Contoh Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari yang Mudah Diterapkan

2 November 2022 / laskarseo

Kunci lancar berbahasa Inggris adalah latihan. Kamu bisa memulainya dari percakapan bahasa Inggris sehari-hari. Semakin sering digunakan, kamu pasti akan terbiasa berbicara dengan bahasa Inggris.

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari

Ada banyak percakapan yang bisa kamu jadikan sebagai latihan. Bahasa percakapan bisa seputar apapun. Misalnya perkenalan diri saat bertemu orang baru, menanyakan kabar, atau saat berada di sekolah.

  • Percakapan Sehari-hari untuk Bertemu Orang Baru

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita akan bertemu orang baru. Entah itu di jalan, di sekolah, atau bahkan saat mengikuti kegiatan tertentu. Tidak ada salahnya kalau kita ingin berkenalan dengan orang baru.

Nah memulai obrolan dengan kenalan baru bisa kamu lakukan dengan sederhana. Misalnya seperti contoh percakapan berikut ini.

Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari

Shinta: Hello, my name is Shinta. It’s nice to meet you (Halo, namaku Shinta. Senang berkenalan denganmu)

Denis: Hi Shinta, I’m Denis. What a pleasure to meet you too (Hai Shinta, aku Denis. Senang juga berkenalan denganmu)

Sederhana banget kan untuk bisa berkenalan dengan orang baru? Selain kenalan, kamu juga bisa bertanya asal kota loh! Contoh percakapannya seperti ini.

Denis: Where are you from? (Darimana kamu berasal?)

Shinta: I’m from Jakarta. What about you, Denis? (Aku berasal dari Jakarta. Bagaimana denganmu, Denis?)

Denis: Ohh Jakarta. I’m from Semarang (Oh dari Jakarta. Aku dari Semarang)

Alright, akhirnya kamu bisa berkenalan dan menanyakan asal kota. Sebagai tambahan, sebaiknya kamu menutup percakapan agar memberi kesan baik pada pertemuan pertama. Contoh dialognya seperti berikut.

Shinta: Anyway, thank you for the warm conversation. I hope we can meet in the new occasion. See you! (Ngomong-ngomong, terima kasih atas obrolannya yang hangat. Aku berharap kita bisa bertemu di event selanjutnya. Sampai jumpa!)

  • Dialog Bahasa Inggris Bertanya Kabar

Percakapan bahasa Inggris yang menanyakan kabar mungkin sudah sering kamu dengar. Apalagi jenis dialog ini sering diajarkan di bangku sekolah. Guru bahasa Inggris sering sekali memulai kelas dengan bertanya kabar kepada para murid.

Anggun: Hi Dina. How are you? (Hai Dina. Bagaimana kabarmu?)

Dina: I’m fine. How about you, Anggun? (Kabarku baik, bagaimana denganmu?)

Anggun: I’m fine too, thank you. (Aku juga baik, terima kasih)

Dialog yang menanyakan kabar biasanya menggunakan kalimat-kalimat seperti:

  • how are your?
  • how about you?
  • how are you doing?
  • what’s up?
  • what’s new?
  • Percakapan Bahasa Inggris di Sekolah

Saat berada di sekolah ada banyak kosakata yang bisa dieksplorasi. Tenang saja, bahasa yang digunakan mudah, yaitu bahasa percakapan bahasa Inggris sehari-hari. Berikut ini beberapa contoh dialog di sekolah

Ms. Sus: Good afternoon fellas! How are you this afternoon? (Selamat siang, bagaimana kabar kalian siang hari ini?)

Students: Good afternoon, miss. I’m fine, thank you. How are you too? (Selamat siang bu, kabar kami baik, bagaimana denganmu?)

Ms. Sus: Nice to hear it. I’m fine too, thank you. (Senang mendengarnya. Kabarku juga baik, terima kasih)

Ms. Sus:  Now, open your book, then copy today’s date and title off the board. (Sekarang, bukalah buku kalian, lalu salin tanggal dan judul materi hari ini yang ada di papan tulis.)

Students: Okay, miss. (Baik, bu)

Itu dia percakapan bahasa Inggris sehari-hari yang bisa kamu pelajari. Agar lebih mudah, kamu bisa menghafal beberapa kosakata dasar yang sering muncul dalam dialog tersebut. Semisal nantinya butuh kursus bahasa Inggris profesional, segeralah menghubungi Fun English Course. Kami menghadirkan beragam pilihan kursus yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code