Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Kunci Sukses di Dunia Pendidikan?

29 Mei 2024 / Team Fun English Course

Pentingnya bahasa Inggris dalam pendidikan bukan lagi sebuah opsi—hal ini telah menjelma menjadi kebutuhan. Keberadaan bahasa yang dapat dimengerti semua orang di dunia ini memainkan peran krusial dalam berbagai sektor, terutama pendidikan dan industri. 

Mari kita cari tahu bersama-sama kenapa menjadikan English sebagai bahasa kedua menjadi keharusan di dunia pendidikan.

Popularitas Penggunaan Bahasa Inggris dalam Pendidikan dan Industri

Bahasa kedua

Bahasa Inggris telah menjelma menjadi alat komunikasi yang menghubungkan banyak keahlian dan pengetahuan. Berikut adalah data statistik bagaimana bahasa yang satu ini diterapkan di berbagai sektor.

Selama pandemi COVID-19, sektor aplikasi pendidikan tumbuh secara signifikan, dengan Chegg dan Duolingo menjadi beberapa platform yang paling banyak diunduh. Duolingo saja mencatat lebih dari 100 juta unduhan dalam setahun, menunjukkan tingginya permintaan untuk pembelajaran bahasa Inggris

Dalam konteks korporat, bahasa Inggris tetap menjadi kunci utama dalam pelatihan karyawan. Menurut statistik terbaru, pasar e-learning korporat global diperkirakan akan bernilai $50 miliar pada tahun 2026 dengan tingkat pertumbuhan tahunan sekitar 15%.

Hal ini menegaskan pentingnya pelatihan berbasis bahasa Inggris dalam pengembangan profesional dan efisiensi biaya

Bahkan, hampir 90% perusahaan menggunakan e-learning untuk melatih karyawan mereka—pada tahun 1995 angkanya hanya 4 persen. Lebih jauh, e-learning mengurangi waktu untuk belajar hingga 40%-60% daripada metode tradisional.

Kurikulum Bahasa Inggris di Institusi Pendidikan

Kurikulum bahasa Inggris

Pengajaran bahasa Inggris dalam pendidikan formal terus berkembang. Selain mengadaptasi metode baru, banyak institusi juga menggunakan teknologi untuk menyediakan pengalaman belajar yang relevan dan efektif.

Integrasi Bahasa Global

Banyak institusi pendidikan, baik sekolah maupun universitas, bahasa Inggris menjadi komponen utama dalam kurikulum. Tentu saja hal ini menandakan bahwa institusi sendiri menyadari bahwa menguasai bahasa internasional membuka peluang global bagi siswa. 

Kurikulumnya sendiri tidak hanya fokus pada belajar grammar melulu dan pengayaan vocabularies, tapi juga melibatkan penggunaan English dalam sains, sastra, dan matematika.

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Selain mengasah kemampuan berbahasa, kurikulum dalam sekolah yang menggunakan pengajaran bahasa Inggris juga mendorong berpikir kritis para siswanya. 

Melalui diskusi dan analisis teks serta project-based activities, siswa mengeksplorasi berbagai skill dalam bahasa Inggris—ini adalah keterampilan pending di dunia akademis dan profesional.

Menyelaraskan dengan Standar Global

Kebijakan pendidikan di berbagai negara sering mendukung pengajaran bahasa Inggris dengan tujuan meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di arena internasional. 

Maka dari itu, beberapa kebijakan mencakup program bahasa Inggris intensif. Beberapa juga menjalin kemitraan dengan institusi pendidikan dari negara-negara berbahasa Inggris. Melalui program pertukaran pelajar, siswa bisa berkolaborasi akademik.

Fokus pada Keberlanjutan dan Akses

Selain itu, kebijakan pendidikan modern juga mempertimbangkan keberlanjutan dan akses yang lebih luas terhadap sumber belajar bahasa Inggris. Dengan begitu, semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk belajar.

Hambatan dalam Belajar Bahasa Inggris dan Solusinya

Proses pembelajaran yang tepat dan efektif tentu telah melewati banyak hambatan. Berikut adalah masalah dan strategi yang bisa Anda terapkan.

1. Lingkungan Belajar Terbatas

Bahasa internasional 

Lingkungan yang tidak mendukung praktik bicara seringkali membuat berlatih tidak efektif bahkan kurang konsisten. Untuk mengatasinya, ciptakan lingkungan kondusif di rumah atau virtual. Gabung dalam komunitas online juga menjadi solusi untuk hambatan ini.

2. Kurangnya Kepastian dalam Menggunakan Grammar

pengajaran bahasa Inggris

Anda mungkin sering merasa kurang yakin dengan kebenaran kosakata dan grammar. Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan aplikasi, seperti Duolingo dan Babbel, untuk memperkuat pemahaman grammar.

3. Malu Bicara

Praktik speaking sering kali terhambat ketika Anda malu atau takut bicara. Tapi Anda bisa mulai di situasi yang tidak terlalu menegangkan, seperti di depan cermin. Tingkatkan juga kemampuan berbahasa Inggris melalui kelas conversation.

4. Motivasi Turun

Pentingnya bahasa Inggris dalam pendidikan

Ketika progress terasa lambat, motivasi juga ikut drop. Atasi masalah ini dengan menekankan tujuan jangka pendek. Selain itu, jangan ragu untuk merayakan setiap pencapaian.

5. Paparan Bahasa Asli yang Minimal

Pentingnya bahasa Inggris dalam pendidikan

Mendengarkan penutur asli adalah salah satu cara cepat mahir bahasa asing. Apabila kekurangan exposure, mendengarkan podcast dan nonton televisi berbahasa Inggris bisa menjadi solusi. Atau, sering-seringlah mendengarkan lagu bahasa Inggris.

Untuk mengatasi segala hambatan di atas, daftar sekarang ke Fun English Club adalah keputusan tepat. Kami menawarkan berbagai kelas mulai dari tingkat anak-anak, sekolah menengah, hingga persiapan tes dan kelas percakapan

Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda dan menikmati pentingnya bahasa Inggris dalam pendidikan.

Rate this post
Chat kami
Yuk, segera daftar!