Skill yang Dimiliki Saat Bekerja Freelancer dari Internet

2 Januari 2023 / laskarseo

Saat ini bekerja bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Terlebih setelah masa pandemi muncul istilah WFA atau work from anywhere (kerja dari mana saja). Setiap pekerja bisa menentukan tempat dan waktu bekerja sendiri. Salah satu jenis pekerjaan yang bisa WFA adalah bekerja freelancer dari internet.

Bekerja freelancer dari internet menjadi salah satu jenis pekerjaan yang mulai dikenal luas pada masa pandemi. Pada saat pandemi sedang melanda dunia, perusahaan terpaksa meliburkan bahkan merumahkan para pegawainya. Oleh karena itu, beberapa orang mulai bekerja sebagai freelancer.

Bekerja Freelancer dari Internet, Apa Itu?

Sebelum membahas peluang bekerja sebagai freelancer dari internet, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan freelancer? Dalam Bahasa Indonesia, freelancer diartikan sebagai pekerja lepas yang bekerja untuk klien tanpa terikat status sebagai karyawan tetap.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa freelancer adalah seseorang bekerja dengan mengerjakan tugas dari klien dengan beberapa poin kesepakatan seperti gaji, deadline dan sistem kerja. Kesepakatan tersebut harus disetujui kedua belah pihak agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Jika sudah disetujui, maka freelancer bisa mengerjakan project sampai selesai dan mendapatkan gaji yang sesuai, serta klien bisa mendapatkan project yang sudah dikerjakan sampai tuntas oleh freelancer.

Bekerja Freelancer dari Internet

Lantas apa perbedaan freelancer dengan karyawan kontrak? Pertanyaan ini sering muncul karena memang keduanya memiliki kemiripan dalam beberapa poin.

Namun perbedaannya adalah freelancer merupakan pekerja lepas yang tidak terikat oleh peraturan-peraturan yang ditetapkan untuk karyawan perusahaan. Sementara karyawan kontrak adalah karyawan yang direkrut oleh perusahaan dengan status tidak tetap atau dalam kurun waktu tertentu.

Nah, bagi kamu yang ingin bekerja secara mandiri serta bisa menentukan kapan dan dimana akan bekerja tanpa terikat oleh aturan perusahaan, maka bisa memilih menjadi seorang pekerja lepas atau freelancer.

Kelebihan yang bisa kamu dapatkan adalah kebebasan dalam memilih klien dan mengambil project, bebas menentukan harga sampai bisa menambah nilai plus di portofolio. Kamu cukup mencari klien atau project lewat internet, mengerjakannya sampai selesai dan mendapatkan gaji yang sudah disepakati.

Bisakah seseorang bekerja freelancer dari internet? Jawabannya adalah sangat bisa. Peluang mencari klien atau project untuk freelancer di internet sangat terbuka dan mudah. Selain memanfaatkan relasi, telah tersedia juga situs-situs perantara klien dengan freelancer.

Skill yang Harus Dimiliki Freelancer

Sebagai seorang freelancer yang bekerja dari internet, kamu setidaknya harus memiliki skillskill yang akan menunjang kinerja sesuai jenis pekerjaan. Berikut adalah beberapa skill yang harus dimiliki agar bisa bekerja freelancer dari internet.

1. Marketing

Kamu yang ingin menjadi seorang freelancer harus memiliki skill marketing agar calon klien tertarik untuk mempercayakan project mereka. Skill marketing ini akan membuat kamu semakin percaya diri ketika berhadapan dengan calon klien.

2. Networking

Karena pekerjaan sebagai freelancer sebagian besar berasal dari internet, maka kamu sebaiknya memperluas networking agar mudah mendapatkan project. Skill networking ini bisa didapatkan dari menjalin hubungan baik dengan klien. Jika koneksi semakin luas, maka akan banyak klien yang merekomendasikanmu dengan relasinya.

3. Komunikasi

Dalam bisnis, komunikasi menjadi salah satu kunci kesuksesan. Begitu pula bagi freelancer yang harus berhadapan dengan klien ketika mengerjakan sebuah project. Skill komunikasi ini akan sangat membantu kamu dalam berhubungan dengan klien.

4. Time Management

Sebagai seorang pekerja lepas yang tidak memiliki waktu bekerja yang pasti, maka kamu harus memiliki skill mengatur waktu atau time management yang baik. Kemampuan time management ini bisa berpengaruh terhadap kinerja dan hasil pekerjaanmu sebagai freelancer.

5. Bahasa Asing

Menguasai bahasa asing menjadi salah satu skill yang wajib kamu kuasai. Setidaknya kamu mengenal dan pernah belajar bahasa-bahasa internasional. Dengan mengenal dan menguasai bahasa asing, maka value kamu sebagai freelancer akan dipandang bagus di mata calon klien.  

Jenis Profesi yang Bisa Bekerja Freelancer Dari Internet 

Nah, jika kamu sudah tahu skill yang harus dimiliki sebagai seorang freelancer, berikutnya kami akan menjelaskan jenis pekerjaan apa saja yang membutuhkan jasa seorang freelancer.

1. Penulis dan Penerjemah

Jasa penulis dan penerjemah termasuk salah satu jenis pekerjaan dengan jumlah freelancer terbanyak. Pasalnya kebutuhan terhadap jasa penulis dan penerjemah terus meningkat untuk berbagai bidang pekerjaan.

Kamu bisa menjadi penulis freelancer yang mengerjakan project berupa artikel. Sistem pembayaran bisa diputuskan melalui honor per project atau per hari. jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing yang bagus, maka bisa menjadi penerjemah freelancer yang membantu menerjemahkan buku atau artikel.

2. Desain Grafis dan Ilustrator

Jenis pekerjaan yang juga membutuhkan jasa freelancer berikutnya adalah desain grafis dan ilustrator. Saat ini banyak perusahaan yang mencari seorang freelancer desain grafis ataupun ilustrator untuk mengerjakan projectproject jangka pendek.

Bagi kamu yang memiliki hobi menggambar dan desain, maka bisa menjadi freelancer di bidang desain grafis dan ilustrator. Meskipun project yang dikerjakan dalam kurun waktu sebentar, namun honor yang didapatkan bisa menambah uang jajan kamu.

3. IT dan Development

Seperti yang kita ketahui, saat ini semua aspek kehidupan mulai dihubungkan dengan gadget atau teknologi. Oleh karena itu kebutuhan terhadap jasa atau ahli IT dan development terus meningkat. Namun sayangnya, untuk saat ini belum banyak tenaga ahli di bidang IT dan development yang tersedia di Indonesia.

Oleh karena itu bagi kamu yang memiliki keahlian atau ingin berkarir di bidang IT dan development, maka bisa mulai mencoba menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas. Seseorang yang ahli di bidang IT dan development akan bekerja memantau dan mengatasi permasalahan teknis.

4. Finance dan Accounting

Jasa finance dan accounting juga termasuk jenis pekerjaan yang selalu dibutuhkan oleh perusahaan. Karena mengelola keuangan perusahaan tidaklah mudah. Seperti membuat pembukuan keuangan, melakukan transaksi pembayaran, sampai mengurusi keuangan dengan pihak internal dan eksternal.

Oleh karena itu kamu yang sudah berpengalaman di bidang finance dan accounting bisa mencoba menjadi freelancer. Kamu bisa mengerjakan laporan keuangan tanpa harus hadir di kantor. Pengalaman menjadi freelancer finance dan accounting ini bisa menjadi nilai plus untuk meningkatkan value di CV.

5. Admin Media Sosial

Di zaman yang semuanya serba digital, sebagian besar pengusaha atau individu telah mengenal dan memiliki media sosial. Sehingga dibutuhkan admin media sosial yang memantau dan mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan media sosial. Mulai dari konten sampai berhubungan dengan customer.  

Kamu bisa mencoba menjadi freelancer admin media sosial jika merasa tertarik dengan dunia media sosial. Pastikan kamu memahami media sosial yang digunakan dan memiliki skill marketing untuk menunjang kinerja selama menjadi freelancer.  

6. Fotografer dan Videografer

Jasa freelancer yang terakhir adalah menjadi fotografer dan videografer. Saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa fotografer maupun videografer. Baik untuk kebutuhan bisnis maupun pribadi.

Bagi kamu yang memiliki hobi dan memahami seluk beluk kamera, tidak ada salahnya mencoba menjadi freelancer fotografer atau videografer untuk mencari pengalaman sekaligus mendapatkan uang jajan tambahan.

Mau Belajar Bahasa Inggris? Yuk Gabung Kursus di Fun English Course

Menjadi seorang freelancer tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun bagi kamu yang merasa lebih cocok bekerja dengan bebas dan tanpa terikat dengan aturan perusahaan, maka tidak ada salahnya mencoba menjadi seorang freelancer.

Sebelum menjadi freelancer, pastikan kamu telah menguasai skillskill yang harus dimiliki sebagai seorang freelancer. Salah satunya adalah skill menguasai bahasa asing seperti Bahasa Inggris atau bahasa internasional lainnya.

Jika kamu ingin belajar Bahasa Inggris dengan santai dan seru, maka bisa bergabung dengan kami di Fun English Course. Kami siap mendampingimu belajar sampai menguasai Bahasa Inggris agar siap bekerja freelancer dari internet.

Book Now

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?