4 Lagu Bahasa Inggris yang Mudah Dihafal untuk Pembelajaran

11 Februari 2022 / Team Fun English Course

Musik adalah bahasa yang benar-benar universal. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan lagu bahasa Inggris yang mudah dihafal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 

Tentu saja, tidak semua lagu bisa kamu pakai demi mengejar tujuan ini. Terlebih lagi beberapa lagu bahasa Inggris tentang cinta maupun persahabatan kadang masih terlalu sulit bagi beginner. 

Jadi, kamu pun harus memastikan bahwa kamu telah memilih lagu bahasa Inggris yang mudah dihafal untuk praktik pembelajaran. 

Meskipun sederhana, beberapa lagu di bawah ini cukup menarik untuk kamu gunakan dalam kelas. Apa saja lagunya? Baca terus ulasan dari Fun English Course ini! 

1. Lagu “ABC” dari Jackson 5

Lagu bahasa Inggris tentang cinta ini menampilkan salah satu musisi pop paling berpengaruh sepanjang masa yaitu Michael Jackson

Berfokus pada kosa kata yang berkaitan dengan sekolah dan cinta, lagu ini memiliki lirik yang sederhana sehingga membuat murid level beginner dapat mengikutinya. 

Liriknya sendiri memuat beberapa kosakata sekolah, termasuk:

  • Arithmetic
  • Do re mi 
  • 2 plus 2 makes 4

Selanjutnya, bagian terbaik dari lagu berbahasa Inggris ini adalah bagian chorus yang sederhana dan mudah masuk ke kepala anak-anak maupun remaja. 

2. “Every Breath You Take” Lagu Legendaris dari The Police

Berasal dari musisi legendaris, The Police, lagu ini sangat mudah untuk murid kamu karena sangat sempurna bagi bahan pembelajaran. 

Berkisah tentang seseorang yang sangat mencintai pasangannya, lagu ini berhasil tetap populer meski sudah berusia puluhan tahun. 

Selain memungkinkanmu untuk memberikan latihan fonetik dasar pada murid-murid, “Every Breath You Take” juga lagu yang pendek dan mudah dihafal.  

Ada beberapa idiom yang bisa kamu gunakan untuk pembelajaran dari lagu bahasa Inggris ini. 

Misalnya saja, ketika penyanyi mengatakan “heart ache”, itu berarti dia sangat sedih karena dia tidak bersama kekasihnya, seolah-olah itu benar-benar menyakiti hatinya. 

Selanjutnya, “lost without a trace” berarti seseorang atau sesuatu telah menghilang tanpa petunjuk ke mana mereka pergi.

Jadi, diskusikanlah beberapa idiom dalam lagu ini untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih fun. 

3. Bruno Mars dan Lagu Rebahan “The Lazy Song”

Murid-murid kamu mungkin akan mengenali lagu ini sebagai lagu hit Bruno Mars dari beberapa tahun yang lalu.

Lagu bahasa Inggris ini berfokus pada seseorang yang sedang ingin rebahan saja di  rumah. Tentu saja, ini bisa jadi bahan diskusi yang cukup menarik dengan para murid, bukan?

Selain menarik, lagu ini bagus untuk murid karena menggunakan bentuk future tense dalam bahasa Inggris. Contohnya: “I’m gonna kick…” 

Selain itu, ini adalah lagu yang bagus untuk mempelajari kosakata tentang aktivitas yang dapat kamu lakukan saat berada di rumah.

Selain kedua hal tersebut, lagu bahasa Inggris ini menggunakan banyak bahasa gaul yang populer.

Meskipun beberapa kata ini mungkin sulit bagi pemula, kamu tetap bisa menyinggung definisinya: 

  • Chillin — Santai
  • Snuggie — Kombinasi sweater dan selimut
  • Dougie — Jenis tarian yang populer di awal 2010-an
  • My old man — Bahasa gaul yang berarti ‘ayah’

4. Big Yellow Taxi dari Counting Crows

Lirik lagu bahasa Inggris tentang persahabatan dengan lingkungan ini memiliki banyak kosakata yang berhubungan dengan tempat dan alam!

Beberapa vocabularies terkait nature dan lingkungan dapat kamu jadikan pokok bahasan tersendiri.  Apa saja vocab-nya? 

  • Taxi 
  • Hotel 
  • Parking lot
  • Tree
  • Bees
  • Bird

Kamu pun dapat menyebutkan bahwa penulis lagu ini menggunakan beberapa singkatan, seperti: 

  • ’em — Singkatan dari them
  • ’til — Singkatan dari until
  • DDT — Singkatan untuk bahan kimia yang biasanya berfungsi untuk membunuh hama dan serangga

Akhir Kata 

Mengajar bahasa Inggris tentu akan terasa lebih fun ketika melibatkan musik. Murid senang, pendidik juga bahagia. Inilah yang selalu menjadi prioritas dalam Fun English Course.

Jadi, apakah kamu ingin tahu lebih banyak lagi daftar lagu bahasa Inggris yang mudah dihafal untuk pembelajaran? Bergabunglah dengan Fun English Course sekarang juga!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code