Bahasa Inggris SD Mulai Kelas Berapa?

19 Januari 2023 / laskarseo

Sebelum memasuki tahun ajaran baru, ada baiknya orang tua tahu mata pelajaran apa saja yang akan diajarkan selama sekolah nanti. Seperti Bahasa Inggris SD mulai kelas berapa dan mata pelajaran apa yang termasuk wajib dan muatan lokal.

Seperti yang sudah diketahui, saat ini pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menciptakan Kurikulum Merdeka Belajar yang bisa diaplikasikan ke seluruh jenjang pendidikan, termasuk tingkat SD.

Tujuan Kurikulum Merdeka adalah untuk menciptakan proses pembelajaran yang optimal, bermakna dan menyenangkan dengan fokus pada pemahaman konsep dan penguatan kompetensi. Oleh karena itu ada mata pelajaran wajib dan muatan lokal yang akan dipelajari oleh siswa.

Bahasa Inggris SD Mulai Kelas Berapa?

Bagi kamu yang penasaran, Bahasa Inggris SD mulai kelas berapa? Maka jawabannya adalah mulai kelas 1 karena sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud bahwa Bahasa Inggris termasuk salah satu mata pelajaran wajib yang mulai diajarkan sejak kelas 1 SD.

Bahasa Inggris SD Mulai Kelas Berapa

Sebagai mata pelajaran wajib, ada struktur Capaian Pembelajaran yang harus diraih selama fase A, B dan C untuk SD. Untuk fase A (kelas 1 dan 2), materi Bahasa Inggris akan difokuskan pada penguatan dan pengembangan kemampuan literasi seperti belajar abjad dan angka.

Untuk fase B (kelas 3 dan 4), materi yang disampaikan berkaitan dengan lingkungan sekitar yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Sementara untuk fase C (kelas 4 dan 5) akan fokus pada persiapan untuk jenjang pendidikan selanjutnya seperti cara mendeskripsikan objek dan mengungkapkan perasaan.

Alasan mengapa Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib bagi siswa SD adalah karena Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Dalam berbagai event nasional maupun internasional, Bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak digunakan.

Oleh karena itu Kemendikbud memasukkan Bahasa Inggris termasuk dalam salah satu mata pelajaran wajib sejak SD agar setiap siswa mendapat bekal yang cukup untuk menghadapi dunia global.

Rangkuman Materi Bahasa Inggris untuk SD

Kami akan menguraikan beberapa materi Bahasa Inggris yang akan diajarkan dari kelas 1 sampai kelas 6 SD. Namun materi-materi ini tidaklah paten, setiap sekolah dan guru memiliki kebebasan untuk memilih materi asalkan sesuai dengan Capaian Pembelajaran dari fase A, B, sampai C.

Materi Bahasa Inggris Kelas 1 SD

Pada semester 1, siswa SD kelas 1 akan diajarkan untuk mengenal abjad dan angka, nama-nama binatang (Animals), warna (Colors), nama-nama anggota tubuh (Part of Body), nama anggota keluarga (My Family) dan rumah (My Home).

Sementara pada semester 2, siswa SD kelas 1 akan mulai mengenal kosakata benda-benda yang ada di kamar (My Bedroom), kamar mandi (My Bathroom), dapur (My Kitchen), ruang tamu (My Living Room), serta mengenal kata salam sapaan dan ucapan perpisahan (Greetings and Partings).

Materi Bahasa Inggris Kelas 2 SD

Kelas 2 SD masih termasuk dalam fase A, yang artinya materinya melanjutkan dari kelas 1 dengan disertai penguatan dan pengembangan kemampuan literasi. Materi yang akan diajarkan selama kelas 2 semester 1 antara lain mengenal waktu (Time), makanan dan minuman (Food and Drink) dan pakaian (Clothes).

Pada semester 2, materi yang disampaikan meliputi macam-macam hobi, pekerjaan dan profesi (Job and Occupation), kendaraan (Transportation), serta tempat umum (Public Places).

Materi Bahasa Inggris Kelas 3 SD

Memasuki fase B, yakni untuk kelas 3 dan 4 SD, materi yang diberikan akan berkaitan dengan sesuatu yang sering ditemukan seperti buah-buahan (Fruits), sayuran (Vegetables), hewan (Animals), serta barang-barang yang ada di rumah. Pada semester 1 juga mulai dikenalkan tentang kata kerja (Verbs).

Tidak berbeda jauh dengan semester 1, pada semester 2 materi Bahasa Inggris yang diberikan adalah seputar tubuh manusia (Our Body), pakaian, perlengkapan berenang (Things for Swimming), dapur, serta benda-benda yang ditemukan di taman (Things at Park).

Materi Bahasa Inggris Kelas 4 SD

Masih di fase B, materi Bahasa Inggris kelas 4 akan melanjutkan dari kelas 3. Terdapat materi tentang mainan (Toys), binatang peliharaan (Pets), taman bermain (Playground), bunga (Flower), pohon (Tree) dan perhiasan (Accessories) pada semester 1.

Sedangkan materi untuk kelas 4 SD semester 2 antara lain mengenal jenis-jenis hobi, permainan (Games), sayur dan buah (Vegetable and Fruit), kegiatan belanja (Shopping), dan mengenal kalender (Calendar).

Materi Bahasa Inggris Kelas 5 SD

Ketika memasuki kelas 5 SD atau yang disebut fase C dalam Kurikulum Merdeka, materi yang diajarkan meliputi benda dan hal-hal yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. seperti menyebutkan benda-benda di dalam rumah, kelas atau sekitar sekolah, menyebutkan bagian-bagian tubuh dan anggota keluarga.

Selain itu terdapat materi memperkenalkan diri (Introducing Myself) dengan kalimat sapaan (Greetings), mengenal cuaca, menyebutkan hal-hal yang disukai dan tidak disukai, serta mengenal istilah-istilah dalam mata pelajaran matematika.

Materi Bahasa Inggris Kelas 6 SD

Pada kelas 6 SD, materi Bahasa Inggris yang diajarkan adalah memperkuat pemahaman terhadap materi-materi pada fase A dan B. Selain itu ada materi tentang mengenal arah dan lokasi (Direction and Location), Bumi dan planet lainnya (Earth and Planets), hari libur (Holiday), dan dongeng (Folktales).

Peserta didik kelas 6 SD juga mulai dikenalkan dengan cara mengungkapkan perasaan (Expressing Feelings), kalimat yang menunjukkan kepemilikan (Possessive Adjective dan Possessive Pronoun), serta kalimat perintah dan permintaan (Command and Request).

Demikian jawaban dari pertanyaan Bahasa Inggris SD mulai kelas berapa dan rangkuman materi Bahasa Inggris untuk kelas 1 sampai 6 SD. Jika kamu ingin belajar Bahasa Inggris dengan metode menyenangkan, bisa join di Fun English Course. Kamu bisa belajar langsung dari tutor native speaker yang profesional. 

contact

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?