7 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja di Masa Depan

21 Maret 2022 / Team Fun English Course

Memilih jurusan kuliah yang banyak peluang kerja di masa depan adalah pilihan yang lebih bijak ketimbang memilih berdasarkan minat semata. Bagaimanapun, kamu tetap perlu realistis, bahwa pada akhirnya setelah lulus kuliah kamu perlu memperjuangkan karier.

Dengan mencermati fenomena yang berkembang di era kekinian, sejumlah jurusan ini bisa memberi peluang lebih besar untukmu kelak setelah lulus!

1. Teknik Biomedik

Teknik Biomedik

Jurusan ini akan menyiapkan kamu menjadi sumber daya manusia yang terampil dalam menerapkan rekayasa sains dan teknologi dalam dunia medis. Jadi, selama dunia kesehatan terus membutuhkan pembaruan dalam teknologi, maka selama itu pula peluang kerja terbuka lebar.

Setelah lulus, kamu bisa jadi clinical engineer yang menguji performa berbagai alat atau teknologi kesehatan, merancang perangkat biomedik, juga menjadi peneliti. 

Jurusan kuliah yang banyak peluang kerja untuk anak IPA  ini bisa jadi alternatif jurusan lain yang sudah lebih umum seperti kedokteran, farmasi, atau ilmu gizi.

Kampus unggulan: ITB, ITS, UI

2. Teknik Informatika

Teknik Informatika

Dari data Dicoding, setiap tahunnya dunia industri Indonesia membutuhkan 200.000 sarjana teknik informatika baru. Hal itu menggambarkan betapa besarnya kebutuhan sarjana dari jurusan ini di era digital.

Lulusan teknik informatika punya banyak pilihan karier. Mulai dari programmer, software developer, web developer, system analyst, hingga game developer. 

Sayangnya, kebanyakan SDM dari lulusan TI saat ini belum mampu memenuhi kriteria yang dunia industri butuhkan. Namun jika kamu serius dan memilih kampus yang tepat, masa depanmu pasti cerah.

Kampus unggulan: ITS, ITB, Telkom University

3. Bisnis Digital

Bisnis Digital

Digitalisasi dalam dunia bisnis tidak bisa terelakkan. Secara otomatis, fenomena ini juga mendorong tumbuhnya startup yang memproduksi berbagai produk digital untuk kebermanfaatan publik.

Sarjana dari jurusan bisnis digital punya peluang yang besar untuk memenuhi kebutuhan industri. Kamu nantinya bisa menjadi konsultan bisnis, analis bisnis,  business development, pekerja startup, dan banyak lagi,

Bagi kamu yang kreatif, bukan tak mungkin bisa membuat startup baru yang dari sisi profit dan kebermanfaatan bisa lebih besar.

Kampus unggulan: Unpad, Binus University, Prasetya Mulya

4. Data Science

Data Science

Berdasarkan data Forbes, 73% perusahaan besar dunia menghabiskan hampir 20% anggarannya untuk kebutuhan analisis big data. Ini menunjukan bahwa data science adalah jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa depan.

Selain menganalisis dan membantu perusahaan menarik kesimpulan, seorang data scientist juga bertugas mengolah dan memverifikasi data yang masuk. Dengan demikian, perusahaan dapat lebih akurat dalam melangkah.

Untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi, kamu bisa berusaha untuk tak hanya berkarier di dalam negeri, namun pertimbangkan juga untuk ke luar negeri.

Kampus unggulan: UNAIR, Binus University, Universitas Nusa Mandiri

5. Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual

Dalam marketing, desain adalah salah satu ujung tombaknya. Dengan desain yang menarik dan berpengaruh, perusahaan akan sangat terbaru. 

Maka tak heran jika sarjana dengan basis keahlian desain komunikasi sangat dibutuhkan oleh dunia industri. Nantinya, kamu bisa mengerjakan berbagai keperluan desain perusahaan. Mulai dari poster, konten media sosial, UI/UX aplikasi atau website, dan berbagai sarana marketing lainnya.

Meski memang persaingan kerjanya cukup tinggi, tapi kalau kamu punya kualitas, tak perlu takut untuk bersaing.

Kampus Unggulan: ISI, ITB, ITS

6. Social and Mass Media Management

Social and Mass Media Management

Di Indonesia,belum banyak kampus yang membuka jurusan kuliah yang banyak peluang kerja untuk anak IPS ini.

Sesuai namanya, kompetensi yang akan kamu raih selama kuliah di jurusan ini adalah komunikasi sosial yang apik di multiplatform. Nantinya, pekerjaannya berhubungan dengan pengelolaan konten-konten media sosial perusahaan mulai dari strategi hingga eksekusi.

Meski belum populer, tapi faktanya industri membutuhkan SDM dengan kemampuan semacam ini. Jadi, tak ada salahnya mencoba!

Kampus unggulan: UI, Binus

7. Proteksi Kebakaran dan Teknik Keselamatan

Proteksi Kebakaran dan Teknik Keselamatan

Dari waktu ke waktu, perusahaan-perusahaan semakin aware dengan keselamatan kerja. Untuk menjawab tantangan tersebut, muncul jurusan yang relatif baru ini.

Tentunya, jangkauan lulusan jurusan ini sangat luas karena bisa masuk ke berbagai bidang perusahaan. Terutama, bidang-bidang dengan risiko pekerjaan tinggi seperti perusahaan tambang seperti minyak, gas, batubara, dan sejenisnya.

Kampus unggulan: UNJ

Selain bekerja, kami yakin kamu juga ingin bekerja di tempat yang memberi gaji tinggi kan

Umumnya, perusahaan yang bisa memberi gaji besar adalah perusahaan multinasional yang mensyaratkan skill bahasa Inggris. Jadi, pastikan ketika kuliah, kamu juga sibukkan diri dengan belajar di Fun English Course. Ini akan menunjang masa depanmu saat studi di jurusan kuliah yang banyak peluang kerja.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code