3 Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol

14 Februari 2022 / Team Fun English Course

Penasaran bagaimana cara belajar bahasa inggris dari nol? Tentu saja, tidak mudah. Terlebih lagi kamu memang tidak bisa pintar bahasa Inggris dalam 1 hari saja. 

Semua proses belajar itu membutuhkan konsistensi. Jadi, daripada mencari yang instan, kamu bisa mulai dengan meluangkan barang 10-30 menit untuk bersinggungan dengan bahasa Inggris. 

Tidak melulu harus membaca buku bahasa Inggris yang belum bisa kamu pahami, belajar bahasa Inggris itu bisa kamu mulai dengan berbagai aktivitas yang fun alias menyenangkan. 

Jadi, mulai dari mana lagi kalau bukan dari baca 6 cara belajar bahasa Inggris dari nol ala Fun English Course ini! 

1. Mulai Belajar dengan Mindset yang Tepat

Belajar Mindset Bahasa Inggris

Ada beberapa poin penting yang perlu kamu ingat sebelum memulai perjalanan untuk belajar bahasa Inggris:

  • Yakinlah bahwa kamu memiliki bakat bahasa Inggris sama seperti semua orang lainnya. Jadi, jangan biarkan kurangnya bakat atau kualitas bawaan menghalangimu untuk berusaha sepenuh hati.
  • Kamu belum terlalu tua untuk belajar bahasa Inggris dan artinya
  • Mencapai tingkat kefasihan berbahasa tentu saja membutuhkan waktu. Dalam perjalanan, kamu pun akan menghadapi tantangan.
  • Wajar jika kamu merasa tidak nyaman saat menggunakan bahasa yang benar-benar baru. Namun, berjuanglah untuk melawan ketidaknyamanan ini selama beberapa saat hingga kamu mahir. 
  • Belajarlah untuk hidup dengan ketidaksempurnaan karena kamu pasti akan membuat banyak kesalahan meski dapat menguranginya secara bertahap.
  • Disiplin adalah kunci. Belajarlah setiap hari, meskipun hanya dalam waktu yang singkat.
  • Memberikan perhatian penuh akan mempercepat pembelajaran.
  • Gunakanlah bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari sehingga skill yang sudah kamu dapatkan tidak mendadak hilang atau terlupakan.

Selanjutnya, saat kamu sudah memiliki semua mindset ini, maka kamu akan siap menghadapi perjalanan panjang berikutnya. 

2. Speaking: Berani Berbicara dalam Bahasa Inggris!

Speaking English

Banyak orang ragu-ragu dalam berbicara bahasa Inggris karena takut melakukan kesalahan. 

Namun, sebenarnya yang mereka khawatirkan adalah pandangan orang lain tentang kesalahan mereka. Jadi, jangan terjebak pada ketakutan yang sama! 

Belajar bahasa Inggris harus kamu mulai dari speaking. Oleh karena itu, kamu perlu mengatasi ketakutan ini. Bukan untuk orang lain, tapi untuk kepentingan diri sendiri. 

Caranya sangat mudah: 

  • Mulailah dengan mendengarkan. Kamu bisa mempermudah proses ini dengan mendengar musik atau podcast berbahasa Inggris.
  • Selanjutnya, biasakan mengulang dan menirukan apa yang telah kamu dengarkan. 
  • Kemudian, temukan ruang aman untuk berlatih berkomunikasi dengan semua kosakata bahasa Inggris yang telah kamu pelajari seperti kelas English Conversation dari Fun English Course. 

3. Berpikir Seperti Native English Speaker

Native English Speaker

Seseorang yang baru saja mulai belajar berbahasa Inggris biasanya masih memikirkan tata bahasa ibunya. Oleh karena itu, respon yang mereka lontarkan dalam bahasa inggris biasanya berupa terjemahan dari jawaban bahasa Indonesia. 

Padahal, cara seperti ini dapat memperlambat proses akuisisi bahasa Inggris. Selain itu, tindakan ini juga akan menghambat kelancaran dalam menjawab pertanyaan. 

Kamu dapat mengurangi respon menerjemahkan ini dengan cara: 

  • Berlatih menyebutkan kosakata bahasa Inggris dari hal-hal yang kamu lihat seketika dan tanpa jeda. 
  • Selanjutnya, setelah kamu menguasai teknik kosakata terapkan hal yang sama dalam hal mendeskripsikan tindakan orang-orang di sekitarmu. 
  • Ingatlah! Latihan ini harus kamu lakukan secara spontan untuk menghentikan proses penerjemahan dari bahasa ibu. 

Setelah selesai dengan kata-kata, kamu dapat meningkatkan tantangan dengan berlatih mengucapkan kalimat. Jika sudah berhasil dengan kalimat, kamu bisa menambah level lagi dengan deskripsi panjang. 

Cara lain untuk menghentikan terjemahan mental adalah dengan memilih respon yang umum. Jadi, ketika kamu tahu apa yang harus dikatakan dalam situasi tertentu, maka proses penerjemahan tidak muncul sama sekali.

Akhir Kata 

Mengubah mindset, mulai berbicara, dan berpikir layaknya native english speaker bisa kamu lakukan saat belajar bahasa Inggris untuk pemula. Segera setelah kamu menguasai 3 langkah ini, kamu bisa melanjutkan ke tingkat berikutnya. 

Dengan aktivitas menyenangkan tentu saja belajar juga jadi lebih cepat dan mudah. Oleh karena itu, ikuti terus tips-tips dari Fun English Course untuk tahu lebih banyak soal cara belajar bahasa Inggris dari nol.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code