adalah setumpuk kartu yang bergambar atau bertuliskan informasi tertentu dalam bahasa Inggris, misalnya nama buah-buahan, sayur, warna, bentuk, dan sebagainya.

Nantinya, flashcard ini dapat kamu beli secara online maupun diunduh dari berbagai situs dan aplikasi secara gratis yang kemudian dicetak di kertas biasa.

Bernyanyi, Mendengarkan Lagu dan Menonton Film

Pada umumnya, anak-anak sangat menyukai bernyanyi dan mendengarkan lagu riang, sehingga metode ini dapat dijadikan sebagai metode latihan berbahasa Inggris.

Sangat banyak jenis lagu yang sekaligus bisa kamu gunakan untuk latihan berbahasa Inggris pada anak, seperti lagu Happy Birthday, ABC alphabet, Head Shoulder Knees and Toes Twinkle Twinkle Little Stars, dan lain-lain.

Pembelajaran Interaktif Dua Arah

Hasil dari latihan bahasa asing pada anak akan mulai terlihat ketika mereka mulai merespons kamu menggunakan bahasa Inggris.

Ketika anak melakukan hal tersebut, kamu harus memberinya respons atau feedback yang positif dan antusias, sehingga mereka juga kian terpacu untuk belajar dan berbicara dalam bahasa Inggris. 

Saat anak menunjuk buah apel dan berkata “apple”, kamu dapat meresponsnya dengan mengatakan “yes, this is apple. The color is red”.

Jika memungkinkan, sesekali tidak ada salahnya memberi hadiah atau reward kepada anak, misalnya ketika ia berhasil mempelajari beberapa kosakata baru.

Fokus Terhadap Beberapa Kata Tertentu Terlebih Dahulu

Pada awal masa pembelajaran, terdapat beberapa kosakata bahasa Inggris yang lebih mudah ditangkap oleh anak, seperti please, thank you, it is.., I like.., I don’t like.., atau what color is it?

Jangan lupa juga untuk menerapkan penggunaan kosakata bahasa Inggris yang sama di beberapa kesempatan, seperti please sit down dan sebagainya.

Membaca Buku

Cara lain untuk melatih kemampuan bahasa Inggris yang dapat dicoba adalah dengan membaca buku dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. 

Buku dengan dua bahasa ini sangat efektif dampaknya dikarenakan anak dapat mengerti apa yang sedang dibahas atau dibicarakan tokoh dalam cerita buku tersebut.

Contohnya, ketika karakter A berbicara dalam bahasa Indonesia, lalu karakter B membalasnya dengan bahasa Inggris. 

Sehingga nantinya, anak dapat mulai menerka dan memprosesnya ke dalam otak mereka tentang apa yang sedang terjadi oleh kedua karakter tersebut.

Meski demikian, orang tua tetap perlu membantu anak mengartikan bahasa Inggris yang muncul di buku tersebut. Nantinya diharapkan, mereka dapat mempelajari kosakata baru.

Komunikasi dengan Menggunakan Bahasa Inggris

Apabila kamu memiliki teman atau anggota keluarga yang pandai berbahasa Inggris, cobalah ajak anak untuk bertemu dan berbicara dengannya. 

Jelaskan kepada orang tersebut bahwa kamu ingin membantu anak untuk melatih kemampuan dalam Bahasa Inggrisnya.

Selanjutnya, dampingi anak untuk berinteraksi. Kamu sangat dianjurkan untuk membantu mengartikan apa yang diucapkan oleh orang tersebut kepada anak agar memahami dan membalas percakapan tersebut.

Cara melatih bahasa seperti ini dianggap tidak monoton karena anak akan memiliki pengalaman baru dalam berbicara aktif atau langsung menggunakan bahasa Inggris.

Menegur Sapa dengan Bahasa Inggris

Latihan berbahasa bahasa Inggris dasar untuk anak yang cukup ampuh adalah rutin menyapa anak dengan bahasa Inggris.

Meskipun hanya menggunakan kata-kata sederhana seperti “good morning”, “good night”, hingga “how are you?”

Hal ini mungkin terdengar sepele. Namun, apabila sering diucapkan kepada anak, mereka dapat mengingat dan mempraktekkannya dengan mudah karena sudah terbiasa.

Menerapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Supaya anak dapat menyerap bahasa Inggris dengan mudah, kamu bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Misalnya, saat merapikan pakaian, selipkan penggunaan bahasa Inggris seperti mengatakan pada anak “It’s Dad’s t-shirt”. 

Apabila anak belum mengerti, kamu bisa mengartikannya dalam bahasa Indonesia “Ini baju ayah”, dan meminta anak mengulangi dengan ucapan bahasa Inggrisnya.

Selain itu, kamu juga bisa melatih kosakata bahasa Inggris anak saat kegiatan tertentu. Contohnya, ketika anak membereskan tempat tidur, katakan padanya “Put your teddy bear on the bed”. 

Melalui pelatihan tersebut, bukan hanya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak, hal tersebut juga bisa membantu melatih keterampilannya dalam menghadapi instruksi.

Tanamkan Rutinitas

Sebuah rutinitas dapat terbentuk ketika kamu melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang kemudian anak dapat merasa nyaman dengan hal tersebut.

Ketika latihan bahasa asing, kamu dapat membuat jadwal anak mendengar bahasa Inggris setiap hari, misalnya dengan menyanyikan lagu berbahasa Inggris sepulang sekolah atau membaca buku sebelum istirahat.

Pada fase awal, kamu hanya perlu menyediakan waktu yang singkat seperti 15 menit setiap sesi yang kemudian dapat meningkat seiring bertambahnya kemampuan dan usia anak. 

Rutinitas tersebut merupakan sebuah bentuk dari pengulangan yang merupakan kunci utama anak dalam melatih kemampuan berbahasa asing.

Setiap anak memiliki kemampuan berbahasa sendiri. Bersabar dalam mengajarkan bahasa Inggris pada anak adalah salah satu kunci bagi para orang tua.

Selain itu, jangan membandingkan dengan orang lain, atau menjelekkan kemampuannya dengan anak-anak yang lain karena bisa membuat mereka enggan untuk belajar bahkan trauma.

Ketika memulai latihan bahasa asing, tentu jangan sampai menyulitkan anak. Pada tahap awal pembelajaran, pilihlah topik yang mudah, sederhana dan topik yang mereka minati serta biarkan mereka memilihnya.

Beberapa topik yang bisa kamu ajarkan pada masa awal pembelajaran seperti warna, angka, anggota tubuh, pakaian, kendaraan, makanan, hewan, dan lain sebagainya.

Salah satu tempat untuk latihan berbahasa Inggris terbaik yang bisa kamu pilih adalah Fun English Course. Kunjungi laman kami atau via WhatsApp +6281288882780 untuk informasi selanjutnya.

Book Now

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?