7 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika, Lebih Mudah!

23 Maret 2022 / Team Fun English Course

Kalau kamu termasuk orang yang tak kuat dengan kelas matematika, bersabarlah sebentar lagi. Setelah lulus sekolah dan masuk kuliah, kamu bisa masuk jurusan kuliah yang tidak ada matematika dan terbebas dari urusan hitung-menghitung. 

Selain bebas matematika, jurusan berikut ini juga masih terkategori punya prospek untuk masa depan. Jadi, kamu tak perlu ragu memilih salah satunya!

1. Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual

Orang yang tidak suka berhitung, biasanya malah suka menggambar dan berimajinasi. Kalau kamu salah satunya, coba masuk saja jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual).

Di jurusan ini, kamu tak perlu bergelut dengan rumus-rumus yang membuat kepala panas. Sepenuhnya kamu akan belajar seputar desain-desain yang dibutuhkan untuk dunia industri. Dengan kata lain, merancang dan membuat desain kreatif yang publik sukai.

Siapa tau, di balik nilai matematikamu yang standar, kamu punya potensi kreativitas di dunia desain kan?

2. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi adalah jurusan bergengsi yang bisa membuat daya tawar kamu di dunia industri kelak tetap tinggi meskipun tak pandai matematika.

Semua mata kuliah yang akan kamu dapatkan berhubungan dengan dunia komunikasi. Termasuk komunikasi personal, publik, hingga media. Jurusan ini tak sama sekali mensyaratkan mahir matematika untuk dapat lulus dengan predikat cum laude. 

Setelah lulus, kamu juga punya banyak pilihan karier. Mulai dari bidan marketing, advertising, perfilman, penulisan, dan banyak lagi. Jadi, tak perlu takut nganggur meski belajar di jurusan kuliah yang tidak ada pelajaran matematika.

3. Animasi

Animasi

Sebagian kampus memang ada yang memasukan animasi sebagai prodi atau peminatan dari jurusan lain seperti jurusan DKV. Namun, tak sedikit juga yang menjadikannya jurusan tersendiri.

Sesuai nama jurusannya, kamu akan fokus mempelajari berbagai hal seputar animasi. Mulai dari perancangan karakter, pembuatan skenario, storyboard, sound effect, hingga video editing. Materi matematika tentu tak mendapatkan tempat di jurusan ini.

Selain bekerja ke perusahaan dalam negeri, kamu juga bisa berkarier mengerjakan proyek-proyek dari luar negeri dengan bayaran lebih tinggi jika mau berusaha.

4. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional

Bukan matematika yang menjadi perhatian dari jurusan ini, melainkan wawasan seputar luar negeri dan kemampuan berkomunikasi. 

Semua mata kuliahnya dirancang untuk membentuk karakter seorang diplomat pada diri mahasiswanya. Tenang saja, jago matematika tak masuk syarat untuk jadi diplomat ulung.

Meski pilihan kariernya memang spesifik, tapi peluang tetap terbuka kok. Kalaupun tak jadi diplomat negara, opsi karier yang bisa kamu tempuh adalah menjadi perwakilan perusahaan asing di Indonesia. 

5.  Rumpun Sastra

Rumpun Sastra

Belajar di jurusan sastra, adalah jalan lain terbebas dari matematika. Kamu akan lebih sibuk dengan kata-kata ketimbang angka-angka.

Ada banyak pilihan jurusan sastra yang tersedia di berbagai kampus dalam negeri. Sebut saja sastra Indonesia, sastra Inggris, sastra Prancis, sastra Rusia, hingga sastra Jepang. Selain mempelajari seputar tata bahasanya, sastra juga mempelajari seluk beluk budaya di sekitar bahasa yang kamu pelajari.

Memang, banyak yang bilang jurusan kuliah yang tidak ada Matematika dan Fisika ini kurang prospek untuk dunia kerja. Namun sebenarnya, jika kamu tekun dan serius, kamu tetap berpeluang sukses kok!

6. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum

Apakah jurusan hukum ada matematika? Tidak ada.

Namun, meski bebas matematika, di jurusan ilmu hukum kamu harus tetap siap dengan segudang materi teoretis dengan pendalaman yang tinggi. Bedanya, tentu bukan angka yang kamu dalami.

Kamu akan mendalami berbagai jenis hukum mulai dari hukum pidana, perdata, tata negara, administrasi negara, hukum internasional, dan banyak lagi. Meski tak belajar matematika, daya pikirmu akan tetap terasah maksimal. 

Setelah lulus, kamu bisa bekerja jadi pengacara, jaksa, hakim, dan pekerjaan lain seputar dunia hukum.

7. Rumpun Seni

Rumpun Seni

Belajar di kesenian akan lebih mengasah emosi dan perasaan kamu yang bebas. Jelas berbeda dengan belajar matematika yang segala-galanya harus penuh kepastian.

Seni musik, seni lukis, seni tari, seni drama, ada beberapa nama jurusan seni yang bisa kamu pertimbangkan untuk menghindari dari matematika. 

Namun, sebaiknya kamu tak hanya menjadikan jurusan ini sebagai pelarian. Dalamilah dengan serius agar ketika kamu tak sulit bersaing dalam karier.

Rekomendasi

Deretan jurusan diatas memang bisa membuatmu bernafas lega untuk tidak berjumpa dengan matematika. Sayang, semuanya punya persaingan kerja yang sangat kompetitif untuk bisa kamu geluti kelak setelah lulus.

Untuk dapat bersaing, kamu perlu nilai plus lain seperti skill bahasa Inggris. Maka, kami sarankan kamu untuk mengambil kelas di Fun English Course saat kuliah nanti. Ini akan menunjang masa depanmu yang punya rencana studi di jurusan kuliah yang tidak ada matematika.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code