Berapa Biaya Tes TOEIC?

6 Juni 2022 / laskarseo

Tes TOEIC adalah salah satu jenis tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris secara pasif maupun praktis. Jenis tes yang satu ini biasa diselenggarakan oleh berbagai lembaga resmi yang memiliki kewenangan untuk melaksanakannya. Dan skor TOEIC mampu menunjukkan level kemampuan seseorang dalam berbahasa internasional tersebut.

Dalam hal biaya, tes TOEIC umumnya memiliki harga hampir sama dengan tes TOEFL dan IELTS. Namun ada juga yang mengatakan apabila harganya berbeda. Berapa biaya tes TOEIC? Yuk, ketahui jawabannya pada artikel berikut ini!

Berapa Biaya Tes TOEIC?

Test of English for International Communication (TOEIC) adalah jenis tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris di tingkat global. Skor pada jenis tes ini umumnya sangat bermanfaat di dunia pekerjaan. 

Pertama kali, tes TOEIC dikembangkan oleh Educational Testing Center yang berpusat di daerah New Jersey, Amerika Serikat. Gagasan dasar TOEIC dikembangkan atas urgensi pengujian kemampuan seseorang berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris yang notabene bukan bahasa pertamanya. 

Perlu kamu tahu, jenis tes ini lebih openly accepted di kancah internasional, lho. Bahkan, ada 150 negara di dunia yang secara terbuka mengakui hasil tes TOEIC. Artinya, jika kamu mendapatkan skor TOEIC tinggi, maka kesempatan kamu untuk bekerja di luar negeri lumayan tinggi. 

Berapa Biaya Tes TOEIC

Biaya yang harus dibayar ketika ingin mengikuti tes TOEIC berbeda-beda. Seseorang bisa membayar murah ataupun mahal ketika ingin mengikuti tes ini berdasarkan jenis tes TOEIC yang diambil. Harga tes TOEIC listening dan reading akan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan tes TOEIC speaking dan writing

Tes TOEIC listening dan reading akan menguji kemampuan seseorang dalam mendengarkan kosakata dan membaca naskah yang ditulis menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan tes TOEIC speaking dan writing adalah jenis tes yang digunakan untuk menguji kemampuan berbicara dan menulis seseorang menggunakan kaidah grammar yang benar. 

Tes TOEIC berlangsung antara 80-120 menit, dengan skor berkisar antara 0-900. Biaya yang harus dibayar untuk mengikuti jenis tes yang diterima di kancah internasional ini sekitar Rp 1 juta – Rp 1,5 juta. 

Tips Sukses Lolos Tes TOEIC 

Biaya yang harus kamu keluarkan jika ingin mengikuti tes TOEIC cukup tinggi per orang. Ketika kamu bersungguh-sungguh mengikuti tes ini, skornya akan tinggi. Namun apabila kamu kurang memahami materinya, skor bisa rendah dan akibatnya kamu harus mengulang tes, yang berujung pada kerugian karena biaya yang dibutuhkan lebih besar. 

Apabila kamu ingin lolos TOEIC, berikut ini berbagai tips yang bisa kami berikan : 

  • Ikut kelas persiapan tes

Ketika ingin mengikuti tes TOEIC, alangkah baiknya kamu daftar kelas khusus persiapan tes yang diselenggarakan oleh para pemilik tempat kursus bahasa Inggris. Umumnya, ada kelas khusus yang disediakan untuk memberikan pendampingan intensif pada calon peserta tes, dan harganya cukup terjangkau.

  • Rajin mempelajari modul 

Berikutnya, pastikan untuk rajin mempelajari modul yang diberikan oleh tempat kursus bahasa Inggris. Latihlah manajemen waktu agar kamu bisa mengerjakan tes berbahasa Inggris tanpa kehabisan waktu nantinya. Selain itu, selalu pelajari bank soal yang diberikan oleh lembaga kursus agar kamu bisa mengerjakan tes dengan lancar. 

Biaya mengikuti tes TOEIC sebenarnya tidak terlalu mahal. Hanya saja, kamu harus benar-benar giat untuk belajar agar bisa mempraktekkan ilmu yang telah dipelajari di tempat kursus bahasa Inggris dengan tujuan mendapatkan skor TOEIC tinggi. 

Semoga bermanfaat!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code