Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa Nanti?

12 Februari 2022 / Team Fun English Course

Bagi banyak siswa, gelar sarjana dalam manajemen bisnis seringkali membingungkan. Pasalnya, sebagian besar masih belum memahami kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa nanti. 

Gelar manajemen sebenarnya memberimu gambaran umum tentang semua bidang bisnis yang berbeda termasuk akuntansi, pemasaran, sumber daya manusia, dan banyak lagi. 

Oleh karena itu, program manajemen bisnis berfokus pada pemahaman dan pengalaman di bidang bisnis secara menyeluruh. Tentu saja, ini jadi penting bagi karier kamu di masa depan.

Lalu, sebenarnya jenis karier apa yang dapat kamu kejar dengan gelar sarjana dalam manajemen bisnis? Pelajari semuanya dalam ulasan lengkap dari Fun English Course ini! 

Apa itu Jurusan Manajemen?

Apa itu Manajemen

Manajemen adalah istilah yang mengacu pada disiplin ilmu dalam mengelola bisnis. Meskipun sulit untuk memberikan definisi manajemen bisnis yang tepat, umumnya jurusan manajemen mendidik kamu untuk memahami koordinasi dan organisasi bisnis. 

Tidak jarang seorang manajer bisnis memiliki beberapa bawahan langsung yang mengelola area bisnis tertentu.

Seseorang yang bekerja di manajemen dapat mengawasi kegiatan mulai dari perencanaan strategis dan keuangan hingga produksi, manajemen sumber daya, dan pemasaran. 

Mereka juga dapat bekerja di bidang bisnis yang lebih spesifik. Misalnya, seorang lulusan jurusan ekonomi manajemen masih mungkin bekerja di bidang manufaktur sementara yang lainnya bekerja di bagian keuangan. 

Jadi, jika ada yang bertanya lulusan S1 manajemen bisa kerja apa, maka kamu dapat menjawab bahwa mereka bisa mendapatkan pekerjaan di segala bidang. 

Terlebih lagi, manajemen adalah jalur program serbaguna yang dapat mempersiapkan kamu untuk berbagai industri. 

Setiap industri pasti berharap bisnisnya lancar. Oleh karena itulah, para pemilik bisnis selalu mencari lulusan jurusan ekonomi manajemen demi efektivitas kinerja. 

Terlepas dari spesifikasinya, semua yang kamu lakukan dalam manajemen bisnis memiliki tujuan untuk membantu kesuksesan bisnis. 

Perlu kamu catat juga bahwa syarat masuk jurusan manajemen itu tidaklah sulit. Namun, karena termasuk jurusan populer maka kamu harus pandai-pandai berstrategi dalam mendapatkan kesempatan kuliah manajemen di universitas terbaik. 

Industri Apa yang Membutuhkan Lulusan Manajemen?

Industri yang Membutuhkan Manajemen

Beberapa industri populer untuk manajemen meliputi:

  • Keuangan
  • Kesehatan
  • Manufaktur
  • Retail
  • Nirlaba
  • Pemerintah

Oleh karena itu, gelar S1 manajemen bisa jadi pintu yang terbuka lebar bagi kamu yang ingin berkarier di perusahaan-perusahaan besar. 

Kamu nantinya dapat memilih industri dan posisi yang kamu sukai. Terlebih lagi, dengan memanfaatkan pengetahuan tentang praktik bisnis, kamu dapat memajukan karir dan menciptakan pertumbuhan bagi perusahaan.

Apakah Gelar Manajemen itu Menambah Peluang Berkarir?

Ilmu Manajemen

Pengusaha sangat menghargai lulusan jurusan ekonomi manajemen ketika mencari karyawan. Lebih daripada itu, banyak peluang kerja yang membutuhkan setidaknya gelar sarjana agar memenuhi syarat. 

Industri apa pun yang kamu minati, pemberi kerja dan eksekutif akan selalu mempertimbangkan jurusan manajemen terlebih dahulu. Terlebih lagi, gaji lulusan manajemen itu ternyata juga cukup menjanjikan.  

Pilihan Karir untuk Jurusan Manajemen

Karir Manajemen

Gelar sarjana dalam manajemen dapat membantu kamu berkarier di banyak jalur yang berbeda. 

Namun, ada beberapa pilihan populer yang disukai banyak lulusan dengan gelar ini. Beberapa karier manajemen bisnis terbaik dan terpopuler antara lain:

1. Sales Representative

Sales representative bekerja secara langsung dengan klien untuk menjual layanan atau produk kepada mereka. Tugas utama mereka adalah membangun hubungan yang baik dengan customer dan  membantu memenuhi kebutuhan mereka.

2. Manajer Operasional

Seorang manajer operasional bertanggung jawab atas semua seluk beluk bagaimana sebuah organisasi berjalan. Mereka bekerja dengan cara melihat semua sistem operasional perusahaan. 

Lebih daripada itu, mereka harus mencari solusi yang efisien, menciptakan organisasi dalam perusahaan, dan mengawasi bagaimana semuanya bekerja bersama.

3. Bankir

Ada banyak karir dalam perbankan yang cocok untuk lulusan jurusan ekonomi manajemen. Perbankan investasi, perbankan pribadi, manajemen kekayaan, dan bahkan manajemen bank adalah jalan yang bagus bagi mereka yang memiliki gelar manajemen bisnis.

4. Penasihat keuangan

Penasihat keuangan membantu individu belajar tentang investasi, asuransi, dan pilihan pensiun mereka. Mereka sering bekerja untuk organisasi independen maupun swasta.

Akhir Kata

Jadi, sebenarnya, kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa saja yang kamu mau. Oleh karena itulah, jurusan ini jadi salah satu yang paling populer di Indonesia. Baca terus artikel-artikel Fun English Course untuk cari tahu lebih banyak lagi tentang jurusan kuliah yang kamu inginkan!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code