Kenapa Anak Kecil Lebih Cepat Belajar Bahasa Asing?

28 Januari 2023 / laskarseo

Artikel berikut akan membahas secara singkat kenapa anak kecil lebih cepat belajar bahasa asing. Belajar bahasa asing merupakan salah satu kegiatan yang bisa dikenalkan kepada anak sejak usia dini.

Apalagi di zaman digital sekarang, banyak keluarga muda yang mendidik anak-anaknya berbahasa asing. Banyak orangtua yang meyakini bahwa mengajarkan bahasa baru pada anak lebih menguntungkan daripada belajar ketika sudah dewasa. Inilah kenapa anak kecil lebih cepat belajar bahasa asing.

Hal ini karena anak kecil diyakini lebih cepat dalam menyerap bahasa baru tanpa upaya keras. Meski demikian, penyerapan Bahasa baru pada anak-anak tidak berlangsung begitu saja. Karena diperlukan pembiasaan dan pengulangan agar anak terbiasa dengan Bahasa asing yang diajarkan.

Beberapa Alasan Kenapa Anak Kecil Lebih Cepat Belajar Bahasa Asing

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Boston, Amerika Serikat, momen terbaik bagi anak untuk belajar Bahasa asing adalah sebelum usia 10 tahun. Hal ini karena jika telah dewasa, kemampuan dalam belajar berbahasa akan melemah seiring bertambah dewasa. 

Bahkan disebutkan oleh Joshua Hartshorne, asisten profesor psikologi di Boston bahwa kemampuan menyerap Bahasa asing lebih optimal ketika anak masih balita. Sedangkan menurut pengajar Bahasa Perancis dan Inggris, Elizabeth Allen menyatakan bahwa sebaiknya orang tua mendorong anak untuk belajar Bahasa asing sebelum usia 11 tahun. 

kenapa anak kecil lebih cepat belajar bahasa asing

Jika beberapa penelitian telah membuktikan bahwa masa belajar Bahasa asing yang paling efektif adalah ketika anak masih kecil. Maka, kenapa anak kecil lebih cepat belajar Bahasa asing? Tentu karena fungsi otak anak masih aktif di usia tertentu, serta ingatannya yang masih tajam dibanding orang dewasa. Berikut adalah beberapa alasan anak kecil lebih cepat belajar bahasa asing. 

  • Lebih Cepat Bisa

Belajar Bahasa asing sejak dini akan lebih mudah dibanding saat mereka sudah berumur. Jika kamu bermaksud mengajarkan Bahasa asing pada anak sedini mungkin, maka mulailah sejak usia 2 atau 3 tahun. 

  • Lebih Cepat Melafal

Menurut direktur The Language Workshop for Children, seorang anak yang belajar Bahasa asing akan semakin mudah dalam memahami bunyi-bunyi yang unik. Kemampuan memahami pelafalan lebih tajam saat anak berusia 3 tahun.

  • Lebih Cepat Mahir

Adapun penelitian lain dalam jurnal Cognitive Psychology disebutkan bahwa anak-anak yang belajar Bahasa asing sejak dini memiliki penuturan yang lebih baik. Mereka lebih mungkin cepat memahami penuturan Bahasa asing dan lebih cepat fasih dibanding orang dewasa.

  • Fungsi Eksekutif Otak Lebih Baik

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Ellen Bialystok, orang-orang dengan kemampuan bilingual lebih mampu bertransisi di antara dua tugas. Anak kecil akan memiliki kemampuan ini sejak dini jika belajar Bahasa asing.

Nah itulah beberapa alasan kenapa anak kecil lebih cepat belajar Bahasa asing. Jika kamu ingin anak-anakmu dapat mahir berbahasa asing sejak dini, maka tak ada salahnya untuk melatihnya sejak dini. 

Kamu bisa mengajarkan Bahasa asing melalui interaksi sehari-hari. Kamu bisa mengawalinya dari rumah dengan mengajaknya mengobrol atau membacakan buku berbahasa asing. Ajarkanlah satu kata dasar setiap waktu secara berulang-ulang, sehingga anak akan familiar.

Selain itu, kamu juga bisa membuatkan jadwal belajar Bahasa asing sesuai dengan kemauan anak. Apabila dirasa kesulitan mengajarkan anak Bahasa asing, kamu bisa mendaftarkannya ke lembaga kursus. Salah satu tempat kursus Bahasa asing yang bisa kamu coba adalah Fun English Course.

Jika sudah mengetahui alasan anak kecil lebih cepat belajar Bahasa asing, maka kamu bisa mulai mengajarkannya sejak dini. Sehingga ketika anak sudah berusia dewasa sudah lebih mahir dibanding teman-teman seusianya.

contact

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?