Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris dari Awal? Cari Tahu Yuk!

29 Mei 2022 / laskarseo

Belajar bahasa Inggris membutuhkan kesabaran dan waktu yang cukup lama. Karena belajar bahasa tidak hanya sekedar kaya akan kosakata, tetapi kamu juga harus memahami struktur kalimat bahasa yang akan kamu pelajari. Jika kamu ingin mempelajari bahasa Inggris, maka kamu harus mengetahui bagaimana cara belajar bahasa Inggris dari awal hingga ke tingkatan yang lebih tinggi.

Untuk mempelajari bahasa Inggris secara urut dari tingkatan yang rendah ke tingkat yang lebih tinggi, kamu tentu membutuhkan bimbingan dari tutor bahasa Inggris. Mengikuti kursus bahasa Inggris online bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Terlebih, biaya kursus online ini juga biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan kursus yang menawarkan pembelajaran di dalam kelas.

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Awal

Sebelum mengikuti kursus bahasa Inggris, kamu perlu mengetahui cara belajar bahasa Inggris dari awal hingga ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan begitu, pembelajaran bahasa Inggrismu kedepannya bisa tertata dengan baik.

Tulis Rencana Awal Belajar

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum belajar bahasa Inggris adalah menulis rencana belajar. Hal yang perlu kamu tulis misalnya internet, biaya masuk kursus, alat tulis hingga penentuan tempat belajar bahasa Inggris yang cocok denganmu.

Intinya, kamu hanya perlu menulis hal-hal apa saja yang kamu butuhkan untuk mendukung kesuksesan belajar bahasa Inggris. Jangan lupa, cantumkan juga jadwal rutin belajar bersama tutor dan jadwal belajar mandiri.

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris dari Awal

Jika kamu sudah memulai pembelajaran bahasa Inggris bersama tutor, tetap perbarui rencana belajar ini terus menerus ya. Dengan begitu, kamu memiliki catatan peningkatan belajar pribadi sehingga kamu mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki kedepannya.

Hafalkan Kosa Kata Dasar

Langkah awal mempelajari bahasa Inggris dimulai dengan menghafal kosa kata dasar sedikit demi sedikit dan bertambah setiap harinya. Jika hari ini kamu menghafalkan 10 kosa kata dasar, besoknya kamu bisa menambah kosa kata baru misalnya menjadi 15 kata.

Usahakan untuk mempelajari kosa kata yang mudah yang biasa kamu temui di sekeliling kamu terlebih dahulu ya. Jika kamu bosan mempelajari kosa kata dasar, kamu bisa mengajak temanmu untuk belajar bahasa Inggris bersama-sama. Agar belajarmu semakin menarik, kamu bisa mengadakan kuis tebak kosa kata bahasa Inggris.

Baca Tulisan Bahasa Inggris

Setelah mempelajari kosa kata bahasa Inggris, cobalah untuk membaca kosa kata dengan pengucapan yang benar. Jika sudah, cobalah untuk mempelajari kata sifat, kata kerja maupun kata benda. Jangan lupa pelajari juga verb 1 dan verb 2.

Berbicara Menggunakan Bahasa Inggris

Jika kamu sudah bisa mengucapkan kata dengan benar, cobalah untuk mempelajari struktur bahasa Inggris misalnya dimulai dengan mempelajari tenses yang mudah terlebih dahulu. 

Saat kamu belajar tenses, cobalah untuk sedikit demi sedikit berbicara dengan bahasa Inggris. kamu bisa membuat jadwal hari berbicara bahasa Inggris sendiri di rumah. Misalnya setiap hari rabu, kamu mewajibkan dirimu sendiri untuk berbicara bahasa Inggris minimal 10 kalimat atau kata.

Kalau kamu kesulitan meminta temanmu untuk belajar bahasa Inggris bersama, kamu bisa join kursus bahasa Inggris di Fun English Course. Kamu bisa memilih paket English Club atau English Club for Children. Dengan begitu, kamu tak perlu takut tidak ada teman yang bisa diajak berbicara bahasa Inggris lagi deh.

Tertarik join kelas bahasa Inggris di Fun English Course?

Yuk temukan kelas bahasa Inggris yang cocok untukmu sekarang juga dengan berkonsultasi langsung dengan kami.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code