Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Pelajar Masa Kini

2 Maret 2022 / Team Fun English Course

Dari ratusan manfaat belajar bahasa Inggris, ada tiga golongan yang akan sangat merasakan manfaatnya dengan maksimal: anak-anak, pelajar, dan mahasiswa. Apa saja manfaatnya dan apa kegunaan bahasa Inggris bagi masa depan mereka? Lihat di artikel ini, yuk!

Manfaat Belajar Bahasa Inggris bagi Mahasiswa

Manfaat Belajar Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa

Mahasiswa/i dengan kemampuan berbahasa Inggris akan jauh lebih cepat perkembangannya daripada mahasiswa/i yang hanya mengandalkan bahasa Indonesia.

Dalam bidang akademik, mereka pasti lebih bagus IPK-nya karena bisa mengakses paper berbahasa Inggris dan melakukan riset tugas dengan baik.

Dalam bidang pergaulan, mereka akan lebih cepat berbaur karena tidak ada “tembok” untuk bergaul dengan siapa pun, karena bahasa tidak lagi jadi halangan.

Dan terakhir, bidang asmara juga pasti terbantu. Siapa yang enggak “meleleh” kalau dikirim kalimat” you are the breeze in desert for me, my water, and ocean, mean to be only together.”

Manfaat Belajar Bahasa Inggris bagi Pelajar

Manfaat Belajar Bahasa Inggris bagi Pelajar

Apa manfaat belajar bahasa inggris bagi siswa di tengah-tengah kesibukan sekolah?

Saat masih sibuk menjalani pendidikan SMP-SMA, kamu akan menghabiskan banyak waktu di sekolah. Bahkan, mungkin kamu juga berpikir kalau belajar bahasa Inggris tidak ada manfaatnya selain mendapatkan nilai mata pelajaran bahasa Inggris yang bagus.

Salah besar. Masa sekolah ada fase yang tepat kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris karena manfaatnya sangat banyak, lo.

  • Pertama, nilai bahasa Inggris menjadi satu acuan supaya bisa masuk ke universitas impian yang kamu idam-idamkan. Kalau nilai bahasa Inggris kamu jelek? Well, good luck.
  • Kedua. Akses hiburan yang lebih baik. Saat kamu masih umur belasan, rasa ingin main atau sekadar nonton film dan video YouTube masih sangat menggebu-gebu. Masalahnya, hiburan video atau film berbahasa Indonesia masih “kurang” jika dibandingkan dengan yang berbahasa Inggris.
    Salah satu contohnya, ada banyak sekali film dokumenter berbahasa Inggris yang bukan cuma menghibur tapi juga memberikan edukasi. Walaupun setiap film ada subtitle-nya, tetap saja… you’ve missed something.
  • Ketiga. Banyak beasiswa sekolah di luar negeri menanti kamu. Setiap tahunnya ada saja beasiswa antara pemerintah Indonesia dan luar negeri (Jepang, Singapura, Korea Selatan, dsb) untuk lulusan SMA.

Dan kalau kamu sudah mulai belajar bahasa Inggris, beasiswa-beasiswa ini menunggu kamu untuk daftar, lo!

Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak-anak

Manfaat Belajar Bahasa Inggris bagi Anak

Bahasa Inggris adalah bahasa global. Bahasa internet dan komputer. Bahasa penerbangan, bahasa sains, bahasa diplomasi, bahasa pariwisata, and so on… And so on… 

Mengajarkan anak sedari dini berbahasa Inggris akan sangat membantunya di masa depan. Di banyak bidang, anak-anak yang berbahasa Inggris akan lebih mudah berkomunikasi, lebih kreatif, lebih open minded, dan bisa jadi lebih “dipandang”.

Bahkan, tidak harus menunggu sampai anak jadi dewasa, belajar bahasa Inggris akan langsung Ia rasakan manfaatnya, seperti:

  • Akses film-film Disney yang menghibur sekaligus mendidik, seperti: Zootopia, Alice in Wonderland, Who Framed Roger Rabbit
  • Lebih pandai mengekspresikan diri dan berkomunikasi karena anak-anak masih belum mengenal konsep “malu” saat belajar bahasa baru
  • Menemukan bakatnya lebih dini karena bisa mengakses informasi dan belajar banyak hal baru dari internet/buku/material lain berbahasa Inggris

Dan bukan hanya itu. Anak juga lebih cepat belajar bahasa Inggris karena mereka menyerap pengetahuan baru seperti spons. Plus, Ia akan belajar tanpa terpengaruh aksen bicara native-speaker.

Kapan Waktu Tepat untuk Belajar Bahasa Inggris?

Waktu yang Tepat Belajar Bahasa Inggris

Ada dua waktu yang tepat untuk belajar bahasa Inggris. Yang pertama kemarin. Yang kedua hari ini alias sekarang!

Di masa depan kamu tidak akan menggunakan chip Artificial Intelligence (AI) di kuping yang membantu kamu untuk menerjemahkan bahasa yang kamu dengar ke bahasa Indonesia.

Jadi, tidak ada kata terlambat untuk belajar bahasa Inggris. Mending belajar dari sekarang daripada ketinggalan banyak informasi baru.

Funenglishcourse.com punya program untuk anak (basic/elementary) dan remaja (intermediate) yang fokusnya adalah mengenalkan bahasa Inggris dengan cara yang fun tapi tetap meaningful.

Materi dan metode di dalamnya akan membuat kamu mencapai level mastery berbahasa Inggris hanya dengan hitungan bulan—tidak sampai tahunan!

Gabung kelas ENGLISH FOR CHILDREN atau ENGLISH FOR TEENS, yuk!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code