Mengenal Bahasa Inggris untuk Pemula Sampai Mahir

17 Januari 2023 / laskarseo

Pada era modern saat ini, kamu perlu mempelajari bahasa internasional untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa internasional tersebut adalah bahasa Inggris. Apabila kamu telah mengenal bahasa Inggris dengan baik, maka tidak akan menemukan kesulitan jika berkomunikasi dengan orang asing.

Apabila kamu masih belum mahir berbahasa Inggris, jangan khawatir karena kamu bisa mempelajarinya dengan mudah dengan mengikuti tips-tips belajar bahasa Inggris melalui internet maupun melalui Fun English Course.

Mengenal Bahasa Inggris dari Dasar

Belajar bahasa Inggris cukup rumit jika belum mengenal bahasa Inggris secara mendasar. Tapi jika kamu sudah paham, maka belajar bahasa Inggris akan terasa lebih mudah. Berikut dasar-dasar yang perlu kamu pahami untuk membantu belajar bahasa Inggris:

1. Bentuk Kata (Tenses)

Mengenal bahasa Inggris dimulai dengan mengenal tenses bahasa Inggris. Tenses merupakan paling dasar untuk mempelajari bahasa Inggris. Tenses yaitu bentuk kata kerja bahasa Inggris. Kegunaannya untuk menunjukkan kondisi waktu dari peristiwa yang bisa berbentuk masa lalu, masa sekarang, maupun masa depan.

Jika kamu sudah memahami dan menguasai tenses, maka interaksi apapun yang dilakukan dalam bahasa Inggris baik menulis atau belajar, maka bisa dikatakan benar.

2. Mendengarkan (Listening)

Tahap mendengarkan atau listening ini merupakan salah satu skill berbahasa Inggris yang penerapannya dengan mendengarkan kosakata pada kalimat berbahasa Inggris.

 mengenal 
bahasa inggris

Saat kamu mendengarkan kosakata berbahasa Inggris, maka secara tidak langsung kamu akan terbiasa dengan istilah-istilah bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa lebih memahami apa yang dikatakan oleh orang lain jika berbicara bahasa Inggris.

Jika kamu masih merasa kesulitan dalam listening, berikut akan kami berikan tips untuk meningkatkan kemampuan listening:

  • Belajar Pelan-pelan dan Sedikit demi Sedikit

Lakukan latihan mendengarkan secara pelan-pelan dan sedikit demi sedikit. Tipsnya adalah dengan menyisihkan waktu selama 10-15 menit belajar listening setiap harinya. Tentukan juga level kamu, jika masih pemula pilihlah materi yang isinya tentang percakapan sehari-hari.

  • Perbanyak Konten Hiburan Berbahasa Inggris

Dengan perkembangan teknologi saat ini, internet bisa kamu manfaatkan untuk mencari konten hiburan dalam bahasa Inggris. Konten hiburan tersebut bisa berupa lagu, video, podcast, film, dan lain-lain. Kamu bisa menggunakan konten tersebut sebagai media pembelajaran listening.

  • Cari Arti Kosakata Bahasa Inggris

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan mencari arti dari kosakata berbahasa Inggris yang ditemui. Sama seperti anak kecil yang baru belajar bahasa, kamu juga perlu menggunakan konsep tersebut untuk mencari arti dari setiap kosakata berbahasa Inggris.

3. Membaca (Reading)

Tips selanjutnya adalah dengan membaca kalimat berbahasa Inggris, misalnya procedure text atau descriptive text yang bisa membuat kamu menjadi lebih peka terhadap struktur kata bahasa Inggris. 

Jika kamu masih merasa kesulitan dalam belajar membaca, berikut kami berikan tips-tips untuk meningkatkan kemampuan membaca:

  • Membaca Buku Cerita Anak

Bagi pemula, buku cerita anak bisa menjadi bekal terbaik karena buku tersebut mengandung kosakata yang sangat sederhana. Selanjutnya kamu bisa membaca artikel atau novel berbahasa Inggris. Setelah itu kamu bisa membaca jurnal ilmiah, koran, atau buku bacaan yang topiknya berat.

  • Gunakan Terjemahan Bahasa Inggris

Kamu bisa memaksimalkan kemampuan reading dengan menonton film berbahasa Inggris. Tontonlah film yang memiliki terjemahan bahasa Inggris. Jika ada kosakata yang belum dipahami, kamu bisa pause film tersebut dan cari arti dari kosakatanya pada kamus ataupun internet.

4. Menulis (Writing)

Setelah kamu mengenal bahasa Inggris tenses, listening, dan reading. Selanjutnya kamu perlu belajar teknik menulis atau writing. Dengan menulis, kamu bisa melihat sejauh mana kemahiran berbahasa Inggrismu sendiri.

Menulis bisa membantu mengerti tentang kemampuanmu berbahasa Inggris entah dari tata bahasa ataupun kosakata. Dengan begitu, kamu bisa memperbaiki kelemahan tersebut dengan terus berlatih.

Kamu bisa meningkatkan kemampuan writing dengan mengikuti beberapa tips yang akan kami jelaskan berikut ini:

  • Rajin Membaca Buku

Kemampuan writing akan semakin meningkat jika kamu rajin membaca buku. Ada beberapa hal yang bisa dipelajari dengan membaca buku, salah satunya adalah dengan grammar bahasa Inggris. Jika kamu memahami grammar, pastinya akan berguna ketika kamu menulis bahasa Inggris.

  • Mencari Arti dari Kosakata

Ketika membaca buku, nantinya kamu akan menemukan kata-kata yang kurang familiar. Kata-kata tersebut perlu kamu cari artinya untuk memperkaya perbendaharaan katamu yang nantinya akan berguna ketika memilih diksi yang tepat untuk menulis.

  • Menyederhanakan Kalimat Bahasa Inggris

Berlatih menyederhanakan kalimat dalam bahasa Inggris bisa meningkatkan kemampuan writing kamu. Tidak perlu dari buku, kamu bisa menyederhanakan kalimat-kalimat yang ada di artikel berbahasa Inggris.

  • Rutin Menulis 

Tidak hanya rutin dan rajin membaca, kamu juga perlu rutin menulis untuk memperlancar kemampuan writing. Kemampuan-kemampuan yang akan meningkat seperti grammar, pemilihan diksi, dan lain-lain. Tidak perlu dengan topik berat, kamu bisa menulis aktivitas harian di notes.

  • Mengoreksi Grammar dengan Bantuan Tools

Menguasai grammar tidak bisa dilakukan dalam satu malam, kamu perlu berlatih berhari-hari untuk dapat menguasainya. Maka dari itu, untuk menyempurnakan grammar ketika menulis, kamu bisa menggunakan tools grammar checker atau tools lain yang gratis di internet.

5. Berbicara (Speaking)

Kamu bisa memperdalam mengenal bahasa Inggris dengan mulai berlatih berbicara sebagai bentuk praktik berbahasa Inggris. Jika ingin memperlancar dan meningkatkan kemampuan speaking, ikuti tips-tips yang akan kami berikan berikut ini:

  • Berbicara dengan Diri Sendiri

Berbicara dengan diri sendiri bisa melatih kamu untuk berbicara bahasa Inggris. Kamu bisa buat skenario yang sederhana dan mulai berbicara dengan dirimu sendiri yang bisa diterapkan menggunakan cermin. 

Alternatif lainnya untuk meningkatkan kemampuan speaking adalah dengan membaca beberapa halaman dari buku. Walaupun cara ini bisa memperlambat proses membaca, tapi bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan speaking.

Kamu bisa merekam suara sendiri ketika sedang membaca. Tujuannya untuk mengetahui kesalahan-kesalahan dalam melafalkan tiap kata yang dibaca.

  • Mencari Teman untuk Belajar Speaking

Memiliki teman belajar menjadi hal yang penting dalam belajar bahasa Inggris terutama untuk melatih kemampuan speaking. Carilah teman dan ajak untuk berdiskusi atau mengobrol secara santai menggunakan bahasa Inggris.

Tapi jangan khawatir, jika kamu tidak memiliki teman untuk belajar, maka bisa menggunakan aplikasi untuk mengenal bahasa Inggris lebih dalam yang bisa dimanfaatkan dalam menemukan teman belajar.

  • Menonton Percakapan Bahasa Inggris

Tips untuk meningkatkan kemampuan speaking adalah dengan menonton film atau video berbahasa Inggris yang mengandung banyak percakapan. Ulangi setiap percakapan dan cari tahu arti kosakata yang dikeluarkan dari percakapan tersebut.

Mengenal Bahasa Inggris Juga Bisa Lewat Kursus

Dalam memperlancar kemampuan berbahasa Inggris, kamu perlu mengenal bahasa Inggris secara mendasar terlebih dahulu. Jika kamu butuh tempat belajar untuk memperlancar berbahasa Inggris, Fun English Course adalah tempat yang tepat untuk dipilih. Hubungi kami di nomor 081288883271 untuk informasi lebih lanjut.

contact

 

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?