Apakah TOEFL iTP Lebih Susah?

8 Juni 2022 / laskarseo

Kamu pasti sudah akrab dengan TOEFL, karena hampir semua orang pasti mendaftar kursus bahasa Inggris supaya sukses mengerjakan tes ini. Jenis TOEFL sangat beragam, namun jenis TOEFL iTP memang yang paling banyak diminati di Indonesia. Lalu, apakah TOEFL iTP lebih susah dari yang lainnya?

Apakah TOEFL iTP Lebih Susah?

Sebenarnya, tidak ada TOEFL yang susah maupun mudah. Karena semuanya bergantung dari seberapa keras usahamu belajarmu. Semakin rajin kamu belajar bahasa Inggris, maka semakin besar juga skor yang akan kamu dapatkan usai mengikuti TOEFL.

Skor maksimal TOEFL iTP adalah 677 dan biasanya banyak diselenggarakan oleh guru dan lembaga kursus bahasa Inggris seperti Fun English Course. Harga kursus dan biaya tes TOEFL iTP juga terjangkau, berkisar Rp. 200ribuan hingga Rp. 300 ribuan saja.

Jika kamu bisa menyentuh skor TOEFL iTP hingga 500, biasanya kamu sudah dianggap jago berbahasa Inggris. Supaya skor TOEFL kamu bisa menyentuh angka tersebut, yuk simak dulu beberapa materi yang akan diujikan pada TOEFL iTP berikut ini.

Listening Comprehension

Sesi listening merupakan sesi pertama yang harus kamu hadapi. Biasanya sesi ini berisi sekitar 50 pertanyaan dengan waktu 40 menit. Kamu harus mendengarkan percakapan pendek dan panjang serta kutipan yang berisi academic lectures.

Apakah TOEFL iTP Lebih Susah

Jadi, kamu harus belajar mendengarkan percakapan bahasa Inggris dengan serius ya. Jangan lupa untuk berfokus dan pahami inti percakapan tersebut dengan baik sehingga kamu bisa pertanyaan dengan benar meski waktunya terbatas.

Structure and Written Expression

Sesi ini berisi 40 pertanyaan yang terdiri dari pertanyaan gap fill exercise (kalimat rumpang) dan written error recognition exercise (mengenali kesalahan dalam kalimat). Pastikan kamu teliti dalam mengerjakan soal ini ya, karena kamu hanya memiliki waktu sekitar 25 menit saja untuk menyelesaikannya.

Reading 

Sesi terakhir ini kamu akan dihadapkan pada 50 pertanyaan dengan waktu yang terbatas yakni sekitar 55 menit. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kamu harus memahami teks paragraf atau bacaan diatasnya.

Biasanya satu bacaaan mengandung jawaban dari 5 pertanyaan. Jadi, pastikan kamu memahami inti dari bacaan tersebut ya. tak hanya itu saja, kamu juga pasti akan menemukan sinonim atau antonim kata yang terdapat pada bacaan tersebut.

Supaya sukses mengerjakan sesi ini, tentu kamu harus memahami grammar dengan benar dan memperkaya kosa kata bahasa Inggris. 

Yuk, simak tips sukses kerjakan TOEFL iTP berikut ini supaya kamu bisa mendapat skor TOEFL yang memuaskan.

Tips Sukses Kerjakan TOEFL iTP 

Mendapatkan skor TOEFL yang tinggi tidak bisa kamu dapatkan jika kamu hanya belajar dengan giat saja, karena kamu memerlukan bimbingan tutor yang berpengalaman supaya belajar bahasa Inggris kamu tidak asal-asalan.

Dengan mengikuti kursus bahasa Inggris, kamu juga bisa lebih fokus mempersiapkan TOEFL dengan baik. Jika ada hal tidak kamu ketahui, maka kamu bisa dengan meminta bantuan tutor untuk menjelaskannya.

Karena di sesi reading terdapat pertanyaan sinonim dan antonim, maka kamu perlu memperkaya kosa kata bahasa Inggris. Supaya tidak terjadi kesalahan, kamu bisa mengkonsultasikannya kepada tutormu.

Jangan lupa, pastikan kursus yang kamu ikuti sudah menerapkan kurikulum Internasional seperti Fun English Course ya. Jadi, belajarmu tak sia-sia dan membuahkan hasil yang mantap!

Jika kamu join kursus bahasa Inggris di Fun English Course, kamu akan diberikan materi yang mendalam terkait pola tes TOEFL iTP. Yuk dapatkan skor TOEFL yang tinggi dan wujudkan impianmu untuk apply beasiswa luar negeri bersama kami. Jika kamu tertarik join kursus bahasa Inggris di Fun English Course, segera hubungi kami.

5/5 - (1 vote)