Apa Saja Syarat Kuliah di Luar Negeri yang Perlu Disiapkan?

6 Januari 2023 / laskarseo

Pendidikan menjadi salah satu hal terpenting yang harus kamu kejar bahkan hingga ke luar negeri. Melanjutkan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi di luar negeri tentu memerlukan effort yang cukup besar karena harus mempersiapkan beberapa syarat kuliah di luar negeri.

Sebelum kuliah di luar negeri, kamu harus melengkapi dokumen dan syarat-syaratnya. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui apa saja syarat dan dokumen yang perlu disiapkan untuk mendaftar kuliah.

Apa Saja Syarat Kuliah di Luar Negeri?

Sebelum kuliah ke luar negeri, kamu perlu mempersiapkan dan melengkapi syarat-syaratnya. Berikut beberapa syarat jika ingin berkuliah di luar negeri:

1. Paspor 

Paspor merupakan surat keterangan yang dikeluarkan pemerintah bagi warga negara yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor bentuknya seperti buku saku yang memuat informasi mengenai identitas pemiliknya.

2. Visa

Selain paspor, kamu juga memerlukan visa yang merupakan izin atau persetujuan jika akan memasuki negara lain untuk tinggal sementara di negara tersebut. Visa membutuhkan cap dan paraf yang dibubuhkan oleh pejabat perwakilan dari negara yang bersangkutan pada paspor pemohon.

 Syarat Kuliah di Luar Negeri

Jadi, jika kamu ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, maka untuk izin tinggal di negara tersebut, kamu membutuhkan dokumen yang bernama visa.

Tetapi, ada juga negara yang membebaskan visa bagi orang Indonesia yang akan mengunjungi negara tersebut.

3. Ijazah

Dokumen selanjutnya yang perlu dipersiapkan sebagai syarat kuliah di luar negeri adalah ijazah atau transkrip nilai. Dokumen ini perlu kamu lampirkan dalam dokumen pendaftaran. Apabila kamu ingin melanjutkan kuliah S1, maka ijazah yang perlu dilampirkan adalah ijazah SMA, begitu seterusnya.

4. Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi ini biasanya bisa didapatkan dari fakultas ataupun universitas di tempat pendidikan kamu sebelumnya. Surat rekomendasi cukup penting karena bisa menambah kesempatan untuk diterima di universitas luar negeri tujuan.

Surat rekomendasi berisi informasi mengenai kemampuan dan keterampilan kamu selama kuliah di universitas sebelumnya.

5. Formulir Pendaftaran

Jika kamu akan mendaftar kuliah di luar negeri, maka kamu perlu mengisi formulir pendaftaran. Proses pengisian formulir pendaftaran adalah langkah yang penting karena akan mengantarkan kamu semakin dekat ke tujuan kuliah yang ada di luar negeri.

Maka dari itu, pastikan kamu mengisi data dan informasi dengan benar dan lengkap sebelum dikirim.

6. Surat Motivasi

Syarat kuliah di luar negeri selanjutnya adalah dengan menyiapkan surat motivasi atau motivation letter. Tulis surat motivasi tersebut yang berisi alasan kamu mengambil program studi pilihan dengan menarik dan kreatif. Tentunya kamu perlu menyiapkan motivation letter dalam bahasa inggris.

7. Sertifikat Mahir Berbahasa Asing

Sertifikat ini tentunya akan didapatkan dari lembaga tempat kamu melakukan tes atau tempat les berbahasa asing seperti di Fun English. Tapi, sebelum kamu mengambil tes kemahiran berbahasa asing, pastikan kamu mengetahui bahasa pengantar dan bahasa wajib yang harus dikuasai pada program studi yang didaftar.

Misalnya kamu akan mengambil program studi Informatika di Belanda dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, maka kamu perlu menyiapkan surat mahir berbahasa Inggris baik TOEFL ataupun IELTS. Adapun skor dan syarat dari tes kemahiran bahasa inggris memiliki batas dasarnya sebagai berikut:

  • Standar Skor TOEFL IBT

Perlu diketahui, TOEFL sendiri memiliki beberapa jenis yaitu PBT dan IBT. Tapi, biasanya jenis TOEFL yang digunakan untuk mendaftar kuliah di luar negeri adalah TOEFL IBT. Skor minimal dari TOEFL IBT untuk kuliah di luar negeri adalah sekitar 80 hingga 100 poin.

  • Standar Skor IELTS

Tidak hanya sertifikat dari TOEFL yang bisa dijadikan sebagai syarat kuliah di luar negeri. Kamu juga bisa menggunakan sertifikat IELTS sebagai syarat masuk kuliah. Tapi nilai standar dari TOEFL IBT dan IELTS berbeda, untuk skor minimal IELTS adalah 6.0 untuk bisa mendaftar kuliah di luar negeri.

8. Percaya Diri dalam Wawancara

Setelah kamu melengkapi dokumen pendaftaran dan mengurus izin untuk pergi dan tinggal sementara di luar negeri. Tahapan pendaftaran yang bisa jadi akan kamu lalui adalah tahapan wawancara. Beberapa sekolah seperti Universitas Oxford dan program elit tertentu akan melakukan wawancara kepada kandidat.

Wawancara biasanya dimulai dengan alasan mengapa kamu ingin belajar di kampus dan program studi ini, kemudian akan menanyakan latar belakang dan rencana kamu untuk masa depan. Maka dari itu, kamu bisa berlatih untuk mempersiapkan diri sehingga lebih percaya diri dalam tahap wawancara.

Rekomendasi Kampus yang Memiliki Syarat Kuliah di Luar Negeri Mudah

Mendaftar kuliah di luar negeri sudah terkenal memiliki persyaratan yang sangat banyak. Maka dari itu, kamu harus jeli dalam mencari informasi agar bisa menemukan kampus yang memiliki persyaratan masuknya mudah.

Dilansir dari lembaga kursus Study Overseas Kobi Education, terdapat 7 kampus yang ada di luar negeri dengan pendaftaran mudah. Bahkan kampus-kampus tersebut tidak mensyaratkan tahapan wawancara. Berikut 7 kampus rekomendasinya:

1. Wageningen University and Research

Wageningen University and Research berada di Belanda. Jika kamu ingin mendaftar program S2 di kampus ini syaratnya cukup mudah karena bisa dilakukan secara online dan tanpa adanya tahap wawancara serta tanpa surat rekomendasi.

2. University College London

University College London berada di United Kingdom (UK). Syarat untuk mendaftar program S2 di kampus ini cukup mudah karena bisa dilakukan secara online. Selain itu, pihak kampus tidak memberi syarat wawancara dan pendaftarannya dibuka hampir sepanjang tahun mulai Oktober hingga Maret.

3. University of Groningen

Universitas ini berada di Belanda dan pendaftaran untuk program S2 di kampus ini juga dilakukan secara online. Sama seperti universitas sebelumnya, universitas ini juga tidak memiliki persyaratan wawancara dan tanpa surat rekomendasi.

4. Macquarie University

Jika kamu ingin mendaftar program S2 di universitas yang berada di Australia ini, persyaratannya mudah karena pendaftarannya bisa dilakukan secara online dan tanpa wawancara serta tanpa surat rekomendasi.

5. Massey University

Massey University ini letaknya berada di New Zaeland yang termasuk ke dalam salah satu negara favorit untuk melanjutkan pendidikan. Jika kamu ingin mendaftar program S2 di kampus ini, kamu bisa melakukan pendaftaran secara online dan tentunya tidak menggunakan wawancara dan surat rekomendasi.

6. Ghent University

Pendaftaran kuliah program S2 di Ghent University yang berada di Belgia ini caranya sangat mudah dan kamu pasti bisa melaluinya karena tidak menggunakan tahapan wawancara dan juga surat rekomendasi.

7. University of Copenhagen

Kampus ini letaknya ada di Denmark dengan pendaftaran yang mudah untuk kuliah S2. Kamu tidak akan melewati tahap wawancara dan tidak membutuhkan surat rekomendasi dari kampus sebelumnya serta pendaftarannya bisa dilakukan secara online.

Itulah beberapa syarat kuliah di luar negeri yang perlu dipersiapkan. Jika butuh tempat belajar bahasa Inggris untuk mencapai impian kamu kuliah di luar negeri, Fun English adalah tempat yang tepat untuk kamu pilih. Segera hubungi kami di nomor +6281288883271 untuk informasi lebih lanjut.

Book Now

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?