7 Jurusan Kuliah yang Paling Santai, Lulus Bisa Lebih Mudah

24 Maret 2022 / Team Fun English Course

Kalau boleh jujur, tidak ada kuliah yang benar-benar santai. Setiap jurusan, pasti memiliki tantangannya tersendiri. Namun kalau yang kamu maksud jurusan kuliah yang paling santai di antara yang tidak santai, maka kami punya jawabannya.

Faktanya, ada sebagian jurusan yang dianggap santai karena kegiatan-kegiatannya yang tampak menyenangkan.

1. Seni

Seni

Karena seni lebih menekankan emosi dan perasaan, maka beban kuliah yang menguras pikiran sedikit lebih ringan ketimbang jurusan lain. 

Selain itu, jurusan seni juga terkenal dengan berbagai kegiatan yang dianggap menyenangkan. Misalnya mengunjungi museum, art gallery, pameran, atau pertunjukan. Biasanya, kamu juga akan mendapat tugas menjadi panitia untuk menggelar event seni.

Semuanya memang tampaknya santai, namun sebenarnya tidak demikian. Kamu akan tetap mendapat tuntutan berpikir dan kreatif.

2. Sastra

Sastra

Di jurusan sastra, kamu akan didorong untuk jadi pribadi yang pandai mengekspresikan isi kepala dalam bentuk bahasa.

Selama kuliah, kamu akan bergelut dengan tugas-tugas membaca buku, mengapresiasi karya sastra, menyimak pertunjukan sastra, dan lainnya. Jika saat ini kamu senang dengan berbagai kegiatan tersebut, tentu kuliah jurusan sastra akan sangat mudah. 

Meski sebenarnya, sastra tak membebaskan kamu juga dari materi-materi teoretis dan sedikit rumit. Misalnya, kamu akan bertemu dengan mata kuliah tentang struktur dan tata bahasa yang bisa membuat dahimu sedikit berkerut.

3. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi

Kan cuma belajar komunikasi? Komunikasi itu kan kegiatan sehari-hari?” Anggapan semacam ini membuat banyak orang berpikir bahwa kuliah di ilmu komunikasi adalah jurusan kuliah yang paling santai dan mudah.  

Meski tak sepenuhnya benar, tapi anggapan tersebut ada benarnya juga. 

Biasanya, mahasiswa di jurusan ini punya latar belakang senang berkomunikasi, yang tentunya kalau saling bertemu pasti asyik. Demikian pula dengan dosen-dosennya yang tentu pandai komunikasi dan menghidupkan suasana.

Tapi faktanya, di jurusan ini kamu juga bakal menjumpai berbagai kegiatan kajian dan penelitian yang mungkin menguras pikiran.

4. Pendidikan

Pendidikan

Kalau kamu suka dengan anak-anak, jurusan pendidikan akan benar-benar menyenangkan. Kamu bisa menjalani kuliah dengan pikiran yang santai.

Bahkan di salah satu semester, kamu akan punya tugas khusus mengajar di sekolah. Misalnya jika pilihan jurusanmu adalah PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), maka kamu akan praktik mengajari anak-anak SD yang menggemaskan. Sambil studi, kamu juga bisa bermain bersama mereka.

Namun yang perlu kamu ingat, sebelum menikmati bahagianya berbagi, kamu harus menikmati berbagai mata kuliah berisi teori pendidikan dulu. Demikian pula dengan tugas-tugas yang lain yang bisa menunjang kompetensi keguruan.

5. Olahraga

Olahraga

Ada cukup banyak jurusan dalam rumpun ilmu olahraga. Mulai dari pendidikan jasmani dan kesehatan, ilmu keolahragaan, hingga olahraga rekreasi.

Umumnya, berbagai jurusan seputar olahraga adalah jurusan yang lebih banyak praktik daripada teori. Persis seperti saat kamu belajar olahraga di sekolah. Jadi, akan sangat menyenangkan bagi kamu yang mudah jenuh di ruang kelas. 

Sayangnya, banyak praktik bukan berarti nihil teori. Faktanya, tetap ada materi-materi yang perlu kamu kuasai yang mungkin bisa membuat kamu sedikit merasa malas.

6. Tata Boga

Tata Boga

Jurusan tata boga sepenuhnya mendidikmu menjadi seorang ahli kuliner. Baik kuliner lokal maupun luar negeri. Setelah lulus, kamu bakal tahu ternyata ada ilmu dan hal-hal menarik dari berbagai menu makanan.

Komposisi belajar di jurusan ini berimbang antara teori dan praktiknya. Kamu tak hanya banyak bergelut dengan teori, namun melakukan praktik dengan objek kuliner. Terbayang kan jurusan kuliah yang menyenangkan ini?

Karena kuliner yang akan kamu pelajari dari seluruh dunia, maka kamu juga dapat tuntutan memahami basic sejumlah bahasa asing.

7. Pariwisata

Pariwisata

Mendengar jurusan pariwisata, apa yang ada di kepalamu? Jalan-jalan? Pasti santai dong ya, kuliahnya?

Dalam sejumlah mata kuliah, kamu memang akan mengunjungi objek-objek wisata. Namun yang perlu kamu pahami, setiap kunjungan itu tujuannya bukan untuk bermain, melainkan berhubungan dengan pengerjaan tugas-tugas mata kuliah. 

Tapi perlu kamu catat, jurusan ini sangat ketat soal pakaian. Kamu harus terbiasa berpakaian rapi dengan rambut klimis setiap kuliah. 

Rekomendasi

Sekali lagi, tidak ada yang benar-benar santai. Sebagai mahasiswa, kamu tetap harus mengerjakan tugas, melakukan penelitian, dan tentu mengerjakan tugas akhir atau skripsi.

Hanya setidaknya, jika kamu menganggap salah satu jurusan di atas akan sangat sesuai dengan hobi dan minat kamu, beban kuliah jadi lebih ringan. Jadi, sambil kuliah kamu bisa mendalami skill-skill penting lain seperti bahasa Inggris di English Fun Course

Kini, tinggal kamu putuskan, jurusan kuliah yang paling santai mana yang akan kamu pilih?

Rate this post