Bagaimana Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini?

18 Januari 2023 / laskarseo

Belajar bahasa membutuhkan waktu agar bisa mahir dalam menggunakannya. Maka, perlu diajarkan kepada anak sejak usia dini. Namun, bagaimana cara mengajar bahasa Inggris untuk anak usia dini? Oleh sebab itu, simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengajar Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini

Jika kamu memiliki anak yang masih usia dini, maka kamu perlu mengajarkannya bahasa Inggris secara perlahan. Ada sejumlah cara yang perlu diperhatikan, sebab anak-­anak yang masih usia dini membutuhkan perhatian khusus dalam mengajarkan banyak hal.

Menggunakan Percakapan Sehari­-hari

Pada dasarnya, anak usia dini sedang aktif belajar berbicara. Dalam mengajarkan bahasa Inggris, cobalah untuk sering mengajak anak untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris. Gunakan percakapan sehari­-hari yang mudah dimengerti oleh anak secara perlahan.

Bagaimana Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini 

Di sisi lain, penting juga untuk kamu mengajarkan anak kosakata yang biasa digunakan sehari­-hari. Hal ini akan membantu anak untuk mengingat kosa kata sederhana yang biasa ia temui setiap hari. Dengan begitu, anak akan lebih mudah untuk mengingat kata benda, kata sifat, kata kerja, dan keterangan waktu.

Membaca Buku Cerita Berbahasa Inggris

Selanjutnya yaitu membaca buku cerita berbahasa Inggris. Selain mengajarkan kebiasaan membaca pada anak usia dini, pilihlah buku cerita yang menggunakan bahasa Inggris. Lalu, bacakan buku tersebut kepada anak.

Buku cerita yang menarik dan penuh gambar memang dapat membantu anak untuk memahami isi cerita. Penggunaan bahasa Inggris juga tentunya dapat membantu anak untuk semakin semangat belajar bahasa Inggris.

Memasang Poster Bergambar di Dinding

Berikutnya, memasang poster bergambar di dinding. Cobalah untuk memasang poster bergambar seperti gambar hewan, buah, sayuran, kendaraan, dan lain sebagainya. Adanya poster bergambar dengan tulisan bahasa Inggris akan memudahkan anak juga dalam mengingat kata­-kata benda.

Selain itu, cobalah untuk menempelkan kata benda dalam bahasa Inggris di setiap benda di rumahmu. Setiap kali anak mendatangi benda tersebut dan melihat tulisannya, maka akan mengingat apa bahasa Inggris dari benda tersebut.

Menyanyi Lagu Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris secara langsung melalui buku saja mungkin akan membosankan. Jadi, cobalah cara lain yaitu dengan menyanyi lagu bahasa Inggris. Dengan menyanyi, maka anak bisa merasa lebih senang dan tentunya tidak terpaksa untuk belajar bahasa Inggris.

Pilihlah lagu-lagu yang memang ditujukan untuk anak-anak usia dini. Lalu, kamu juga bisa menerjemahkannya kepada anak secara perlahan arti dari lirik lagu tersebut.

Bermain Dalam Bahasa Inggris

Terakhir, cobalah untuk bermain dengan anak dalam bahasa Inggris. Terdapat banyak jenis permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Namun, kamu harus menerapkannya dengan menggunakan bahasa Inggris agar anak terbiasa untuk berbahasa Inggris.

Ini tidak hanya mengajarkan anak untuk berbahasa Inggris, tetapi juga menciptakan rasa sosialisasi yang tinggi, mampu memimpin, dan juga belajar berbagi dan bersabar dengan teman sebayanya.

Belajar Bahasa Inggris di Fun English Course

Itu dia penjelasan mengenai bagaimana cara mengajar bahasa Inggris untuk anak usia dini. Kamu bisa mencoba cara-cara diatas untuk mengajarkan anak berbahasa Inggris.

Kamu pun dapat mendaftarkan anak untuk belajar bahasa Inggris bersama Fun English Course. Sebab, di tempat kami, anak akan mendapat pengajaran yang sesuai dengan kurikulum dan pastinya menyenangkan untuk anak-anak. Jadi, tunggu apalagi? Daftar les bahasa Inggris sekarang juga di Fun English Course!

contact

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?