Ketahui Apa Beda AM dan PM di Sini!

2 Maret 2022 / Team Fun English Course

Setiap orang pasti menggunakan istilah AM/PM berkali-kali dalam sehari terutama ketika mengacu pada waktu. Namun, apakah kamu tahu apa yang sebenarnya beda AM dan PM serta bagaimana istilah ini muncul?

AM serta PM adalah satuan waktu standar dan dikaitkan dengan 12 jam dalam sehari. 

Kita semua tahu bahwa ada 24 jam dalam sehari padahal jam analog hanya menunjukkan 12 jam sehari. Pada dasarnya, 24 jam terbagi menjadi dua zona waktu (sebelum siang dan sore) yang masing-masing berlangsung selama 12 jam.

Jadi, AM artinya sebelum tengah hari sedangkan PM artinya setelah tengah hari. Simak artikel dari Fun English Course ini agar kamu dapat memahami perbedaannya dengan baik. 

Pengertian AM

Pengertian AM

AM yang merupakan singkatan dari bahasa Latin Ante Meridiem berguna untuk menunjukkan waktu sebelum tengah hari. Kamu bisa menggunakannya mulai dari 00:00 hingga 12:00.

AM mengacu pada bagian pertama hari dari tengah malam hingga sebelum tengah hari. 

Jam 12 menunjukkan awal dari hari baru yaitu dini hari ketika di luar gelap. Baru setelah matahari terbit sekitar jam 6 pagi kamu akan mendapatkan cahaya dari luar. Pada waktu ini, kamu akan melakukan semua tugas pagi, sarapan, dan lainnya sampai tengah hari. 

Jadi, pada periode ini kamu menggunakan AM untuk menyatakan waktu.

Pengertian PM

Pengertian PM

PM adalah singkatan dari bahasa latin Post Meridiem. Penanda waktu ini dapat kamu gunakan  mulai dari 12:00:01 hingga 23:59:59.

Jadi, PM malam atau siang? PM mengacu pada bagian kedua dari satu hari yaitu dari tengah hari hingga sebelum tengah malam. 

PM dimulai pada siang hari di mana kamu menggunakan waktu untuk makan siang dan melanjutkan aktivitas lain hingga malam hari. Ini juga termasuk waktu-waktu setelah matahari terbenam saat kamu makan malam dan tidur.

Oleh karena itu, 12:00 siang akan dipahami sebagai 00:00 (siang hari), waktu mulai sore hari. Sedangkan pukul 12:00 atau 24:00 diartikan sebagai pukul 00:00, tanggal dimulainya hari baru.

2 Format untuk Menyebutkan Waktu

2 Format untuk Menyebutkan Waktu

Ada dua format waktu yang perlu kamu pahami. Apa saja itu?

Format 12 Jam

Jam 12 jam adalah konvensi waktu di mana 24 jam dalam sehari terbagi menjadi dua periode: 

  • AM (dari bahasa Latin ante meridiem, yang berarti “sebelum tengah hari”)
  • PM (post meridiem, “setelah tengah hari”) 

Setiap periode terdiri dari 12 jam bernomor: 12 (bertindak sebagai nol), 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, dan 11. 

Siklus 24 jam/hari bermula pada pukul 12 tengah malam (12 AM), berjalan sampai 12 siang (12 PM), dan berlanjut hingga tengah malam di penghujung hari.

Format 24 Jam

Format 24 jam dapat kamu sebut juga sebagai waktu militer karena menyatakan waktu sesuai dengan jumlah jam yang telah berlalu sejak tengah malam. 

Mulai dari tengah malam atau dini hari, jam yang berjalan akan memiliki nomor dari 0 hingga 24. Format seperti ini kemudian menghilangkan kebutuhan untuk penunjukan waktu seperti AM juga PM. 

Contohnya, pukul 14:00 berarti 14 jam telah berlalu sejak awal hari ini.

Negara yang Berbeda Menggunakan Format yang Berbeda

Beberapa negara menggunakan format 12 jam, terutama negara-negara yang merupakan bagian dari bekas Kerajaan Inggris dan merupakan wilayah berbahasa Inggris. 

Misalnya Inggris Raya, Republik Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru , India, Pakistan, Bangladesh, Malaysia, Malta dan juga diikuti di Mesir, Meksiko, dan Nepal.

Sedangkan, negara-negara lain menggunakan format 24 jam sebagai sistem standar yang digunakan dalam penulisan seperti negara-negara di Eropa, Amerika Latin, dan negara-negara yang tidak berbahasa Inggris termasuk Indonesia.

Biasanya, ketika harus menggunakan format 12 jam, kamu akan bingung apakah jam 12 siang AM atau PM. Jawabannya mudah: jam 12 siang dapat kamu tulis 12.00 pm karena pm bermula dari siang hingga malam hari. 

Akhir Kata 

Penggunaan AM serta PM umum kamu temukan saat berbahasa Inggris. Oleh karena itu, kamu wajib memahami beda AM dan PM dengan baik. Semoga artikel dari Fun English Course dapat membantu memperjelas cara menggunakan format 12 jam, ya!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code