7 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi, Cek Yuk!

22 Maret 2022 / Team Fun English Course

Setelah lulus kuliah nanti, kamu pasti ingin punya penghasilan yang bisa membuatmu hidup kaya dan membanggakan orang tua kan? Untuk mencapai keinginan tersebut, kamu bisa memulai langkah dengan memilih jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi dalam daftar kami.

Apa saja jurusan tersebut? Mari kita mulai untuk membongkar faktanya!

1. Kedokteran

Kedokteran

Jurusan apa yang gajinya besar? Dari dulu sampai sekarang, kedokteran masih masuk dalam daftar. Pertanyaannya, seberapa besar sih memang?

Mengacu pada data dari Katadata, seorang dokter spesialis, per bulannya bisa membawa pulang uang hingga Rp80.000.000. 

Namun untuk mendapatkan kompetensi spesialis, kamu perlu bersabar dan meniti karir dulu menjadi dokter umum. Faktanya, gaji dokter umum berbeda-beda tergantung lokasi prakteknya. Tapi umumnya, angkanya mulai dari UMR hingga belasan juta rupiah.

2. Teknik Informatika

Teknik Informatika

Digitalisasi yang berjalan dengan cepat, membuat dunia industri banyak membutuhkan lulusan teknik informatika. Kebutuhan yang tinggi terhadap sarjana di bidang ini, otomatis membuat standar gajinya juga lumayan tinggi.

Menjadi programmer dan developer adalah pintu karir yang dapat kamu ambil setelah lulus dari jurusan ini.

Memang, saat junior, range gaji yang mungkin kamu dapatkan hanya ada di kisaran 4 – 8 juta rupiah. Namun dalam 5 tahun, kamu sudah bisa memiliki label senior programmer atau developer yang standar gajinya di kisaran Rp20.000.000 hingga Rp40.000.000. Lumayan kan?

3. Bisnis Digital

Bisnis Digital

Kamu baru mendengar nama jurusan ini? Wajar, jurusan bisnis digital termasuk baru dan baru ada di beberapa kampus saja. Kemunculannya sebagai reaksi dari tingginya pertumbuhan berbagai bisnis digital.

Setelah lulus, sarjana jurusan ini bisa terserap oleh berbagai perusahaan startup digital. Dengan keahliannya, ia bisa menjadi konsultan bisnis atau business development.

Berdasarkan data Indeed, gaji rata-rata business development di Indonesia ada di angka Rp5.000.000. Namun jika kamu sudah berpengalaman dan punya kapasitas menjadi manager, perusahaan berani membayar di atas Rp40.000.000.

4. Arsitektur

Arsitektur

Untuk kamu yang senang menggambar dan mau gaji tinggi, masuk jurusan arsitektur adalah pilihan paling logis. Setelah lulus, kamu bisa bekerja di perusahaan konstruksi untuk memulai karir.

Gaji arsitektur memang variatif, utamanya ditentukan oleh pengalaman dan portofolio pekerjaan. 

Sebagai fresh graduate, kamu nantinya mungkin hanya akan mendapatkan upah antara 4 sampai 7 juta rupiah. Namun kualitas dan konsistensi yang kamu tunjukan dalam portofolio, dapat meningkatkan bayaranmu dari perusahaan. Mengacu pada Lifepal, mulai Rp15.000.000 hingga Rp50.000.000.

5. Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan

Karena jarang wanita masuk jurusan ini, maka teknik perminyakan bisa kami katakan jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi bagi pria. Ilmu yang akan kamu dapat selama kuliah akan menunjang kompetensi kerja di industri minyak, gas, dan panas bumi.

Pekerjaan ini memang cukup berisiko, karena area kerjanya bisa jadi di daerah-daerah seperti tengah hutan dan tengah lautan. Namun, itu sebanding dengan gajinya.

Sebagai gambaran, gaji oil engineer di Pertamina, untuk fresh graduate sudah bisa mencapai Rp8.000.000. Dengan pengalaman yang makin banyak, gajinya bisa di atas Rp20.000.000.

6. Data Science

Data Science

Salah satu imbas dari digitalisasi adalah berlimpahnya data yang bisa didapat. Kini, banyak perusahaan yang sangat serius dalam mengolah data-data yang ada untuk keberlangsungan bisnisnya. Pada titik inilah seorang data science menjadi penting.

Maka, meskipun tergolong pekerjaan yang relatif ‘baru’, gaji lulusan data science tergolong besar.

Berdasarkan data Glass Door, rata-rata gajinya ada di angka Rp12.000.000. Untuk tertinggi, bisa sekitar Rp20.000.000 dan paling rendah Rp7.000.000.

7. Psikologi

Psikologi

Jurusan kuliah dengan gaji tinggi setelah lulus terakhir adalah psikologi. Di dunia industri, umumnya sarjana psikologi akan berada pada divisi HRD (Human Resources and Development).

Saat lulus jadi fresh graduate, kamu kemungkinan akan mengawali karir sebagai staf dengan gaji tak jauh dari UMR. Namun apabila karirmu berkembang, kamu bisa menjabat sebagai HR Manager dengan upah yang bisa mencapai Rp15.000.000.

Rekomendasi

Meskipun deretan jurusan kuliah di atas punya prospek memberi gaji tinggi, kamu perlu ingat satu hal, yakni persaingan yang juga tinggi. Untuk itu, pastikan kamu punya nilai lebih yang dapat menunjang persaingan dan peningkatan karier. Salah satunya, dengan menguasai bahasa Inggris.

Umumnya, perusahaan besar menjadikan skill tersebut sebagai salah satu pertimbangan dalam menyeleksi calon karyawannya. Maka, sambil kuliah, kamu bisa mengambil kelas kursus menyenangkan bersama Fun English Course.

Kalau saat lulus sudah jago bahasa Inggris, jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi lebih mungkin untuk menepati janjinya!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code