Apa saja TOEFL iBT? Kenali Karakteristiknya Yuk!

10 Juni 2022 / laskarseo

TOEFL iBT merupakan salah satu tes bahasa Inggris dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan dibuat oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat bernama ETS (Educational Test Service). Supaya mendapatkan skor yang bagus, kamu harus mengikuti kursus bahasa Inggris seperti Fun English Course. Sebenarnya, apa saja TOEFL iBT?

Untuk mengetahui informasi lengkap terkait TOEFL iBT, yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa saja TOEFL iBT?

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language merupakan tes bahasa Inggris yang ditujukan untuk orang asing. Tes TOEFL kini sudah diterima dan diakui lebih dari 11.000 institusi pendidikan di lebih dari 150 negara, diantaranya negara Amerika Serikat, Indonesia, Selandia Baru, Kanada, Perancis, Jerman dan masih banyak lagi.

Sebenarnya TOEFL memiliki dua jenis, yakni TOEFL iBT dan TOEFL iTP. Namun, kali ini Fun English Course akan membahas TOEFL iBT. Tenang, pembahasan mengenai TOEFL iTP juga bisa kamu lihat di website ini ya. Untuk mempersiapkan kedua jenis TOEFL ini, kamu perlu mengikuti kursus bahasa Inggris supaya bisa mendapatkan skor sesuai dengan harapan.

Apa saja TOEFL iBT

Jika kamu dalam waktu dekat ini akan mengikuti jenis tes bahasa Inggris jenis ini, maka terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai TOEFL iBT ini.

Materi TOEFL iBT

Materi jenis tes ini sangat kompleks, karena tes ini akan menguji kemampuan listening, reading, writing, speaking hingga grammar section. Untuk lebih jelasnya, akan kami jabarkan materi ini di bawah ini.

  • Listening

Sesi listening biasanya terdapat 6 hingga 9 audio dengan panjang yang beragam. Umumnya, waktu yang disediakan untuk mengerjakan sesi ini berkisar antara 60-90 menit. Jenis audio yang disediakan biasanya berisi tentang kehidupan kampus.

Sebelum melaksanakan tes, usahakan untuk mempelajari kosa kata yang berkaitan dengan kehidupan di kampus ya. setelah sesi ini selesai, biasanya peserta akan diberi waktu 10 menit untuk beristirahat dan mempersiapkan dirinya mengerjakan sesi tes selanjutnya.

  • Reading

Waktu yang diberikan untuk mengerjakan sesi ini lebih lama dibandingkan dengan sesi listening yakni berkisar 600-100 menit. Teks yang diberikan di sesi ini termasuk tes yang panjang, karena memiliki jumlah kata sekitar 700 kata. Materi bacaan yang disediakan juga tergolong kompleks, karena berkaitan dengan sastra, sejarah hingga ilmiah.

  • Writing

Sesi writing biasanya berlangsung sekitar 60 menit (1 jam). Di sesi ini, kamu akan diminta mengisi dua jenis esai. Pertama, kamu akan diminta membaca, mendengar kemudian menulis sebuah kesimpulan dari pembahasan yang ada di bacaan dan audio. Sedangkan di esai kedua, anda hanya diminta untuk memberikan gagasan dan alasan pribadi terkait topik pembahasan sebelumnya.

  • Speaking

Cepat lambatnya sesi ini bergantung dengan kemampuan bahasa Inggris kamu. Terdapat 6 tasks yang harus kamu jawab. Tasks 1 dan 2, kamu hanya diminta menjawab pertanyaan yang diberikan. Kemudian di tasks 3 dan 4, kamu akan diminta membaca dan mendengar materi seputar topik akademis. Sedangkan di tasks 5 dan 6, kamu akan diminta untuk mendengar sebuah percakapan, kemudian kamu diminta untuk menjelaskan apa yang telah didengar tadi. 

Range Skor

Skor TOEFL iBT dimulai dari angka 0-120 yang terbagi menjadi 4 sesi diatas dengan skor sempurna persesi sebesar 30 poin.

Durasi Tes

TOEFL iBT memiliki durasi yang lumayan lama yakni sekitar 4,5 jam dengan biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp. 2,5 Juta dalam sekali tesnya bahkan bisa lebih dari itu.

Karena materi yang diujikan tergolong cukup sulit, kamu harus mempersiapkan diri dengan matang untuk mengerjakan TOEFL iBT. Agar biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia, kamu harus mengikuti kursus bahasa Inggris di Fun English Course. Jika ada pertanyaan terkait paket kursus yang ada di Fun English Course, segera hubungi kami.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code