Apakah Grammar Itu Penting?

9 September 2022 / laskarseo

Dalam berbahasa Inggris, kita sering mendengar tuntutan bahwa seseorang harus berbahasa yang baik dan benar sesuai dengan grammar. Lalu, apakah grammar itu benar-benar penting ketika kita berbicarakan menggunakan bahasa Inggris? 

Apakah Grammar Itu Penting? 

Bahasa Indonesia yang kita gunakan sehari-hari saja ada susunan polanya, yaitu Subjek-Predikat-Objek-Keterangan (SPOK). Dalam bahasa Inggris pun ada aturan berbahasa yang harus diterapkan ketika berkomunikasi. Dan aturan tersebut dinamakan dengan “grammar”. 

Ya, grammar adalah hal yang penting ketika berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Sebab, dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris yang tersusun rapi berdasarkan grammar, kalimat yang kita ucapkan akan lebih mudah dimengerti. Terutama oleh orang-orang yang memiliki bahasa ibu berupa bahasa Inggris. 

Grammar bukanlah hal yang bisa disepelekan when it comes to English. Sebab, grammar sama pentingnya dengan menguasai kosakata dan juga frasa dalam bahasa Inggris. Tanpa praktik grammar yang baik, seseorang tidak akan dianggap mahir dalam berbahasa Inggris. 

Grammar Itu Penting

Berikut ini fungsi grammar dalam bahasa Inggris : 

  • Penggunaan dalam bahasa formal 

Salah satu fungsi dari grammar yaitu digunakan dalam bahasa formal. Dengan penggunaan grammar yang baik dan benar, maka seseorang mampu berkomunikasi dengan baik bahkan dalam acara formal sekalipun. Sehingga seseorang bisa berbicara dengan gaya elegan ketika memanfaatkan grammar dengan baik dan benar. 

  • Memperlancar proses komunikasi 

Fungsi lain dari grammar yaitu memperlancar proses komunikasi antara pihak-pihak yang berkepentingan. Grammar membuat percakapan berlangsung dengan lancar tanpa adanya salah paham antara pihak yang melakukan komunikasi tersebut.

  • Kalimat mudah dimengerti 

Pemanfaatan grammar yang baik dan benar akan menyebabkan kalimat yang dilontarkan oleh seseorang mudah dimengerti dan dinalar oleh lawan bicaranya. Terutama jika orang yang berbicara tidak berasal dari negara yang memiliki bahasa ibu berupa bahasa Inggris. 

Itulah beberapa fungsi dari grammar yang perlu Anda ketahui. Pastinya, grammar sangat penting untuk dipraktekkan siapapun yang ingin fasih berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. 

Belajar Grammar Mulai Sekarang 

Grammar memiliki peranan yang sangat penting dalam bahasa Inggris. Bahkan, jika kamu ingin mendapatkan nilai yang bagus ketika ikut tes profisiensi bahasa Inggris, sangat direkomendasikan untuk belajar grammar sejak dini. 

Bagaimana cara mempelajari grammar mulai sekarang? 

  • Ikut kursus bahasa Inggris

Salah satu cara mempelajari grammar yaitu dengan cara ikut kursus bahasa Inggris. Ketika seseorang ikut kursus bahasa Inggris, kemampuan praktikalnya dalam berbahasa Inggris akan meningkat. Dan hal ini akan membuat pemahamannya terkait grammar meningkat pula. 

  • Catat semua ilmu yang didapatkan 

Cara lain untuk mempelajari grammar yaitu dengan cara mencatat semua ilmu yang didapatkan di tempat kursus. Dengan mencatat semua hal yang telah dipelajari, secara tidak langsung kamu sedang melatih otak untuk menghafal grammar tersebut.

  • Berlatih soal grammar sesering mungkin 

Berikutnya, cara mempelajari grammar yaitu berlatih soal grammar sesering mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan orang lain, bisa juga dilakukan secara mandiri. Sehingga ketika kamu mengikuti tes profisiensi bahasa Inggris, sudah tidak bingung lagi terkait grammarnya. 

Fun English Course adalah salah satu tempat kursus bahasa Inggris terbaik yang sangat bagus digunakan untuk belajar grammar. Biaya kursus yang kami tawarkan tidak terlalu mahal. Yuk, daftarkan dirimu untuk ikut kursus bahasa Inggris sekarang juga di tempat kami!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code