5 Strategi Mengenal Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris

1 Februari 2022 / Team Fun English Course

Setelah anak menjadi lebih aware dengan lingkungan sekitar, kamu bisa mulai mengajarkan mereka untuk mengenali nama-nama bulan dalam bahasa Inggris. 

Tujuannya adalah supaya anak-anak mendapatkan pemahaman baik mengenai waktu dan cara kerjanya. 

Namun, belajar nama-nama bulan dalam bahasa inggris akan menjadi tantangan juga bagi mereka. Apalagi, english sendiri bukan bahasa ibu. Jadi, mengajarkan bahasa kedua ini mungkin membutuhkan banyak kesabaran. 

Kendati demikian, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk untuk membuat anak-anak bisa mengingat nama-nama bulan dengan lebih mudah. 

Lewat metode Fun English Course for Children, kamu dapat mendidik anak-anak hingga berhasil mengenali nama bulan-bulan dalam bahasa Inggris. 

1. Menggunakan Kalender

Kalender Bahasa Inggris

Mengajarkan nama bulan dengan menggunakan kalender akan memberikan dua keuntungan. Selain dapat melatih anak untuk mengingat namanya, kamu juga dapat mengajarkan fungsi kalender kepada mereka. 

Kamu juga bisa menerapkan fun activity dengan cara-cara berikut: 

  • Membalikkan halaman kalender sambil menunjukkan nama-nama bulan yang berbeda. 
  • Selanjutnya, kamu juga bisa menambahkan obrolan fun mengenai apa saja yang terjadi dalam setiap bulan. Tentu saja, sambil menuding dan membacakan nama bulannya dalam bahasa inggris, ya. 
  • Tunjukkan tanggal-tanggal penting atau hari liburan yang biasanya jadi favorit anak-anak. Lebih daripada itu, kamu bisa juga menunjukkan tanggal ulang tahun mereka. 

Fun activity ini bisa kamu lakukan dengan mudah. Biayanya pun sangat minim karena kamu sudah dapat menjalankan aktivitas ini dengan bermodal kalender bekas atau hasil print sendiri. 

2. Bicarakan soal Musim 

Anak-anak kelas bawah mungkin baru saja belajar soal musim. Entah dari lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah, mereka biasanya mulai sadar bahwa ada hari-hari di mana cuaca terasa terik namun ada juga kalanya hujan turun. 

Saat mengajarkan nama-nama bulan dalam bahasa Inggris dan cara bacanya, kamu juga bisa menceritakan tentang dua musim yang ada di Indonesia. Katakan kepada mereka pada bulan apa saja kita bisa menikmati bau hujan. Sebaliknya, jelaskan juga kapan Indonesia masuk ke fase kemarau.

Musim di Indonesia

Supaya lebih fun, kamu bisa meminta mereka untuk membuka album foto atau galeri di gawai pintar mereka. Selanjutnya mintalah mereka untuk mengidentifikasi, foto-foto mereka sendiri. 

Tanyakan kepada mereka perihal kapan foto itu diambil, pada musim hujan atau kemarau? Jangan lupa untuk menunjukkan catatan waktu pengambilan gambar untuk memicu anak-anak mempelajari nama bulan. 

3. Tingkatkan Frekuensi Pembahasan Nama Bulan

Nama bulan bahasa Inggris

Dengan sering menyinggung tanggal dan bulan, anak-anak dapat cepat mengingatnya. Jadi, saat kamu membuka materi bahasa Inggris tentang nama-nama bulan, pastikan kamu juga menyebutkan tanggal dan bulan – bukan hanya nama harinya saja. 

Cobalah untuk mengingat bahwa kamu juga wajib menyebutkan nama  bulan setiap kali me-review materi dengan mereka. Lebih daripada itu, jangan lupa menyisipkan tanggal-tanggal spesial pada bulan yang kamu sebutkan. Hal ini akan memudahkan mereka dalam mengingat. 

4. Lagu Memudahkan Anak-anak Mengingat Nama Bulan 

Mempelajari konsep waktu dan penanggalan itu sama pentingnya dengan menghafalkan nama-nama bulan dalam bahasa inggris. Jadi, kamu bisa menerapkan strategi menghafal dengan mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama. 

Terlebih lagi, lagu memang sarana menyenangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terutama pada anak-anak. Pasalnya, mereka tidak akan merasa sedang belajar saat menyanyikan sebuah lagu. 

Berikut ini adalah sebuah lagu bahasa Inggris bulan Januari sampai Desember yang dapat kalian nyanyikan!  

Lagu ini dinyanyikan dengan menggunakan melodi “Oh My Darling, Clementine”.

Lagu Nama-nama Bulan Bahasa Inggris

5. Mengenal Nama Bulan Lewat Games ala Fun English Course 

Melalui program English for Children, Fun English Course menawarkan cara yang lebih atraktif untuk belajar bersama anak-anak kelas 1 hingga kelas 6 SD. 

Oleh karena itu, kami juga mengajak anak-anak untuk bermain demi membangun pondasi yang baik untuk akuisisi bahasa Inggris. 

Tentu saja, kamu bisa menerapkan pola-pola belajar yang menyenangkan ini pada anak didik. Lebih daripada itu, kamu pun bisa bekerja dengan kami untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengalaman belajar yang menarik. 

Akhir Kata 

Aktivitas seperti bernyanyi dan membuka kalender bersama dapat membantu anak-anak mengingat nama-nama bulan dalam bahasa Inggris dengan baik. Jadi, terapkanlah 5 metode di atas untuk membuat pembelajaran kamu menjadi semakin menyenangkan!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code