6 Langkah Perencanaan Karir untuk Sukses di Masa Depan

26 Desember 2022 / laskarseo

Bisa sukses berkarir adalah impian setiap orang. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan pengetahuan dan langkah perencanaan karir yang bisa membantumu mewujudkan impian. Artikel ini mungkin bisa membantu kamu, khususnya bagi para kawula muda yang masih baru merintis karir.

Apa sajakah pengetahuan mengenai langkah untuk merencanakan karir yang tepat agar kamu bisa sukses berkarir dan meraih impian? Ayo simak informasi dari kami di bawah ini!

6 Langkah Perencanaan Karir untuk Sukses di Masa Depan

Langkah-langkah berikut ini bisa membantu kamu dalam mensukseskan mimpi atau keinginan di masa depan. Catat dan praktikan ya setelah kamu selesai membacanya.

1. Menilai Kemampuan Diri

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin membuat langkah perencanaan karir adalah dengan menilai kemampuan dirimu sendiri. Kamu harus mengetahui kelemahan dan kelebihan diri sendiri. Selain itu, kamu harus bisa mengetahui apa-apa saja hal yang kamu sukai dan yang tidak kamu sukai.

Kamu harus tahu bakat dan passion apakah yang kamu miliki. Pekerjaan apa yang ingin kamu pilih, maupun yang tidak akan kamu pilih sama sekali. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa memahami diri dengan mengenali kesempatan dan peluang yang ada dalam diri kamu. 

Selain itu, kamu juga harus memikirkan konsekuensi dan kendala-kendala yang akan hadir dari pilihan karir kamu. Dengan melakukan hal ini, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk membuat perencanaan karir.

2. Membuat Visi dan Misi

Setelah mengenali diri serta potensi yang dimiliki, kamu bisa membuat visi dan misi berdasarkan potensi peluang, kesempatan, kendala, serta konsekuensi yang telah kamu kenali tersebut. Dalam membuat visi, kamu harus memandang jauh ke masa depan. 

Langkah Perencanaan Karir

Misalnya, membuat visi mengenai karirmu selama 5 tahun hingga 10 tahun ke depan. Bagaimana cara membuat visi tersebut? Kamu bisa membayangkan ingin menjadi orang seperti apa dan berkarir seperti apa di masa mendatang. Visi yang dibuat harus spesifik dan yang memang kamu inginkan terjadi di masa depan.

3. Menentukan Passion dan Tujuan Karir

Langkah untuk perencanaan karir yang ketiga adalah menemukan passion dan tujuan karir yang kamu inginkan. Kamu bisa menentukan passion dan bidang karir yang ingin digeluti setelah kamu menentukan kemampuan diri. Setelah menentukan passion, kamu juga perlu menentukan tujuan karir.

Tujuan karir lebih baik jika berhubungan dengan passion yang kamu miliki. Karena kamu bisa lebih bersemangat dan produktif jika bekerja sesuai dengan passion yang dimiliki. Misalnya, jika kamu menyukai seni, bersemangat, terampil dalam hal tersebut, maka bisa dan simpulkan jika seni adalah passionmu.

Nah, setelah kamu mengetahui passionmu yaitu seni, kamu bisa memilih tujuan karir yang berhubungan dengan seni. Misalnya menjadi pelukis, kurator, artist webtoon dan karir di bidang seni lainnya.

4. Membaca Tren dan Peluang Karir di Masa Depan

Jika kamu ingin membuat langkah perencanaan karir, namun belum mengetahui passion dan tujuan karir apa yang cocok, maka kamu bisa membaca tren dan peluang karir di masa depan. Hal ini sangat berguna untuk menghindari bahwa profesi yang kamu pilih adalah profesi yang mudah mati atau mudah tergantikan.

Misalnya, seiring dengan berkembangnya teknologi kamu bisa memilih karir yang berhubungan dengan teknologi. Hindari memilih karir yang kemungkinan akan redup jika teknologi semakin tinggi.

Selain itu kamu juga bisa memilih karir yang sulit tergantikan. Misalnya adalah menjadi petugas kesehatan yang sulit digantikan dengan teknologi, sehingga akan tetap diperlukan hingga di masa depan.

5. Meningkatkan Keterampilan

Kamu telah mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, minat dan passion apa yang kamu miliki, serta tujuan karir seperti apa yang ingin kamu jalani. Maka, yang terakhir dari langkah perencanaan karir adalah meningkatkan keterampilan yang dimiliki.

Keterampilan biasanya sejalan dengan minat. Kamu bisa membuat list mengenai keterampilan apa yang  disukai dan yang ingin kamu tingkatkan. Keterampilan tidak perlu banyak, kamu cukup ahli di suatu bidang khusus yang ingin kamu jalani.

Selain bidang khusus tersebut, kamu juga perlu meningkatkan keterampilan di bidang umum. Misalnya melatih kemampuan untuk menjadi pemimpin (leadership) hingga keterampilan berbahasa asing.

6. Lancar Berbahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang sangat kamu butuhkan untuk meningkatkan keterampilan. Karena bahasa Inggris sangat diperlukan untuk membangun karir. Oleh sebab itu, poin ini tidak bisa dilewatkan jika kamu ingin membuat langkah perencanaan karir.

Bisa lancar berbahasa Inggris akan memudahkan kamu untuk mencapai karir yang diinginkan. Jika kamu fresh graduate, bahasa Inggris akan memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Karena banyak perusahaan yang memerlukan bahasa Inggris sebagai salah satu syarat penerimaan karyawan.

Selain itu, bahasa Inggris juga dapat menambah relasi, baik di luar maupun dalam negeri. Tentunya karena bahasa Inggris merupakan bahasa universal dunia. Banyak juga bahan bacaan berbahasa Inggris yang sangat penting untuk menunjang keterampilan dan karir kamu.

Ada banyak lagi alasan mengapa kamu harus lancar berbahasa Inggris jika ingin menempati posisi atas dalam karirmu. Oleh sebab itu, kamu memerlukan partner dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggrismu. Fun English Course adalah partner setia yang bisa kamu andalkan.

Mengapa harus memilih Fun English Course sebagai teman belajar bahasa Inggrismu? Simak beberapa alasannya!

FEC, Teman Belajar Bahasa Inggris untuk Membangun Langkah Perencanaan Karir

Di Fun English Course, kamu bisa menyempurnakan langkah perencanaan karir. Mengapa? Karena jika kamu belajar bahasa Inggris di Fun English Course, kamu bisa mendapatkan pelajaran bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Sehingga kamu bisa mencapai tujuan pembelajaran dan tujuan karirmu.

Visi dan misi kami adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang profesional dibidangnya dengan menyelenggarakan program Bahasa Inggris yang berkualitas. Tentunya hal ini  berguna agar para generasi muda Indonesia mampu bersaing menghadapi tantangan global.

Kursus kami menawarkan untuk menjadi teman belajar bahasa Inggris yang berkualitas tinggi dengan harga sangat terjangkau. Kami menawarkan program belajar bahasa Inggris yang sesuai dengan best practice method dalam proses pengajaran bahasa Inggris. 

Tidak perlu khawatir dengan kurikulum, karena kami merancang kurikulum yang mengacu pada standar internasional. Kami memberikan metode pembelajaran yang terbaik agar peserta didik lebih kompeten dalam Bahasa Inggris untuk dapat bersaing di dunia Internasional.

Seperti namanya, kegiatan belajar mengajar di English Fun Course didasari dengan suasana yang menyenangkan dan interaktif.  Sehingga belajar bahasa Inggris menjadi tidak mudah bosan dan lebih mudah dipahami oleh para peserta didik.

Kami juga menyediakan tenaga profesional yang telah berpengalaman di bidangnya. Mulai dari pengajar bahasa Inggris dari Indonesia, hingga pengajar dari luar negeri. Kami memiliki tingkatan kelas yang lengkap sehingga kamu bisa memilih sendiri kelas dan tingkat kesulitan bahasa Inggris yang diinginkan. 

Oleh sebab itu, kamu tidak perlu ragu untuk menjadikan Fun English Course sebagai partner belajar bahasa Inggris untuk menyempurnakan langkah perencanaan karir yang akan kamu bangun. Ayo mulai karirmu dengan bahasa Inggris yang baik!

Book Now

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?