Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Anak?

5 Januari 2023 / laskarseo

Belajar Bahasa Inggris saat ini merupakan salah satu hal penting yang sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, Bahasa Inggris merupakan Bahasa internasional sehingga banyak orang tua yang merasa perlu mengajarkannya pada anaknya. Lalu bagaimana cara belajar Bahasa Inggris untuk anak? Simak penjelasan berikut.

Menurut hasil penelitian, belajar Bahasa Inggris mampu meningkatkan kemampuan anak untuk mendengar dan memecahkan masalah. Bahasa kedua juga diyakini dapat membuat anak berpikir kritis, serta meningkatkan memori dan konsentrasi pada anak-anak.

Tak heran jika kemudian banyak orang tua yang beranggapan bahwa Bahasa Inggris sangat penting untuk diajarkan pada anak mereka. Memiliki anak yang cakap berbahasa merupakan harapan hampir setiap orang tua. Jika kamu termasuk salah satunya, maka penjelasan berikut sangat berguna untuk menjawab bagaimana cara Belajar Bahasa Inggris untuk anak.

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Anak? Inilah Jawabannya

  • Mulai Sejak Dini

Menurut penelitian, anak yang berusia dini lebih cepat menyerap Bahasa dibanding orang dewasa. Anak yang berumur 2 hingga 3 tahun dapat mengembangkan kosa kata mereka dengan cepat. Maka, sebaiknya kamu mulai mengajarkan Bahasa Inggris sedini mungkin.

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Menurut hasil penelitian, kemampuan mendengarkan aksen yang berbeda paling tajam dapat diserap anak sejak berusia 3 tahun. Kamu bisa memulainya dengan mengajak anak mendengarkan musik dalam Bahasa Inggris atau mengajak berbicara dalam Bahasa Inggris.

  • Ciptakan Lingkungan Belajar

Salah satu kunci sukses dalam belajar Bahasa Inggris adalah dengan menciptakan suasana belajar yang mendukung. Buatlah lingkungan yang menyenangkan bagi anak untuk belajar. Buatlah jadwal dengan memperhatikan kemauan anak tanpa pemaksaan.

Anak akan belajar Bahasa Inggris dengan cara menirukan, maka usahakan untuk sesering mungkin menggunakan Bahasa Inggris dalam keseharian. Semakin rutin anak diajak berinteraksi dalam Bahasa Inggris, maka akan semakin mahir kemampuannya.

  • Biasakan Berdialog dalam Bahasa Inggris

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagaimana cara belajar Bahasa Inggris untuk anak, jawabannya adalah dengan pembiasaan. Salah satu upayanya adalah dengan membiasakan berdialog dengan anak dalam Bahasa Inggris.

Kamu bisa memulainya dengan mengenalkan beberapa kosa kata baru dalam Bahasa Inggris kemudian diulang-ulang dalam setiap percakapan. Maka, anak akan terlatih mendengarkan pengejaan, dan seiring waktu akan mengikutinya.

  • Setel Video Berbahasa Inggris

Umumnya anak kecil usia 2 atau 3 tahun sangat tertarik melihat video, maka kamu bisa mengajarkan Bahasa Inggris melalui video. Luangkan sedikit waktu untuk screen time dalam rangka belajar Bahasa Inggris. 

Namun, karena melihat video bisa membuat kecanduan, ada baiknya kamu membuat jadwal agar tidak berlebihan. Sebab melihat video terlalu sering juga tidak baik bagi perkembangan berbicara bagi anak.

  • Daftarkan Anak Les Bahasa Inggris

Jika beberapa tips di atas bisa dilakukan di rumah, jika dirasa belum efektif maka daftarkan anak kamu ke tempat kursus Bahasa Inggris. Mendaftarkan les Bahasa Inggris tentu memerlukan budget tersendiri, maka pastikan untuk mencari referensi terlebih dahulu.

Carilah les Bahasa Inggris yang berkualitas namun tetap terjangkau di kantong. Ada banyak tempat kursus berbayar yang bisa kamu pilih. Pastikan memilih tempat les dengan kurikulum berstandar internasional dan mengajarkan Bahasa Inggris secara menarik bagi anak-anak.

Itulah jawaban dari pertanyaan bagaimana cara belajar Bahasa Inggris untuk anak yang bisa kamu terapkan di rumah. Jika pembelajaran yang kamu berikan masih belum optimal, maka tak ada salahnya untuk mendaftarkan anak ke tempat les Bahasa Inggris. 

Salah satu tempat les Bahasa Inggris yang bisa kamu coba adalah Fun English Course. Kami menyediakan tempat les Bahasa Inggris yang ramah untuk anak dengan metode belajar yang menyenangkan dan menggunakan kurikulum berstandar internasional. Bingung dengan pertanyaan bagaimana cara belajar Bahasa Inggris untuk anak? Fun English Course solusinya.

Book Now

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?