Mengapa Inggris Sering Disebut United Kingdom

24 Agustus 2022 / laskarseo

Jika kamu mendengar negara Inggris pasti akan terlintas bahwa negara tersebut adalah yang dipimpin oleh kerajaan Inggris. Banyak orang yang mengira bahwa Inggris dan UK adalah sama. Namun, keduanya ternyata memiliki perbedaan.  

Melalui artikel ini, kami akan membahas fakta mengenai Inggris dan United Kingdom. Agar tak banyak yang salah mengartikan mengenai Inggris dan UK.

Mengapa Inggris Sering Disebut United Kingdom?

 UK merupakan kepanjangan dari United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. UK menjadi nama resmi dari Kerajaan Inggris yang terdiri dari 4 negara, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

Selain itu, UK juga disebut sebagai “Kerajaan Bersatu Britania Raya” atau Britania Raya”. Pemerintah Inggris sendiri juga menyebutnya dalam Bahasa Indonesia dengan “Inggris”. 

Ini sesuai dengan nama kantor Kedutaan Besar atau kantor Kerajaan Inggris di Jakarta yang hanya menggunakan istilah “Inggris” untuk menyebut United Kingdom.

Mungkin akan lebih sederhana jika menyebutnya dengan Inggris saja. Namun, secara umum akan merepotkan karena tidak sesuai dengan terjemahan aslinya. Sebab, orang-orang Indonesia akan menyebut Inggris dan UK adalah sama.

Inggris Sering Disebut United Kingdom

Tak hanya orang awam saja, pemerintah Indonesia pun juga melakukan hal yang sama. Hal ini karena informasi pada Kedutaan Besar Inggris di Jakarta menggunakan istilah Kedutaan Besar Inggris, yang seharusnya adalah Kedutaan Besar Kerajaan Bersatu Britania Raya.

Di Indonesia, UK memiliki kantor perwakilan resmi. Lantas bagaimana dengan Inggris? Tentu saja tidak perlu karena pemerintah Indonesia mengakui Inggris sebagai bagian dari UK. Begitu pula dengan Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Negara yang Tergabung Dalam United Kingdom

United Kingdom merupakan wilayah yang terletak di barat laut Benua Eropa. UK terdiri dari beberapa negara dan berhasil diinvasi oleh Kerajaan Inggris.

Berikut inilah negara yang tergabung dengan UK:

  • Inggris

Inggris adalah negara konstitusi yang menjadi bagian dari UK. Inggris menjadi pusat Kerajaan Britania Raya karena negara ini dikenal dengan banyak keunikannya.

Di bagian utara Inggris terdapat negara Skotlandia dan di bagian barat berbatasan langsung dengan negara Wales, serta di barat laut ada Laut Irlandia.

  • Skotlandia

Skotlandia juga termasuk negara konstitusi yang tergabung dalam Kerajaan Britania Raya. Negara ini memiliki ibukota di bagian Kota Edinburgh.

Di bagian selatan, Skotlandia berbatasan dengan Inggris. Wilayah negara ini mencakup sepertiga dari Pulau Britania bagian utara.

  • Wales

Berikutnya ada negara Wales yang menjadi bagian negara konstitusi UK. Memiliki wilayah ibukota di Cardiff, Wales dikenal dengan istilah “Principality of Wales”.

Namun, istilah tersebut justru menuai banyak pertentangan. Hal ini karena Pangeran Wales sendiri tidak memiliki keputusan dalam pemerintahan Wales.

  • Irlandia Utara

Negara konstitusi yang menjadi bagian dari Britania terakhir adalah Irlandia Utara. Negara ini berbatasan dengan Republik Irlandia di bagian barat dan selatan.

Negara yang terletak di bagian timur laut Irlandia ini memiliki ibukota yang berada di Kota Belfast.

Nah, itulah berbagai negara yang tergabung dalam United Kingdom atau Britania Raya. Kini kamu sudah tak bingung lagi kan saat menyebut UK dan Inggris ataupun negara bagian yang tergabung dalam UK ini.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code