Cara Belajar Bahasa Inggris Percakapan untuk Pemula

13 Februari 2022 / Team Fun English Course

Jika kamu bertanya kepada kebanyakan orang mengapa mereka ingin bisa bahasa Inggris, jawabannya mungkin adalah: Saya ingin belajar bahasa inggris percakapan untuk dapat berkomunikasi dengan baik. 

Pada dasarnya, bahasa Inggris percakapan adalah kemampuan untuk berbicara bahasa Inggris dengan penutur asli dengan percaya diri. 

Tahukah kamu bahwa untuk dapat melakukannya kamu tidak wajib mahir berbahasa Inggris? 

Pasalnya, percakapan merupakan keterampilan tersendiri. Oleh karena itu, Fun English Course akan mengulas lengkap tentang belajar bahasa Inggris percakapan dalam artikel kali ini! 

Apa itu Bahasa Inggris Percakapan?

Apa itu Bahasa Inggris Percakapan

Bahasa Inggris percakapan adalah bahasa yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi sehari-hari. 

Percakapan merupakan bahasa kasual dan informal. Jadi, kamu dapat menggunakannya ketika berbicara dengan teman dan keluarga. 

Kendati bahasa Inggris formal bergantung pada aturan dan struktur tertentu, bahasa Inggris percakapan jauh lebih bebas. 

Tentu saja, ini memberikan fleksibilitas dan gaya sehingga membuatnya terasa lebih mudah, serta lebih menyenangkan untuk bahan belajar.

Apa yang Berbeda dari Bahasa Inggris Percakapan?

Apa yang berbeda dari Bahasa Inggris Percakapan

Yang membuat percakapan bahasa Inggris jadi sangat berbeda adalah kurangnya formalitas. Berikut adalah dua contoh kalimat percakapan bahasa inggris singkat:

“Hi, how are you today? Is everything going well?”

“What’s up? Are you good?”

Contoh kalimat percakapan bahasa Inggris yang pertama adalah yang biasanya kamu lihat dalam buku teks pelajaran. Kalimat percakapan bahasa Inggris panjang ini bisa kamu pelajari di bangku sekolah maupun kursus bahasa Inggris lainnya. 

Sedangkan, frase kedua adalah apa yang mungkin kamu dengar di dunia nyata. Terlebih lagi, memang begitulah cara kebanyakan orang berbicara ketika mereka merasa nyaman. 

Jadi, kamu mungkin tidak akan pernah melihat ungkapan seperti ini di buku teks bahasa Inggris.

Mengapa Kamu Harus Belajar Bahasa Inggris Percakapan?

Mengapa harus belajar Bahasa Inggris percakapan

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris, mungkin lebih penting bagi kamu untuk memahami bahasa Inggris percakapan daripada bahasa Inggris formal. 

Itu karena native ternyata jarang menggunakan bahasa Inggris formal dalam percakapan sehari-hari. Terlebih lagi, bahasa Inggris formal kebanyakan hanya berguna di ruang pendidikan dan ilmiah. 

Bahkan dalam kebanyakan situasi profesional, bahasa yang akan kamu gunakan lebih mendekati bahasa Inggris percakapan daripada bahasa Inggris formal.

Lebih dari sekadar komunikasi, bahasa Inggris percakapan dapat mengajarkan banyak hal tentang budaya Inggris. Pasalnya, frase dan struktur percakapan bahasa Inggris sebenarnya mengakar pada kultur orang-orangnya. 

Mengetahui frasa dan kata-kata ini dapat memudahkanmu untuk menikmati dan mengambil bagian dalam banyak acara budaya.

Cara Terbaik Belajar Bahasa Inggris Percakapan

Cara terbaik belajar Bahasa Inggris percakapan

Cara terbaik untuk belajar bahasa Inggris percakapan adalah dengan memfokuskan pembelajaran pada cara berbicara bahasa Inggris. 

Meskipun ini mungkin terdengar seperti solusi biasa, kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari membiasakan diri berbicara dalam bahasa Inggris. 

Oleh karena itulah, Fun English Course menyediakan kelas khusus English Conversation di mana kamu bisa belajar percakapan bahasa Inggris untuk pemula

Tujuannya adalah supaya kamu dapat menemukan lingkungan yang ideal untuk praktik bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. 

Ini adalah langkah penting yang harus kamu ambil. Pasalnya, ketika kamu terlalu fokus mempelajari text book, kamu cenderung belajar bahasa Inggris formal.

Mengikuti kursus English Conversation yang berfokus pada percakapan bahasa Inggris akan membantumu mempelajari kalimat-kalimat percakapan yang berguna. 

Terlebih lagi, semakin banyak kamu mendengar dan praktik percakapan bahasa Inggris dengan teman, semakin kamu akan memahami bagaimana bahasa itu digunakan dalam suasana santai. 

Lebih daripada itu, kamu juga akan mendapatkan kepercayaan diri dalam menggunakan kata dan frasa. Jadi, kamu pun akan mengembangkan pemahaman tersendiri akan beberapa nuansa percakapan bahasa Inggris.

Akhir Kata

Ketika belajar bahasa Inggris, tujuan akhir sebagian besar siswa adalah untuk mencapai akuisisi bahasa. 

Memahami bahasa Inggris formal dan informal itu penting. Namun bahasa Inggris percakapan adalah yang paling sering kamu gunakan. 

Terlebih lagi, banyak penutur bahasa Inggris mungkin juga mengalami kesulitan memahami bahasa Inggris formal.

Jadi, ketika kamu belajar bahasa Inggris, pastikan kamu fokus pada keterampilan belajar bahasa Inggris percakapan.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code