Cara Bekerja di Perusahaan Multinasional

3 Januari 2023 / laskarseo

Bekerja di perusahaan multinasional adalah impian bagi sebagian orang, terutama para fresh graduate. Hal ini karena perusahaan multinasional memberikan kesempatan karir yang bagus untuk para pekerjanya. Namun, kamu pun harus tahu bagaimana cara bekerja di perusahaan multinasional agar karirmu semakin meningkat.

Pada pembahasan kali ini, kami akan memaparkan beberapa hal yang bisa kamu lakukan apabila ingin bekerja di perusahaan multinasional. Penasaran seperti apa saja cara caranya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Perusahaan Multinasional dan Bagaimana Cara Bekerja di Perusahaan Multinasional ?

Sebelum membahas mengenai cara bekerja di perusahaan multinasional, pertama kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu perusahaan multinasional. 

Perusahaan multinasional atau biasa disebut Multinational Corporation adalah perusahaan yang mempunyai cabang perusahaan, atau market di negara lainnya.

Perusahaan ini memiliki peran untuk penanaman modal asing di negara cabang, selain itu banyak kegiatan transaksi yang dilakukan secara internasional, dan juga kegiatan ekspor impor.

Di Indonesia, ada banyak perusahaan multinasional. Contoh perusahaan multinasionalnya ialah BMW, Honda, Samsung, Shopee, KFC, Google, dan lain sebagainya.

Cara Bekerja di Perusahaan Multinasional

Apabila kamu seorang fresh graduate dari kampus di Indonesia dan ingin bekerja di perusahaan. Maka, kamu bisa memilih beberapa perusahaan multinasional yang ada di Indonesia sebagai target tempatmu bekerja. Namun, kamu harus mengetahui bagaimana cara bekerja di perusahaan multinasional.

Cara Bekerja di Perusahaan Multinasional

Ada banyak hal yang perlu kamu miliki sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan multinasional. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Mempunyai Hard Skills

Hard skills adalah suatu hal yang wajib kamu miliki apabila ingin bekerja di suatu perusahaan. Perusahaan manapun tentu akan membutuhkan karyawan yang mempunyai hard skills yang bagus. Hard skills dapat kamu pelajari dan kembangkan ketika masih duduk di bangku kuliah, atau saat bekerja di perusahaan multinasional.

Beberapa contoh hard skills adalah;

  • Business analyst.
  • Data analyst.
  • Programming.
  • Digital marketing, dsb.

Hard skills merupakan suatu kemampuan yang dapat dipelajari dan dikembangkan oleh siapa saja yang memiliki minat terhadap suatu bidang. Contoh, apabila kamu memiliki minat dalam bidang Information Technology, maka kamu bisa mempelajari apapun yang berhubungan dengan IT.

Hard skills yang bagus akan mengantarkanmu pada pekerjaan yang kamu impikan. Bahkan, jika kamu memiliki kemampuan yang sudah expert, maka kamu bisa mendapat kesempatan gaji yang lebih besar ketika bekerja di perusahaan multinasional.

Kemampuan hard skills sebenarnya bisa dipelajari jauh sebelum kamu akan bergabung di perusahaan multinasional. Karena, mengembangkan hard skills pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar kamu bisa expert di dalam suatu bidang.

Mempunyai Soft Skills

Berikutnya ialah mempunyai soft skills. Ya, soft skills tidak kalah penting dibanding hard skills. Soft skills adalah suatu kemampuan dalam berkomunikasi dan termasuk ke dalam sifat bawaan. Baik itu secara sosial, emosional, kecerdasan, sikap, atau etika.

Pada umumnya, perusahaan multinasional menilai calon karyawan dari segi soft skills terlebih dahulu. Contoh soft skills adalah kemampuan berbahasa Inggris, kemampuan adaptasi, ketekunan bekerja, kemampuan berkomunikasi yang baik, dan lain sebagainya.

Tak heran, jika suatu lowongan pekerjaan akan mencantumkan beberapa soft skills yang harus dimiliki pelamar sebagai syarat untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Tingkat persaingan di perusahaan multinasional sangat tinggi, termasuk dalam hal berbahasa Inggris. Maka, kamu harus meningkatkan kemampuan soft skills agar bisa bersaing dengan orang lain.

Memiliki Lisensi dan Pengalaman

Cara selanjutnya agar kamu bisa bekerja di perusahaan multinasional adalah memiliki lisensi dan pengalaman. Lisensi atau sertifikasi tentu akan sangat berguna ketika kamu melamar pekerjaan di suatu perusahaan, khususnya perusahaan multinasional. 

Sebab, jika memiliki lisensi, maka kemampuanmu sudah mendapat pengakuan dari lembaga lisensi terkait. Lisensi ini dapat berupa sertifikat hard skills yang kamu pelajari. 

Tidak hanya lisensi, pengalaman bekerja juga tentu akan sangat berguna ketika bergabung di perusahaan multinasional. Ketika kamu memiliki banyak pengalaman bekerja sebelumnya, maka kamu dapat dengan mudah beradaptasi dengan pekerjaanmu di perusahaan multinasional.

Namun, jika kamu belum memiliki pengalaman, kamu bisa mencarinya dengan cara mengikuti internshippart time, atau tetap dengan menggunakan sertifikat lisensi yang kamu miliki.

Menguasai Bahasa Inggris Bisnis

Menguasai bahasa Inggris bisnis merupakan salah satu tips jitu agar kamu bisa bekerja di perusahaan multinasional. Perusahaan multinasional tentu akan membutuhkan karyawan yang mampu berbahasa Inggris dengan baik. Berbeda dengan bahasa Inggris umum, bahasa Inggris bisnis lebih memfokuskan pada komunikasi secara profesional mengenai urusan bisnis.

Apabila kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris bisnis, kamu akan lebih mudah berkomunikasi dengan atasan yang merupakan orang asing. Atau, kamu juga bisa dengan mudah berkomunikasi saat harus perjalanan ke luar negeri untuk urusan pekerjaan.

Belajar Bahasa Inggris Bisnis di Fun English Course

Setelah kamu mengetahui cara agar bisa bekerja di perusahaan multinasional di atas. Kini kamu sudah mengetahui bahwa kemampuan bahasa Inggris menjadi suatu hal yang wajib kamu miliki apabila ingin bergabung di perusahaan multinasional.

Maka dari itu, kamu harus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu agar bisa bersaing dengan orang lain dan bergabung di perusahaan multinasional. Di tempat kami, kamu bisa belajar bahasa Inggris bisnis dengan asyik dan menyenangkan.

Program English for Business merupakan suatu program yang dirancang untuk karyawan yang bekerja atau akan bekerja di perusahaan multinasional. Tujuan dari program ini ialah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa dalam hal berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis.

Program yang satu ini dibuat untuk memperkuat tiga komponen dalam berbahasa Inggris. Pertama, kosa kata, lalu tata bahasa, dan terakhir pengucapan. Dengan begitu, kemampuan siswa berbicara bahasa Inggris dalam kehidupan sehari hari khususnya dalam pekerjaan akan semakin meningkat.

Metode pembelajaran dari kami pada program ini dirancang sesuai dengan praktek terbaik di bidang pengajaran bahasa Inggris untuk keperluan bisnis. Selain itu juga sudah dibuat dengan kurikulum yang dirancang sedemikian rupa berdasarkan standar internasional.

Dari uraian diatas, kini kamu sudah mengetahui apa saja yang menjadi cara bekerja di perusahaan multinasional. Salah satunya adalah kemampuan berbahasa Inggris. 

Jadi, kamu perlu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu, khususnya bahasa Inggris bisnis agar tetap dapat berkomunikasi dengan mudah di perusahaan tempatmu bekerja.

Untuk itu, kamu tidak perlu ragu lagi dengan kursus bahasa Inggris di Fun English Course. Sebab, kami memiliki tenaga pengajar profesional dan berkualitas, lalu kamu juga bisa menentukan jadwal belajar yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Belajar bahasa Inggris di Fun English Course sangat menyenangkan, sebab memiliki kurikulum yang sudah berstandar internasional namun tetap dengan metode pengajaran yang menarik dan tidak membosankan. Jadi, kamu bisa tetap aktif belajar bahasa Inggris tanpa takut salah.

Book Now

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?