Mudahnya Belajar Kata Jamak Bahasa Inggris

2 Desember 2022 / laskarseo

Kata jamak atau yang sering disebut juga dengan plural adalah salah satu cara untuk menghitung dan membedakan jumlah benda dalam bahasa Inggris selain kata tunggal (singular). Nah bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa Inggris sangat penting nih memiliki pengetahuan yang baik terkait kata jamak ini. Tenang saja, kata jamak bahasa Inggris cukup mudah untuk dipahami kok.

Lalu sebenarnya apa itu kata jamak dalam bahasa Inggris? Apakah terdapat aturan khusus untuk menulisnya dengan benar? Tenang saja, untuk menjawab semua rasa penasaranmu, kami telah menyiapkan informasi menarik khusus kamu di bawah ini. 

Mengenal Kata Jamak Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Kata jamak bahasa Inggris digunakan untuk menunjukkan jumlah benda lebih dari satu atau banyak. Mudahnya untuk membedakan kata jamak dengan singular, kebanyakan dari kata benda (noun) kamu hanya perlu dengan menambahkan sufiks di akhir katanya loh. Cukup mudah bukan? 

Nah agar semakin menambah pemahamanmu tentang kata jamak dalam bahasa Inggris ini, kami akan memberikan beberapa contohnya. 

  • Books → bentuk kata jamak dari kata book
  • Churches → bentuk kata jamak dari kata crush
  • There are ants on cake→ kalimat tersebut mengandung kata jamak ants

Aturan Penulisan Kata Jamak 

Untuk membedakan kata jamak dengan singular dalam bahasa Inggris, umumnya kamu bisa memperhatikan tambahan huruf –s atau –es di akhir kata benda. Namun, terdapat beberapa jenis noun dalam bahasa Inggris yang tidak ditambahkan akhiran huruf –s atau –es loh. Bahkan ada pula noun yang tidak berubah sama sekali. Jadi jika noun dalam bentuk plural tidak semua bisa kamu tambahkan huruf –s atau –es.  

Kata Jamak Bahasa Inggris

Oleh karena itu, terdapat beberapa aturan dalam penulisan kata jamak yang perlu kamu ketahui agar tidak salah dalam penulisannya. Apa saja aturannya? Yuk simak bersama-sama.

  • Noun Berakhiran Huruf -S, -X, -Z, -Sh, dan -Ch

Jika kamu menemukan kata jamak bahasa Inggris yang berakhiran huruf -s, -x, -z, -sh, dan ch, perlu menambahkan huruf –es di akhir kata noun. Contoh: 

  1. Bus → buses
  2. Match → matches
  3. Dish → dishes
  4. Box → boxes
  5. Quiz → quizzes
  • Noun Berakhiran Huruf -F/-Fe

Nah sedangkan jika kamu menemukan noun yang berakhiran huruf -f atau -fe, kamu perlu merubah huruf tersebut menjadi -ve + -s. Contohnya leaf  → leaves, knifeknives

  • Noun Berakhiran Huruf Konsonan + Huruf -Y

Contoh noun berakhiran huruf konsonan dan diikuti akhiran huruf -y dalam bentuk jamak yaitu citycities. Namun terkait aturan penulisan kata jamak ini, tidak semua huruf –y diberi imbuhan –es saja, tetapi juga bisa ditambahkan –s. 

  • Noun Berakhiran Vowel + Huruf -Y

Kata vowel atau vocal jika diikuti dengan huruf –y di akhir noun, maka kamu perlu menambahkan imbuhan kata –s. Seperti contoh daydays, boyboys. Cukup mudah bukan? 

  • Noun Berakhiran Huruf Konsonan + Huruf -O

Sama halnya dengan aturan penulisan noun berakhiran huruf konsonan + huruf –y yang diberi imbuhan -es, pada aturan ini kamu juga perlu menambahkan huruf –es di akhir kata. Seperti pada contoh potato → potatoes, tomato → tomatoes. 

  • Noun Berakhiran Vowel + Huruf -O

Aturan penulisan ini, hampir sama seperti pada aturan noun berakhiran vowel + huruf –y loh. Noun sama-sama diberi imbuhan akhiran huruf –s. Contohnya radio radios, video videos. 

  • Irregular Noun

Irregular noun adalah kata benda jamak yang bentuknya tidak beraturan. Maka di noun tidak perlu ditambahi akhiran apapun, baik -s, -es, dan akhiran lainnya. Lalu apa saja irregular noun dalam bentuk jamak? 

  1. manmen
  2. mousemice
  3. womanwomen
  4. childchildren
  5. personpeople
  • Noun yang Tidak Berubah

Terdapat beberapa kata benda dengan akhiran huruf apapun tidak akan berubah bentuk katanya. Jadi noun ini tidak bisa menjadi kata jamak sehingga selalu dalam bentuk singular. Contohnya love, sugar, money, slang, braver, dan livestock

  • Noun yang Selalu dalam Bentuk Plural

Tahukah kamu kalau ternyata terdapat kata benda yang selalu dalam bentuk kata jamak. Dalam artian noun tidak memiliki bentuk tunggal. Kata benda itu adalah shoes, mathematic, jeans, trousers, pants

Belajar kata jamak Bahasa Inggris cukup mudah bukan? Nah kamu bisa mempelajarinya semakin dalam lagi bersama kami Fun English Course. Kami adalah pilihan terbaik tempat kursus bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuanmu dalam berbahasa Inggris. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi website kami dan dapatkan program kelas belajar bahasa Inggris terbaik dari kami secepatnya. 

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?