Langkah Awal untuk Belajar Bahasa Inggris

12 September 2022 / laskarseo

Belajar Bahasa Inggris memang bukan sesuatu yang mudah terutama bagi pemula. Banyak sekali yang harus dipelajari seperti grammar, kosa kata, vocabulary dan sebagainya. Maka dari itu, sangat penting memulai langkah awal untuk belajar Bahasa Inggris yang tepat.

Orang-orang yang mahir dalam Bahasa Inggris cenderung memiliki kemampuan konsentrasi yang baik. Tak heran, jika belajar Bahasa Inggris disarankan sejak usia dini karena otak anak dalam kondisi yang baik untuk menerima informasi dan belajar hal-hal baru.

Lantas bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang efektif dan cepat serta mudah untuk dipraktekan?

Langkah Awal untuk Belajar Bahasa Inggris

  • Pakai alat bantu visual

Langka pertama untuk belajar Bahasa Inggris adalah dengan memakai alat bantu visual seperti gambar, video, diagram dan lainnya. Beberapa alat visual tersebut dapat dihubungkan melalui kata-kata sehingga kamu akan belajar kosa kata baru.

Seperti misalnya, kamu bisa memperoleh gambar dari majalah dan memotongnya lalu menempelkan pada buku atau dinding. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah belajar Bahasa Inggris.

  • Mendengarkan music berbahasa Inggris

Selain menggunakan alat bantu visual, kamu juga bisa belajar Bahasa Inggris dengan mendengarkan music berbahasa Inggris. Setelah itu, kamu bisa menuliskan liriknya tanpa melihat teks, kemudian mencocokannya dengan browsing di internet.

belajar bahasa inggris

Jika ada kosa kata baru yang belum kamu mengerti, kamu bisa mempelajarinya dengan mencari artinya di internet. Beberapa lagu dalam Bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan diantaranya Wake me up dari Avicci, Thinking out Loud dari Ed Sheeran, Hello Adele, dan masih banyak lagi.

  • Membaca literatur dalam Bahasa Inggris

Saat ini banyak sekali akses untuk membaca literatur dalam Bahasa Inggris. Mulai dari buku, media sosial, website, email dan lainnya. Dengan membaca, kamu bisa menambah kosakata lebih banyak.

Tak hanya itu, membaca juga dapat membantu memahami kata-kata dalam Bahasa Inggris serta meningkatkan kelancaran saat berbicara dan mengetahui pengucapannya yang benar.

  • Menonton film dalam Bahasa Inggris

Jika kamu ingin cepat mahir dalam Bahasa Inggris, kamu bisa mencoba untuk menonton film Bahasa Inggris. Perlahan kamu bisa menontonnya tanpa menggunakan subtitle Bahasa Indonesia. Lama-lama pasti kamu akan terbiasa dan mendapatkan pengetahuan baru.

Dengan menonton film, kamu juga akan belajar cara pengucapan atau aksen berbicara seperti native speaker. Tentunya akan terlihat lebih keren, kan.

  • Mencatat kosa kata baru

Sebagai langkah awal belajar Bahasa Inggris, kamu bisa mencatat setiap kosa kata baru atau yang masih belum kamu pahami. Kamu bisa mencatatnya di note kecil atau di smartphone. 

Namun, jangan hanya mencatat saja tapi kamu juga harus mempelajarinya dengan baik sehingga akan mempercepat proses belajar Bahasa Inggris.

  • Daftar kursus Bahasa Inggris

Jika kamu kesulitan untuk belajar Bahasa Inggris sendiri, kamu bisa mendaftar kursus Bahasa Inggris di tempat yang terpercaya. Tempat kursus tersebut menyediakan berbagai program pembelajaran dengan metode yang menarik.

Kamu bisa memilih kelas kursus online yang bisa dilakukan dimana saja seperti di rumah atau coffeshop. Kamu juga bisa memilih jadwal yang fleksibel dan menyesuaikan dengan aktivitasmu.

Itulah berbagai cara untuk belajar Bahasa Inggris bagi pemula. Pastikan untuk belajar Bahasa Inggris dengan jadwal rutin agar hasilnya lebih optimal.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code